09 April 2011

Mading Online Sekolah dari BLOGGER BERTUAH PEDULI PENDIDIKAN

Mading Online adalah Majalah Dinding yang dipublikasikan secara online oleh Komunitas Blogger Bertuah Pekanbaru (BLOGGER BERTUAH PEDULI PENDIDIKAN), yang masing-masing Mading dikerjakan dan dikelola oleh siswa-siswa sekolah. Diketahui bersama bahwa MADING adalah kependekan dari MAJALAH DINDING yang biasa terpajang di dinding sekolah yang terbentuk dari lembaran-lembaran kertas karya para siswa. Karya itu bisa berbagai macam bentuk misalnya lukisan, gambar, karikatur, puisi, cerpen, lelucon, dan lain sebagainya yang disusun pada suatu bidang datar (dinding sekolah, papan, triplek, karton dan lain-lain). Mading lebih indentik dengan siswa sekolah sehingga disebut MADING SEKOLAH. Aku belum tahu apakah ada MADING FAKULTAS, MADING AKADEMI, MADING INSTITUT, maupun mading-mading lainnya, karena secara prinsipnya bisa saja dibuat seperti itu di masing-masing lembaga, komunitas, ataupun kelompok.

Mading secara umum berisi hal-hal positif dan informatif sehingga dapat menjadi media komunikasi yang up-to-date, murah meriah, dan kreatif. Dari sisi informasi dapat disampaikan berita-berita tentang kemajuan sekolah baik diri sisi siswa belajar maupun guru pengajar serta sarana dan prasarana sekolah. Tak terlepas dari itu, Mading Sekolah dapat berfungsi sebagai MEDIA PROMOSI sekolah.

Mading akan menampung kreativitas siswa yang sangat beragam berupa gagasan, ide, pemikiran, khayalan, daya cipta yang ada. Perlu adanya wadah untuk menyalurkan daya kreativitas tersebut. Kreativitas itu tentu saja akan menarik siswa lain untuk melihat, memperhatikan dan membacanya, maka dengan tidak langsung akan memberikan suatu nilai positif terhadap kebiasaan membaca serta meningkatkan daya respon siswa dengan melihat dan memperhatikan, serta akan meningkatkan kecerdasan berpikir. Hal ini tentu saja tidak terlepas dari peningkatan kemampuan menulis bagi siswa.

Siswa-siswa yang kreatif akan dapat memanfaatkan waktu luangnya untuk mengisi Mading yang bisa masuk ke dalam program Ekstra Kurikuler (Ekskul) yang tentu saja akan berhubungan dengan kemampuan berorganisasi bagi para siswa. Sejalan dengan hal itu, adalah penggunaan internet untuk hal-hal positif.

MENGAPA MADING ONLINE?


Sesuai perkembangan zaman dan kecepatan informasi yang didapat dan disampaikan serta luasnya cakupan pengguna, maka media online perlu diterapkan terhadap MADING SEKOLAH, sehingga menjadi sebuah MADING ONLINE dengan kecepatan informasi dan luasnya cakupan pengguna melebihi mading biasa. Mading Online tidak akan menghapus arsip artikel yang telah masuk sehingga dapat dibaca kapan pun, dimana pun dan oleh siapa pun.



Walaupun beberapa sekolah telah memiliki website resmi, tetapi umumnya website tersebut dikelola oleh Guru TI (teknologi informasi) yang tidak diberikan hak pengurusan kepada para siswanya. Bedanya website sekolah dengan Mading Online adalah pengelolaannya. Mading Online sebaiknya dikelola oleh para siswa langsung dengan bimbingan guru Pengurus Mading.

Bentuk Artikel Mading Online :
  1. Tulisan
  2. Gambar
  3. Video
  4. Campuran Tulisan, Gambar dan Video.

Isi artikel dilarang mengandung hal pornografi, SARA dan menyinggung pihak-pihak tertentu. Dalam hal ini redaktur masing-masing sekolah bertanggung jawab atas mading online yang dikelolanya. Isi artikel dapat berupa berita sekolah (lebih diutamakan) yang ditulis oleh siswa, hasil karya siswa (tulisan, gambar, video), hasil karya guru, dan lain-lain hal yang bermanfaat. Cerpen, puisi, pantun, kata bijak merupakan bahan utama sebuah Mading biasa, maupun Mading Online.

Cara Kerja Mading Online :
Mading Online memiliki induk domain di www.madingonline.net berupa website yang akan memiliki sub-domain berdasarkan nama Mading Online masing-masing sekolah yang bersangkutan.
Misalnya Mading Online SMK Negeri 2 Pekanbaru akan beralamat di : smkn2pekanbaru.madingonline.net

Masing-masing Mading Online dikelola oleh masing-masing sekolah yang tergabung dalam domain induk sehingga membentuk suatu JARINGAN MADING ONLINE SEKOLAH.

Pembuatan Mading Online masing-masing sekolah diusahakan tanpa biaya apapun, serta akan dilatih oleh Komunitas Blogger Bertuah Pekanbaru bekerjasama dengan PT. Telkom Indonesia Riau Daratan serta Harian Tribun Pekanbaru.

Pada Website Mading Online induk (www.madingonline.net) juga akan berisi artikel yang dikelola oleh Bertuah tanpa menutup kesempatan penulis lain yang layak ditampilkan. Website tersebut juga akan menampilkan artikel-artikel terbaru dari mading-mading online sekolah yang terdaftar.

Tahap pertama adalah membentuk Jaringan Mading Online Sekolah se-Pekanbaru, yang akan dilanjutkan menjadi Jaringan Mading Online Sekolah se-Riau, yang tidak tertutup kemungkinan menjadi Jaringan Mading Online Sekolah se-INDONESIA.

Silahkan berkunjung, melihat dan membaca di :

MADING ONLINE
www.madingonline.net



Mading Online dari daerah lain bisa juga bergabung dengan Jaringan Mading Online ini. Tekhnisnya akan disusun setelah Seminar Media Sosial dan Nonton Bareng Film @linimas(s)a yang ditaja oleh Komunitas Blogger Bertuah Pekanbaru yang berkerjasama dengan :
PT. Telkom Indonesia Riau Daratan
Harian Tribun Pekanbaru


serta didukung oleh :
Bagian Pengolahan Data Elektronik
Sekretariat Daerah
Pemerintah Kota Pekanbaru



38 komentar:

  1. Kegiatan ini bagus banget untuk menumbuhkembangkan kreativitas siswa yang memiliki bakat dalam bidang penulisan. Tentu saja mereka perlu bimbingan tentang seluk beluk penulisan majalah dinding online sehingga artikel yang tayang bisa bermanfaat

    BalasHapus
  2. Manttttttaaaaaaaaapppppp...Moga Suklsesss......

    BalasHapus
  3. Maju Teruss Bertuahh..Moga Makin Bertuaaahh...ckckkckc

    BalasHapus
  4. mantap deh...hidup blogger bertuah..

    BalasHapus
  5. hahahaaa....aku tak nggae kliping on line ah...

    BalasHapus
  6. Kalo tahapan tahapan bisa berjalan dengan lancar,,, boleh dong sekolah saya ikut bergabung bang... Niatnya sih ingin buat seperti rekan-rekan di Pekanbaru.... Sepertinya Balikpapan belum ada...

    BalasHapus
  7. Idenya kreatif sekali ya Bang...aku rasa dengan begini juga sangat banyak peminatnya secara banyak orang yang memilih fasilitas canggih ini dari pada beli malajah atau berdiri berlama hanya untuk membaca karikatur.

    BalasHapus
  8. selamat untuk kerja hebatnya. ini rintisan yang bagus untuk merangsang gairah menulis siswa. cuma saya jadi berpikir, kenapa dimulai dari Pekan Baru ya, kenapa tidak dari Jakarta?

    BalasHapus
  9. Om bisa ngak menampilkan karya-karya anak sekolahan di pangkalan kerinci

    BalasHapus
  10. Makin canggih deh...dengan mading online jadi menghemat kertas juga kan !!

    Kereeenn !!

    *insyaAllah besok nobar skalian dibawain pohon bunga melatinya ya... :P

    BalasHapus
  11. saya dukung biar bisa ampe go nasional! sangat positif sekali.

    BalasHapus
  12. salam persahabatan, nah ini baru kreatif pak... boleh nih sebagai percontohan untuk sekolah lain salut saya dengan adanya mading online, nice post pak, terima kasih postingnya

    BalasHapus
  13. Blogger Bertuah memang gudangnya kreatifitas...
    makasih banyak atas sharingnya, moga hal ini dapat menjadi bahan rujukan untuk sekolah dalam mengembangkan kreatifitas siswanya.

    BalasHapus
  14. akhirnya proyek besarnya rampung bang , saya tunggu mading onlinenya terbuka untuk seluruh Indonesia Amin

    BalasHapus
  15. Selamat dan sukses dengan gerakan mading online ini smeoga masing2 sekolah bisa menamplkan seluruh potensi nya dan bsai membanggakan tidak saja di sekitar Pekanbaru tapi diseluruh dunia :D

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    BalasHapus
  16. uwaah..
    Gagasan dan ide yang kweren!
    Sukses bang untuk mading onlinenya.

    BalasHapus
  17. sekarang makin keren ya, madingnya online. lebih mudah melihat mading keren mas

    BalasHapus
  18. Ide cemerlang dan top margotop bang, memajukan pendidikan dan kreatifitas siswa melalui media online, moga sukses dan semua team selalu fit and full spirit. Amiin :)

    BalasHapus
  19. di kampus juga ada mading, namanya disesuaikan dengan nama organisasi pembuatnya. misalnya mading EDSA, EDSa ini nama HIMA kampus ku.. atau mading Al-Maidan, ini nama organisasi semacam Rohis untuk dilingkungan kampus FKIP..

    setuju sama Ibu Zidan, hemat kertas termasuk usaha GO GREEN kan yak?? :D :D

    om atta Bapeda itu dimanaaa???

    BalasHapus
  20. Waaaah mantaaap Majalah Dinding Online
    dari Komunitas blogger Pekanbaru.

    BalasHapus
  21. Mantap ...ide brilian..semoga sukses acaranya...

    BalasHapus
  22. Terobosan yang menggunakan teknologi juga disukai anak2 sesuai dengan perkembangan teknologi, juga lebih murah dibandigkan penerbitan majalah sekolah.
    Kegiatan teman2 blogger bertuah ship abis.

    BalasHapus
  23. Langkah yang bagus dan patut ditiru
    akan menambah kreatifitas para siswa
    semoga sukses.

    BalasHapus
  24. Panjang se-x jdulnya om? :D

    BalasHapus
  25. wah mantap sekali kegiatannya bang, salut untuk blogger bertuah..sukses selalu ya ...amin...

    BalasHapus
  26. hai apa kabar Bang? lama tak berkunjunmg nih..sekarang blognya Abang byk bhs Inggerisnya ya..?

    BalasHapus
  27. Salut untuk kerja keras bertuah

    BalasHapus
  28. Wah, keren... keren... keren...
    sangat kreatif... hampir setiap hari para remaja online internet, mading online dpt menampung ide2 segar dan kreatifitas mereka :)

    BalasHapus
  29. Wah kegiatan yang bagus banget untuk menyalurkan kreatifitas. Jadi inget jaman masih sekolah dulu hobi banget nulis2 di mading :-)

    BalasHapus
  30. asal ga coret coret dinding aja hahahahaaaa

    BalasHapus
  31. Mantap konsepnya bro, full support for it. Btw, mengenai komentar ente utk sounding ke KOMUNITAS BELETER teknisnya seperti apa ya bro? Trims...

    BalasHapus
  32. soundingnya yg pertama mungkin berbentuk pemberitahuan/pengenalan ttg madingonline kepada komunitas melalui perbincangan singkat.
    tahap selanjutnya mungkin pembicaraan ttg bergabung dgn madingonline atau membuat kegiatan yg sama.
    standar dan ketentuan lain sedang disusun.
    mungkin itu dulu pada tahap pertama.
    hal yg sama telah dibicarakan kemaren dengan mas blontankpoer dari Solo. Dan dia bergerak seperti konsep di atas.

    BalasHapus
  33. info yang menarik mas...
    O y mas, kok sampai sekarang belum ada kedatangan tim mading online di smansa pku...
    di tunggu kehadiran seminarnya mas di smansa pku ...

    BalasHapus

Copyright © 2013 attayaya: Mading Online Sekolah dari BLOGGER BERTUAH PEDULI PENDIDIKAN | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah