Cara membuat blog 1

Repost tanggal 29 Mei 2008
Jadi yaaaa bahasanya jadul amat
jika salah mohon dibetulkan


Blog merupakan singkatan dari "web log" adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat/upload dan disebut sebagai posting) pada sebuah halaman web umum yang dapat diakses oleh siapa saja.

Ngeblog (istilah bahasa Indonesia untuk blogging) dilakukan hampir setiap waktu untuk mengetahui eksistensi dari pemilik blog. Juga untuk mengetahui sejauh mana blog dirawat (mengganti template) atau menambah artikel. Sekarang ada lebih 10 juta blog yang bisa ditemukan di Internet dan masih berkembang terus. (sumber Wikipedia).

Menurutku Ngeblog merupakan pengejawantahan (cieeee… gaya) keinginan orang untuk menuangkan isi hatinya dalam bentuk tulisan (yang biasa disebut citizen journalism. Isi hatinya (pikiran) bisa tuangkan dalam bentuk tulisan bermacam-macam topik misalnya tentang mengasuh bayi, uneg-uneg ati, cerpen/cerbung/cerjang, politik, peristiwa sehari-hari, pekerjaan, mencari kerja, olemik hidup dan lain2. Oya jangan lupa bahwa blog juga bisa untuk berjualan produk sendiri maupun perusahaan.

Nah.. bagaimana sih ngebuat blog??? Banyak cara, banyak jalan, banyak tempatnya. Salah satu yang paling te o pe (top) adalah membuat blog di Blogspot.com atau Blogger.com (yang dua-duanya dah diambil oleh google.com) sebagai blog hosting.

Langkah-langkahnya :
  • Pastikan anda sudah mempunyai 1 account email apa saja. Saya menyarankan sih account imel, sebaiknya dari Gmail.com karena akan banyak penawaran fasilitas lain yang bakal diperlukan. Biar enaknya, account imel mirip atau sama dengan nama blog yang akan dibuat (kalo bisa sehhhh, kalo ga bisa ya ga apa-apa).
  • Sudah??? Buka browser anda anda masuklah ke www.blogspot.com (anda juga boleh ke www.blogger.com hasilnya sama aja.
  • Liat dibagian kanan, baca kemudian klik CIPTAKAN BLOG ANDA.
  • Anda akan diminta untuk membuat sebuah account google yang akan menjadi account blog, dan layanan google lainnya.
  • Kemudian anda akan diminta membuat judul blog anda misalnya “attayaya belajar” dan alamat blog “attayaya” yang menjadi “attayaya.blogspot.com”.
  • Nah terakhir anda diminta untuk memilih pola design layout. Pilihlah pola yang sesuai keinginan anda. Ada banyak pilihan yang bisa dilakukan, yang nantinya bisa diubah-ubah lho…
  • Lalu klik “start posting” untuk memulai postingan/tulisan anda pertama.
  • Isi judul lalu tulisan anda.
  • klik MEMPUBLIKASIKAN POSTING
  • Klik "Lihat Blog"
  • SELESAI….

  • haaa???? Selesai????

    yaaaa selesai lah

    Truuuus abis tu ngapain???

    Ya terserah anda.
    Mau dibiarin juga ga pa pa. Wong namanya gratisan gitu koq.
    Mau dilanjutin bolee juga. Namanya juga gratisan koq.
    Kalo cape.... yaaa bawa merokok dulu, dilanjutin besok saja. Ini gratisan koq namanya.
    Bagi yang ingin nglanjutin, silahkan baca tulisan ini selanjutnya. Tetapi, sebelum melanjutkan yang akan dilanjutkan, sebaiknya saya menulis kelanjutannya sambil merokok (maaf bagi yang ga suka rokok).
    kemooooon…. Tancap mang liat tulisan yang kedua.

    Cara membuat blog 1
    Cara membuat blog 2
    Cara membuat blog 3
    Cara membuat blog 4