23 April 2011

Tata Cara Pidato Yang Baik dan Benar

Tata Cara Pidato Yang Baik dan Benar adalah salah satu pelajaran bahasa Indonesia waktu jaman aku masih SMA dahulu kala, ada sebuah materi yang disampaikan yaitu tentang Tata Cara Pidato Yang Baik dan Benar. Setelah materi ini disampaikan oleh guru Bahasa Indonesia, aku dan teman sekelas disuruh untuk membuat pidato dan menyampaikannya di depan kelas. Suatu pekerjaan berat untuk menghasilkan pidato dan berpidato di depan kelas. Maka aku pun berkonsultasi dengan kakakku yang jago berpidato. Kakakku pun menyampaikan dan melatih aku tentang “Teknik Berpidato Dengan Baik”.

Pidato atau Orasi adalah merupakan suatu kegiatan berbicara menyampaikan sesuatu hal di depan umum. Hal yang disampaikan itu dapat berupa pendapat, gambaran atau penjelasan tentang suatu hal. Pidato berfungsi untuk mempermudah komunikasi antara 2 pihak atau lebih. Ada 4 metode berpidato yaitu Impromptu (pidato serta merta tanpa persiapan), Memoriter (pidato dengan menghapalkan naskan pidato), Naskah (pidato dengan membaca naskah pidato), Ekstemporan (pidato dengan menyiapkan garis-garis besarnya saja atau berupa konsep mentah dari naskah pidato).

Setiap orang mempunyai potensi berpidato atau berorasi atau berbicara di depan khalayak umum. Kemampuan berpidato ini bisa didapat dari latihan atau bahkan sememang bakat bawaan. Bagi yang ingin berlatih pidato, perlu mengetahui teknik dan tata cara berpidato yaitu :
  1. Mengetahui tujuan berpidato. Pidato yang akan disampaikan ditujukan untuk membicarakan hal apa saja? Hal ini dapat disebut juga Tema Pidato. Perlu juga mengetahui dimana tempat berpidato dan siapa saja yang akan menjadi pendengar.
  2. Materi atau Bahan pidato sesuai dengan Tema Pidato yang akan disampaikan. Jika pidato bertema pendidikan, maka bahan pidato adalah hal-hal yang mengenai pendidikan, baik tentang pendidikan smp, sma, atau hal-hal lain yang menyangkut pendidikan.
  3. Untuk pemula seperti anak smp maupun anak sma, 2 teknik pidato yang disarankan adalah teknik Naskah (membaca naskah pidato) yang dapat dilanjutkan ke teknik Memoriter (menghapal pidato). Jika kemampuan telah cukup, maka dapat digunakan teknik Ekstemporan (garis-garis besar atau konsep naskah pidato) atau bahkan dapat menggunakan teknik Impromptu (serta merta tanpa persiapan).
  4. Untuk pemula, perlu melatih suara, pengucapan, intonasi kalimat dan juga artikulasi serta perlu mengetahui jeda pembacaan sehingga pidato enak didengar dengan menggunakan nada bicara yang tegas lugas tidak berirama sepeti membaca puisi atau berdeklamasi.
  5. Berpenampilanlah yang rapi saat berpidato, karena akan menjadi titik sentral pandangan umum.
  6. Menggunakan bahasa tubuh sebaik mungkin yaitu gerakan tangan dan anggota tubuh sesuai dengan irama pidato tapi tidak secara berlebihan.
  7. Menyisipkan humor pada pidato disesuaikan dengan keadaan dan tujuan pidato. Jika pidato pada acara pemakaman mayat, jangan sekali-sekali menyisipkan humor.
  8. Berpidatolah sesuai panjang waktu yang wajar. Untuk pemula sebaiknya menggunakan waktu yang pendek saja.
  9. Tidak menggunakan kata yang berulang-ulang kecuali dibutuhkan untuk penekanan tujuan.


16 comments:

  1. wah dulu saya SMP pernah pidato didepan kelas tapi kata guru saya malah seperti ngelawak.......wkwkwkwkw

    yang ada malah satu kelas pada ngakak semua!!!! hehehehehe

    ReplyDelete
  2. wah ini kelupaaann!!!

    SIANGGG BANG ATTTAAAAA,.......hehehehe baru bisa mampir nih!!!!

    ReplyDelete
  3. saya pernah naskah pidato saya dianggap sebagai naskah terbaik saat SMA oleh guru bhs. indonesia. tapi anehnya saya gak bisa pidato

    ReplyDelete
  4. dulu ketika jadi ketua himpunan saya ga bisa pidato..hihi

    ReplyDelete
  5. saya sbg org yg sama sekali tidak jago berpidato sgt berterima kasih atas tulisan mas Atta ini :)
    jd lbh mengerti, barangkali suatu saat dpt sy praktekan... Trms ^^

    ReplyDelete
  6. pasti bang atta, jago bgt berpidato nih...xixixiix :p

    ReplyDelete
  7. Tip-2 yang tepat untuk berpidato dengan baik.

    Untuk pidato dalam bahasa Inggris, di Riau ada dua tempat yang bagus untuk belajar/latihan :
    1) Chevron Toastmasters Club, di Dumai
    2) APP Toastmasters Club di pabriknya (Kerinci?)

    ReplyDelete
  8. trims Bang tips berpidato ini bisa saya simpan nih sangat berguna sekali..

    ReplyDelete
  9. supaya audience ga bosan pidato jangan panjang2:)

    ReplyDelete
  10. Untuk berpidato perlu ... sekurang-kurangnya garis besar agar pidato tidak ngalur ngidul ... dan yang lebih parah lagi..agar sepatu dan sendal tak melayang ke atas podium... karena pidatonya nggak jelas kapan selesainya..hehe

    ReplyDelete
  11. wah perlu diperhatikan nih kalau mau jadi orator hebat aku jarang sekali berpidato bang paling kalau jadi pembina upacara di sekolah cuma setingkat itu he he

    ReplyDelete
  12. Pertama pidato grogi lama kelamaan biasa aja sambil tersenyum lagi :)

    ReplyDelete
  13. Huehehe, kalo emak2 mah pidatonya di pasar *misalnya, pada saat nawar barang trus penjualnya kaga mo nurunin harga jadilah Bu Bunting berpidato ria*

    ReplyDelete
  14. Kok saya masih smp tapi udah di suruh pidato tapi di hafal. Saya kan tak bisa pidato

    ReplyDelete

Copyright © 2013 attayaya: Tata Cara Pidato Yang Baik dan Benar | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah