20 February 2011

Contoh Surat Lamaran Kerja Perusahaan Swasta dan CPNS

Contoh Surat Lamaran Kerja Perusahaan Swasta dan CPNS kuposting untuk mengingat masa-masa lalu ketika mencari kerja di perusahaan swasta dan sebagian temenku melamar kerja di pemerintah ketika ada lowongan kerja CPNS. Temen-temen kuliahku dulu udah tersebar kemana-mana. Beberapa yang kutahu lokasinya ada di Washington, Canada, Inggris, Hongkong, Malaysia, Jakarta, Bandung, Batam, Padang, Pekanbaru, Duri, Dumai, Bengkalis, Sei Pakning, dll. Tetapi tidak semua temenku berhasil mendapatkan pekerjaan mapan, sebagian masih tinggal di kampungnya, sebagian hijrah ke Jawa, sebagian masih menetap di kota Padang.

Dulu nulis surat lamarannya dengan meminjam contoh surat lamaran kerja temen lain yang udah jadi. Makanya, surat lamaran tuh jadi mirip semua. Lha nyontoh dari seorang ke orang lain, ga pake diubah-ubah. Yang diubah cuma data diri doang. Jiaahahahahahaa..... Misalnya contoh surat lamaran kerja CPNS untuk keponakanku seperti di bawah ini :


Pekanbaru, ....................2011
K e p a d a
Yth. Bapak Gubernur/Walikota/Bupati
………………………………….
cq. Badan Kepegawaian Daerah
di
………………………………….
Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
N a m a: attayaya
Tempat/Tanggal Lahir: …………………………………. / ……………………………..
Jenis Kelamin: Laki-laki
A g a m a: Islam
Pendidikan: …………………………….
Alamat: Jl. Blogger no. 1 Dunia Maya
Bersama ini saya mengajukan permohonan untuk dapat diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Daerah Tahun 2011 di Lingkungan Pemerintah Propinsi/Kota/Kabupaten ................................ Sehubungan dengan hal tersebut, bersama ini saya sertakan kelengkapan berkas sebagai berikut :
1. Foto copy Ijazah terakhir sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan (dilegalisir pejabat yang berwenang);
2. Pas foto hitam putih terbaru ukuran 3 x 4 sebanyak 3 lembar;
3. Foto copy Kartu Pencari Kerja (Kartu Kuning) dilegalisir pejabat yang berwenang;
4. Foto copy Kartu Tanda Penduduk dilegalisir Camat setempat
Demikian permohonan ini saya buat, selanjutnya besar harapan saya untuk dapatnya diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah di Lingkungan Pemerintah ………………………………....
Hormat Saya,
Materai 6000
……………………………


contoh surat lamaran kerja perusahaan swasta



Pekanbaru, ....................2011
K e p a d a
Yth. Bapak Pimpinan PT. Bank Permata
Cabang Pekanbaru
cq. Bagian Personalia
di
Pekanbaru
Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
N a m a: attayaya
Tempat/Tanggal Lahir: …………………………………. / ……………………………..
Jenis Kelamin: Laki-laki
A g a m a: Islam
Pendidikan : ……………………………..
Alamat: Jl. Blogger no. 1 Dunia Maya
Bersama ini saya mengajukan permohonan lamaran kerja di perusahaan yang Bapak pimpin sesuai iklan yang terdapat di Koran Harian Riau Pos tanggal ................................ Sehubungan dengan hal tersebut, bersama ini saya sertakan kelengkapan berkas sebagai berikut :
1. Foto copy Ijazah terakhir sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan (dilegalisir pejabat yang berwenang) ;
2. Pas foto berwarna terbaru ukuran 4 x 6 sebanyak 3 lembar;
3. Foto copy Kartu Pencari Kerja (Kartu Kuning) dilegalisir pejabat yang berwenang;
4. Foto copy Kartu Tanda Penduduk
5. Fotokopi Surat Keterangan Kelakuan Baik dari Kepolisian Negara Republik Indonesia
6. Fotokopi Sertifikat Pelatihan Komputer
7. Daftar Riwayat Hidup dan Pekerjaan (Curriculum Vitae)
Demikian permohonan ini saya buat, selanjutnya besar harapan saya diberi kesempatan wawancara, dan dapat menjelaskan lebih mendalam mengenai diri saya seperti yang tersirat di resume (riwayat hidup), saya mempunyai latar belakang pendidikan, pengalaman, potensi dan seorang pekerja keras.
Hormat Saya,
Materai 6000
……………………………


Demikianlah Contoh Surat Lamaran Kerja CPNS dan Perusahaan Swasta yang pernah kubuat untuk keponakan yang mirip dengan surat lamaran kerja yang kubuat dahulu.


32 comments:

  1. nah ini dia bang, saya tidak tau contoh lamaran kerja pakai bahasa indonesia yg betul itu gimana. thanks ya

    ReplyDelete
  2. Makasih contohnya bang, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  3. waktu ngelamar istri dulu pake gak ya?!?!?! udah lupa bentuk surat lamarannya heheheheheheh.......


    !!!!!

    ReplyDelete
  4. saya jadi kepingin jadi CPNS juga nih :(

    ReplyDelete
  5. surat Lamaran Nikah Kyak Mana Om.????
    hehehhehe

    ReplyDelete
  6. Ternyata masalah contoh mencontoh surat lamaran ada dimana mana, kirain cuma saya aja, hehe..

    ReplyDelete
  7. waw bentar lagi saya butuh contoh ini.. :)

    ReplyDelete
  8. waktu ngelamar CPNS dulu bagian ini aku sampai mengulangi 7 kali selalu ada saja yang nggak sempurna tulisannya

    ReplyDelete
  9. thanks infonya tentang surat lamarannya. bisa untuk ngelamar gadis gak bos? :D

    ReplyDelete
  10. Aku kok tiba2 pengen ngasih nama utk jalan di depan rumahku dg nama Jalan Blogger ya..? hahaha

    ReplyDelete
  11. Untuk sekarang ini aku sudah gak ingin melamar di mana2 lagi, Bang... hehehe

    ReplyDelete
  12. Shasa belum mau buat lamaran kok... hehehe

    ReplyDelete
  13. Contoh2 surat lamaran bekerja tersebut tentunya sangat penting bagi mereka yangs sedang mencari kerja.

    ReplyDelete
  14. makasih bang bisa wat referensi neh...

    ReplyDelete
  15. Bang Atta..aku kopas dulu ya surat lamarannya, soalnya bentar lagi bakal cari kerja baru.

    ReplyDelete
  16. wah, pinter ngajar juga nih. ngajar nulis surat lamaran...

    ReplyDelete
  17. Lumayan om, nanti dicontek ah
    lamaran yang bahasa linggis juga diposting dong..

    ReplyDelete
  18. saya sudah lama gak bikin surat lamaran, waktu ngelamar istri juga gak pake surat soalnya yang ngelamar orang tua.

    ReplyDelete
  19. sekarang enak ngelamar, surat lamaran tinggal copas dari internet langsung jadi

    jaman dulu susah, banyak yang tidak mengerti cara menulisnya

    ReplyDelete
  20. waduh bos...
    aku gak punya ijasah. kalo ngelamar biasanya datang langsung trus nyodorin cv doang...

    ReplyDelete
  21. sip mantap Bang Attay, banyak yang memerlukan untuk melamar.

    ReplyDelete
  22. Tambah sikit, point 8 lampiran :
    Alamat E-mail : saya@yahoo.com, untuk pengiriman No. Rekening

    ReplyDelete
  23. Ralat Komen yang pertame tadi, point ke 8 tu...untuk perusahaan swasta saje, kalau Instansi Pemerintah biasenye tak perlu pakai e-mail, itupun untuk Perusahaan swasta yang tak bonafit lah ...

    ReplyDelete
  24. Kalo contoh surat lamaran ke keluarganya Mba Wina jama Abang mo menjadikan 'Beliau' istri itu macam mana Bang??? :-)

    ReplyDelete
  25. @pedagang : bener juga ya
    @sus : pake ktp doang

    ReplyDelete
  26. Thankz bgt bang
    dri smwa cntoh yg ada
    nie yg pLg pas bwt d contoh

    ReplyDelete
  27. gan bikinin conto lamaran buat saya dong..... pengen lamar ke PNS :)

    ReplyDelete

Copyright © 2013 attayaya: Contoh Surat Lamaran Kerja Perusahaan Swasta dan CPNS | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah