14 September 2009

Mafia, Mafia Wars dan MARA

Mafia Wars alias mf alias mw buatan Zynga yang ada di facebook.com tuh merupakan permainan tentang mafia di dunia online. Mafia merujuk kepada "La Cosa Nostra" dalam bahasa Latin yang berarti "hal kami" atau "ini hal gue, lo mau apa?". Kalimat yang cukup menantang. Mafia merupakan panggilan kolektif untuk beberapa organisasi/kumpulan rahasia Sisilia di Amerika. Mafia juga nama konfederasi di abad pertengahan di Sisilia Italia yang bertujuan untuk perlindungan dan penegakan hukum sendiri alias main hakim sendiri tanpa memandang hukum sebenarnya. Anggota mafia disebut "mafioso" atau "pria terhormat", terhormat dalam hal memimpin anggotanya melakukan kejahatan untuk kepentingan organisasi. Nilai persaudaraan mereka sangat tinggi, sampai bisa menyumbangkan nyawanya sendiri demi sesama anggota. Pada akhir abad 19 dan awal abad 20, mafia Sisilia mulai berimigrasi ke Amerika. Istilah mafia kemudian berkembang bukan hanya kelompok-kelompok kejahatan orang Sisilia, tetapi juga sudah berkembang penggunaannya menjadi Mafia Rusia, Mafia Jepang alias Yakuza.

Amerika sebagai magnet ekonomi dunia mengakibatkan imigrasi dari berbagai penjuru dunia. Selain Mafia Sisilia, Mafia Rusia, Yakuza, Geng China, juga masuk kelompok-kelompok dari Amerika Selatan. Imigrasi dari Amerika Selatan memang sudah terjadi dari dahulu kala, mulai jaman koboi, ataupun jaman Billy The Kid. Orang-orang Amerika Selatan juga membuat kelompok-kelompok kejahatan sendiri atau geng kriminal (criminal gang). Salah satu yang terkenal adalah kelompok "Mara Salvatrucha alias MARA alias MS 13". Kelompok ini lebih dikenal sebagai kelompok MS 13 yang bermula di kota Los Angeles. Anggotanya berasal dari imigran Salvadors, Honduras, Guatemala, dan Nicaragua. Awalnya MS 13 dibentuk oleh orang/kelompok Salvador di daerah Pico-Union yang makin terus berkembang hingga sekarang mencapai anggota 100.000 orang.

Mara diketahui berasal dari bahasa Caliche yang berarti kelompok/geng/gang. Mara juga disebut berasal dari nama jalan "La Mara" di Salvador. Disebutkan juga berarti "Marabunta" sejenis semut api pembunuh. Sedangkan Salvatrucha disebut berasal dari kelompok gerilyawan ketika Perang Berdarah El Salvador "El Salvador's bloody civil war". Salvatrucha juga disebut berasal dari singkatan Salvadoran dan Trucha dari bahasa Caliche yang berarti "alert" atau "peringatan bahaya" khususnya peringatan untuk bersiap-siap dan melarikan diri dari kejaran polisi.

Ini daftar kejahatan yang dilakukan MS 13 (Criminal activities) :
Racketeering, drug trafficking, bank robbery, Bodyguarding services, robbery, extortion, arms trafficking, Mass murder, murder, attempted murder, rape, torture, Mercenary services, terrorism, kidnapping, contract killing, fencing, home invasions, human trafficking, Identity theft, illegal immigration, lynching, manslaughter, money laundering, people smuggling, Prostitution, auto theft, carjacking, ambushing, assault, aggravated assault, assault on law enforcement officials, vandalism, witness intimidation, Witness tampering, etc.

Terus apa hubungannya dengan MARA dengan Mafia Wars di Facebook.com???


Gatau lah.
Suer..



Copyright © 2013 attayaya: Mafia, Mafia Wars dan MARA | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah