20 April 2011

Cerpen Anak SMA

Anak SMA selalu mempunyai daya kreatifitas yang tinggi. Hal ini tentu saja tidak melupakan anak smp, mahasiswa dan umumnya rakyat Bangsa Indonesia. Teringat pada kata pak Onno W. Purbo, bahwa "bangsa Indonesia sih mungkin bukan bangsa yang kaya, kita bangsa yang miskin. Cuma bangsa Indonesia kan bukan bangsa yang bodo, itu barang kali yang kita sering lupa". Berarti bangsa Indonesia adalah bangya yang pintar, sehingga tentu saja bangsa yang memiliki daya kreatifitas tinggi. Lihat saja beberapa hasil kerajinan tangan bangsa Indonesia sangat dihargai dan mempunyai nilai yang tinggi, baik dari nilai uang maupun nilai seni.

Sehubungan dengan itu, salah satu daya kreatifitas anak sma adalah kemampuan mereka untuk berkreasi dalam tulisan. Merangkai huruf menjadi kata, merangkai kata menjadi kalimat, merangkai kalimat menjadi paragraf, dan merangkai paragraf menjadi sebuah cerita, puisi, pantun, novel, syair dan lain-lain. Banyak cerita yang dihasilkan oleh anak sma. Salah satu jenis cerita adalah Cerpen atau Cerita Pendek yang merupakan sebuah bentuk prosa naratif fiktif maupun tidak-fiktif. Dengan jalan cerita yang singkat dan ditulis padat langsung pada tujuannya. Cerpen itu bagaikan sebuah miniatur dari novel/novella.


Ini salah satu contoh Cerpen yang ini diambil dari
http://cerpensma.blogspot.com

KEPLESET

Suatu hari dalam kehidupanku, aku mengalami kesialan. Sehari penuh aku selalu tertimpa kesialan. Ugh….sungguh menyebalkan, pikirku dalam hati. Waktu itu hari Senin, sehari penuh di sekolah hujan. Dengan kadar air hujan yang sangat banyak hingga tak terasa lapangan di sekolah banjir. Wau…….sangat jarang sekali aku melihat peristiwa seperti ini. Aku dan teman-temanku tak mau ketinggalan momen-momen seperti ini. Segera kuambil Handponku dan aku pun berfoto bersama teman-temanku di tengah lapangan.

” Eh…..narsis banget sich..aku doain kamu kepeleset!,” celetuk temanku.
” Eh..awas, loe!,”jawabku.

Setelah selesai berfoto-foto. Aku pun perg ke kamar mandi biasa penggilan darurat. Aku bersama teman-temanku, berlari-lari di lorong koridor kelas padahal lantainya sangat licin. Aku dan teman-temanku tak menghiraukannya.

” Ah……..aduh…!,”teriakku.

Teman-temanku yang udah jauh, menoleh ke belakang. Aku terpeleset, dengan segera teman-temanku menolongku.

” Aduh…….sakit banget, nich!,”risihku.
” Makanya pelan-pelan donk, Mel!,” jawab temanku.

Aku pun hanya diam sambil menahan rasa sakit di badanku. Apalagi aku jatuh diihat oleh teman-temanku. Sungguh memalukan sekali. Apalagi di situ ada teman yang mengataiku.

” Ugh....sungguh hari yang menyebalkan.

Oleh. SAMOT MELYANI / 24 / X-C / SMAN 1 SURABAYA


Banyak contoh-contoh cerpen anak sma lainnya yang bisa ditelusuri melalui mbah google.


18 comments:

  1. di Link Kami yaitu anekaremaja.blogspot.com mennyediakan cerpen2...(promosi)

    ReplyDelete
  2. Waktu saya baca judulnya saya pikir ceritranya seperti ceritra dengan judul "anak sma" lainnya.
    Rupanya sekarang sudah berubah.

    ReplyDelete
  3. Benar bang, anak remaja memang harus di bina kekreatifannya dan diarahkan dgn tepat..

    ReplyDelete
  4. heheh... benner2 cerpen tuh ... ^_^'

    ReplyDelete
  5. numpang senyum :) tetep smangat nih ,,,,

    ReplyDelete
  6. Wah.. doanya terkabul ya....bang... jadi kepleset beneran dah...

    ReplyDelete
  7. Kita bangga pada anak-anak SMA yang mau menunjukkan kreativitasnya, tapi kita juga miris pada sebagian anak SMA yang malah hobi buka-bukaan di depan camera ...

    ReplyDelete
  8. di koran indopost setiap hari ada cerpen anak sma, kelihatannya ini sesuatu yang bagus

    ReplyDelete
  9. he he he kirain bang atta mau nulis cerpen.

    ReplyDelete
  10. Kok rada gak nyambung ya Bang...

    Tapi intinya menceritakan tentang dia disekolah.

    ReplyDelete
  11. untuk koment disini selalu kalah dengan yang pertama, banyak penulis muda(masih sekolah sma) yang karya nya bagus. saya suka

    ReplyDelete
  12. Anak SMA memang kreatif sayang banget kalau cuma suka foto-foto dan hura-hura, mantap

    ReplyDelete
  13. anak smu sekarang pinter-pinter yo bang, sudah banyak yang bisa ngeblog juga ga seperti waktu ane smu dulu he he
    met sore pekanbaru :D

    ReplyDelete
  14. Saya sgt senang membaca cerpen dan novel (karya2 ank bangsa sgt kreatif dgn beragam cerita. Dunia kepenulisan sdh berkembang begitu pesat, remaja2 semakin gemar menulis dan membaca. Hidup generasi penerus bangsa!! ehheh)
    jd kepengen nulis cerpen jg hihihi... latah ^^

    ReplyDelete

Copyright © 2013 attayaya: Cerpen Anak SMA | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah