07 Februari 2011

Penggunaan USG ultrasonography pada kehamilan

USG ultrasonography / ultrasonografi merupakan alat medis sebagai teknik diagnostik pencitraan dengan menggunakan suara ultra yang digunakan untuk mencitrakan organ internal dan otot, ukuran, struktur, dan luka patologi. Teknik ini sangat berguna untuk memeriksa organ. Pilihan frekuensi suara akan menentukan resolusi gambar dan penembusan ke dalam tubuh pasien. Diagnostik sonografi umumnya beroperasi pada frekuensi dari 2 sampai 13 megahertz yang bekerja dengan frekuensi tinggi yang terpantul kembali oleh cairan tubuh.

Bagi dokter kandungan, alat dan teknik ini sangat berguna untuk menentukan kondisi kehamilan dan perkembangan janin dan bahkan dapat memperkirakan waktu kelahiran. Dengan diketahuinya kondisi dan perkembangan janin sekaligus usia janin, dokter dapat menentukan metode dan proses kelahiran tips persalinan sehingga mempermudah persalinan yang tepat.


Tatacara/prosedur penggunaan USG pada Ibu Hamil

  1. Ibu hamil berbaring di dipan pemeriksaan dengan membuka baju/penutup bagian perut.
  2. Dokter akan memberikan carian gel diatas permukaan kulit perut.
  3. Dokter akan meletakkan probe (transducer) dan menggerakkannya di sekitar perut ibu hamil untuk.
  4. Gambar akan muncul di layar monitor dan dapat dicetak di kertas seperti contoh gambar di atas.

Gambar diatas tertera bahwa :
panjang janin : 0,73 cm
perkiraan usia janin : 6 minggu 4 hari (6w4d)
Diperiksa di : RS PMC (Rumah Sakit Pekanbaru Medical Centre)
Tanggal 5 Fberuari 2011
Jam 10:41:14 wib
Laporan menstuasi terakhir : 18 Desember 2010
Perkiraan Menstruasi terakhir : 20 Desember 2010
Waktu perkiraan kelahiran (EDD) : 27 September 2011


27 komentar:

  1. bang Atta sudah pernah di USG belum? :) oh ya gimana kabarnya mbak Wina?

    BalasHapus
  2. di atas tertulis NY WINA , semoga sehat dan lancar hingga lahir , ibunya Najwa kemarin juga baru check umurnya juga 6 - 8 minggu

    BalasHapus
  3. semoga istri bang atta segera menyusul isi, atau jangan2 hasil USG istrinya ya bang? :)

    BalasHapus
  4. wah canggih ya, bisa melihat janin, dan mengukurnya juga hehe...
    jadi sudah bisa memprediksi ya.
    Bali Villas Bali Villa

    BalasHapus
  5. wah, jangan2 ini ttg calon bayimu ya, bang? hehee..ayo ngakuu...!! wah,aku bakal punya ponakan dong.
    btw, kata beranda itu gak ada di htmlnya tapi aku coba dg cara lain. akhirnya ketemu juga. ada di blog title dan dalam bentuk script gitu. aku delete aja.

    BalasHapus
  6. siiip ku coba praktekkan ke istri saya hehehehe

    BalasHapus
  7. Infonya oke banget buat ibu yang lagi hamil. Tapi buat kaum bapak info ini juga berguna lho buat nambah pengetahuan

    BalasHapus
  8. hmmm, itu bayinya punya siapa ya, jgn2 punya mbaknya ya bang...?
    wah, selamat deh kalo emang bnr...
    hehe...
    sok tau bgt nih...

    tp, mksh atas infonya, aku mau nanya serius nih...
    kira2 bagusnya pada usia brp tuh kita melaKukan USG?

    BalasHapus
  9. jadi pengen jadi dokter kandungan nih kayaknya asyik meriksa perut ibu2 terus.. xixixi

    BalasHapus
  10. Mengingatkan saya pada hasil USG yang beberapa kali pernah saya lihat dan mendapat penjelasan dari dokter dan petugasnya.

    BalasHapus
  11. istri saya juga pernah dibegitukan, tapi gak nongol gambarnya. lalu istri saya disuruh minum yang banyak, karena gak bisa disuruh datang lagi besoknya dan gak lagi-lagi karena kupikir buang2 duit saja.

    BalasHapus
  12. moga diberi kelancaran ya bang, amiin

    mas munir jeli juga lihat screen shootnya :)

    BalasHapus
  13. salam sob
    dengar-dengar USG ini tak baik untuk janin

    BalasHapus
  14. hhmmmmm ini calon bayi attaya ya... cowok ato cewek

    BalasHapus
  15. sedang berpikir untuk punya momongan barukah mas nya?!?!? :)

    BalasHapus
  16. @attaya: dibikin sedikit variasi lah biar gak bosen maen kesini. heheheee....si prof lagi males nge-blog lgi doyan ngelakuin yang "lain" wakakakakak....maklum penganten baru

    BalasHapus
  17. selamst ya om, ada nama ny wina... alhamdulillah om.

    BalasHapus
  18. Wah,,,,, Ada apa Ne tetntang Hamil....
    wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  19. Selamat ya bang, moga sehat selalu

    BalasHapus
  20. Kalau lahirnya maju... tgl 18 September, ultahnya barengan ma Shasa aja ya Bang... hehehe

    BalasHapus
  21. kalau pakai USG, bisa diketahui jenis kelaminnya, nanti ga suprise lagi dong ;p

    BalasHapus
  22. dokter tidak akan memberitahu jika pasien tidak memintanya.
    semuanya tergantung pasien.

    BalasHapus

Copyright © 2013 attayaya: Penggunaan USG ultrasonography pada kehamilan | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah