01 September 2009

Terang Bulan di Kerajaan Mimpi

Dalam sebuah kerajaan mimpi yang berlokasi di negeri antah berantah, termaktublah sebuah nyanyian indah bagi kerajaan. Sangat indah lagu itu dan diberi nama "lagu kerajaan martabak manis". Dayu mendayu, alu mengalu, alun mengalun, alir mengalir di dalam semilir kehidupan rakyat yang heterogen dan selalu menghirup oksigen. Kerajaan mimpi yang berambisi menghomogenitaskan ladang hidup orang lain, harus berhadapan dengan impian-impian tak terbeli. Impian yang akan selalu melawan arus air yang sudah ada kodratnya. Bahkan bendunganpun tak kan mampu menahan keinginan memulangkan hasil panen ladang yang telah hampir terhomogenitaskan.

Ladang-ladang yang penuh daya imajinatif, kreatif dan sangat inspiratif sebagai hal yang menjadi lambang kehidupan tak terbantahkan. Digerogoti, di kapling-kapling bagai tanah kosong, walaupun sudah bertuan. Ketidak-kreatifan kerajaan mimpi "martabak manis" berpadu dengan usaha mencari keuntungan yang sebesar-besarnya. Bagaikan anak kuliah semester 1 yang masih belajar ilmu ekonomi. Tak jelas arah bisnis. Tak jelas arah usaha. Tak jelas arah hidup. Yang masih mencari jati diri. Yang masih mencari budaya.

Kerajaan mimpi "martabak manis" tetapi sangat bisa menghasilkan sesuatu yang sangat dibenci orang. Letupan, ledakan, dapat dibuat dengan mudahnya, bagai hanya berbekal besi kecil bertaburan tanpa arah. Dipacu bubuk amonium nitrat. Melatat...tat...tat... Kemudian hanya bisa berlari melatat ke gubuk kampung. Membodohi dengan kezhaliman dan dengan kebodohan sendiri.

Insyaf lah...

Maka bernyanyilah aku...
Lirik Terang Bulan

Terang Bulan
Terang bulan di kali


Kemudian berpantun

"Terang Bulan" indahnya di langit
tetapi sekarang membuat hati menyeringit
agar meraka membuat yang lebih kreatif
jangan hanya sekedar mengambil dan tidak inspiratif

Kerajaan Mimpi hanya bisa bermimpi
untuk bisa memakai budaya sendiri
apa daya, kekuatan tidak mumpuni
dan akhirnya dicaci maki

Jangan berbuat jika tidak kuat
jangan meleceh jika tak mau dioceh
jangan berbuat bagai setan bejat
jangan mengece karena nilaimu hanya sekeping receh



martabak terang bulan = martabak manis

ada yang mau beli martabak manis pake duit recehan???

jiahahahahahaha.....................




46 komentar:

  1. Hah... aku salut dengan pengarangan kata-kata, gimana bisa konten diupdate tiap hari tapi isinya dalam-dalam, bagi2 tips dong..

    BalasHapus
  2. terang bulan terang dikali,
    atta bernyanyi, kupingku nyeri.
    he he he...

    BalasHapus
  3. Terang bulan adalah martabak manis...uenak tenan lho... makanya ada yang pengen juga hehehehe...

    BalasHapus
  4. Aku suka martabak manis...
    peren yah Bang buat makanan penutup sahur nanti.

    BalasHapus
  5. Bagus banget nih gaya sindirannya, halus tapi dalam...

    BalasHapus
  6. SIp masss...
    cocok kata - katanya...

    BalasHapus
  7. Nilainya itu cuma sekeping receh.... (betoll banggettt)

    Kami ini bernilai berlembar - lembar dollar $$$$$
    (Selamatkan budaya dan tanah kita)

    BalasHapus
  8. Hyy..berkunjng lagi ne.. Makin mearik aj postnya,, martabak memng euunaakk.. :)

    BalasHapus
  9. Jadi kepingin kue terang bulan nich, ada yang mau maketin ke tempatku ga ya? Dikirim buat parsel lebaran ;))

    BalasHapus
  10. martabak manisnya manah bang, mo sahur neh....hehehee

    BalasHapus
  11. bisa ajja nii abang satu ini.. hueheheh...
    bang.. saur bang..?!??!

    BalasHapus
  12. semoga sindiran mencapai sasaran...
    amin

    BalasHapus
  13. iya... ga kreatif banget lagu kebangsaan niru terang bulan, kalo masalah lagu itu masih simpang siur terang bulan asli indonesia atau bukan, yang terpenting, sejengkal pun tanah NKRI tidak akan kubiarkan mereka mengusiknya... Jayalah Indonesia...

    BalasHapus
  14. doh, saya kasihan banget tuh, bang atta. hmmm .,... negeri mimpi. apa mereka ndak pernah belajar berkreeasi, yak? dah santap sahur belum, bang?

    BalasHapus
  15. puasa gini postingan martabak..........

    wkwkkwkwk.......... parah...

    BalasHapus
  16. terang bulan....oh...trang bulan...makasih kau telah menerangiku di waktu malah hehehe.....bagus banget ey artikelnya, emmm....kata2nya kelas tinggi hihihii...kelas bawahnya tu kayak apa ya :D pokoknya bagus deh

    Iklan Gratis

    BalasHapus
  17. terang bulan itu yang isinya coklat kan ya? emmm enak banget tu...coklatnya banyak hhehehe

    BalasHapus
  18. seandainya itu bukan mimpi....

    BalasHapus
  19. Imajinatif sekali adanya kerajaan mimpi. Sip dah...

    BalasHapus
  20. semakin hari semakin sehat nich postingannya sobat,semoga Alloh swt senantiasa berikan sobat dan keluarga kemudahan,rejeki juga kesehatan.selamat tunaikan ibadah puasa nich...

    BalasHapus
  21. Wadoh..ngomongin martabak jadi lapar nih ?

    BalasHapus
  22. karena saking manisnya itulah... negeri mimpi jadi ngiler...sampe dibikin nyanyian...

    hehehehehe.....

    kenapa gak mencipta nyanyian lain saja ya...

    BalasHapus
  23. silahkan kalo mau co-pas postingan conversation nya. semoga terjemahannya bakal lebih menakjupkan.

    jangan lupa mencantumkan keterangan: nama student yang briliant itu ya...

    selamat mentranslate.

    BalasHapus
  24. Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

    BalasHapus
  25. panaaassss panaaaas banget yaa

    BalasHapus
  26. mau bang belinya pake duit receh, tp masalahnya dikasi ga ya.... hiii

    BalasHapus
  27. kalo martabak mesir apa perumpamaanny om?

    BalasHapus
  28. Martabak manis memang mantap bang...cuma blm ada uang mau beli..nunggu paypal penuh dulu he..he..

    BalasHapus
  29. Wah, kok kebetulan nih, Ta..
    aku lg makan terang bulan itu...rasanya keju...mantab rasanya...hehehehe

    BalasHapus
  30. Petani,manusia yg berjasa menghadirkan hasil bumi kepada kita... selayaknya kita junjung manusia yg mengembalikan kita kepada alam.saat cangkul bertubi-tubi menghantam bumi,biarkan doa ini mengalun untuk kemuliaan para petani...

    BalasHapus
  31. Pantas, seperti nya pernah dengar yang namanya 'terang bulan'
    Ternyata betul, itu kan nama Martabak....
    Akh.. jadi kangen maakaan martabak terang bulan, sudah 3 tahun semenjak pindah ke MEdan, tidak menjumpai orang yang menjual martabak 'asli' terang bulan --a

    BalasHapus
  32. permisi permisi.. numpang lewat iia bang..

    BalasHapus
  33. Malam bang....selamat berpuasa tuk besok ya....

    BalasHapus
  34. Terus terang saya suka sekali artikel ini kayaknya ni artikel ori banget....saya suka...keren bung kl boleh saya post di blog saya wah thanks baget tp kl boleh lho...nggak juga nggak apa2.....mampir blogku selalu ya sob...kl bisa kasih komentar diartikelku...he...he..buat naikin rangking...thanks

    BalasHapus
  35. wewew..... kremes,,kremes....... wakakakak....

    BalasHapus
  36. waduh.....
    kl terang bulan ya berarti ga pake lampu dumzzz
    wkkkk
    demam negeri jiran. mang kyaknya negeri satu itu ga punya penerangan x yah. mpe2 lagunya aja pake terang-terangan
    gwe salut bang ma bahasa posting
    kayaknya kudu belajar/privat nih ma bang attay

    BalasHapus
  37. terang bulan di pinggir jalan...
    dibeli dengan sekeping ringgit...
    biar kita maki sialan....
    MALINGSIA tetap KEPARAT.....

    Jalan jalan ke kota Surabaya...
    Jangan lupa makan lontong Balap.....
    Semua orang tau kita berbudaya.....
    Ngga seperti tetangga yang beli di pasar GELAP.....

    Nasi Rawon enak Rasanya....
    Malingsia bilang kaya BUDAYA...
    Orang orang hanya TERtawa....
    Ibu pertiwi pun Berduka.......

    BalasHapus
  38. Salam persahabatan dari Blogger Borneo...

    BalasHapus
  39. enaq gan ngehujat tetangga...jancuk buAanged de..

    BalasHapus
  40. martabak manis nya masih ada gak yah... ada uang receh neh

    BalasHapus
  41. @bangsa :
    monggo mas

    @dwina
    silahkan beli mba

    BalasHapus

Copyright © 2013 attayaya: Terang Bulan di Kerajaan Mimpi | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah