09 April 2011

Mading Online Sekolah dari BLOGGER BERTUAH PEDULI PENDIDIKAN

Mading Online adalah Majalah Dinding yang dipublikasikan secara online oleh Komunitas Blogger Bertuah Pekanbaru (BLOGGER BERTUAH PEDULI PENDIDIKAN), yang masing-masing Mading dikerjakan dan dikelola oleh siswa-siswa sekolah. Diketahui bersama bahwa MADING adalah kependekan dari MAJALAH DINDING yang biasa terpajang di dinding sekolah yang terbentuk dari lembaran-lembaran kertas karya para siswa. Karya itu bisa berbagai macam bentuk misalnya lukisan, gambar, karikatur, puisi, cerpen, lelucon, dan lain sebagainya yang disusun pada suatu bidang datar (dinding sekolah, papan, triplek, karton dan lain-lain). Mading lebih indentik dengan siswa sekolah sehingga disebut MADING SEKOLAH. Aku belum tahu apakah ada MADING FAKULTAS, MADING AKADEMI, MADING INSTITUT, maupun mading-mading lainnya, karena secara prinsipnya bisa saja dibuat seperti itu di masing-masing lembaga, komunitas, ataupun kelompok.

Mading secara umum berisi hal-hal positif dan informatif sehingga dapat menjadi media komunikasi yang up-to-date, murah meriah, dan kreatif. Dari sisi informasi dapat disampaikan berita-berita tentang kemajuan sekolah baik diri sisi siswa belajar maupun guru pengajar serta sarana dan prasarana sekolah. Tak terlepas dari itu, Mading Sekolah dapat berfungsi sebagai MEDIA PROMOSI sekolah.

Mading akan menampung kreativitas siswa yang sangat beragam berupa gagasan, ide, pemikiran, khayalan, daya cipta yang ada. Perlu adanya wadah untuk menyalurkan daya kreativitas tersebut. Kreativitas itu tentu saja akan menarik siswa lain untuk melihat, memperhatikan dan membacanya, maka dengan tidak langsung akan memberikan suatu nilai positif terhadap kebiasaan membaca serta meningkatkan daya respon siswa dengan melihat dan memperhatikan, serta akan meningkatkan kecerdasan berpikir. Hal ini tentu saja tidak terlepas dari peningkatan kemampuan menulis bagi siswa.

Siswa-siswa yang kreatif akan dapat memanfaatkan waktu luangnya untuk mengisi Mading yang bisa masuk ke dalam program Ekstra Kurikuler (Ekskul) yang tentu saja akan berhubungan dengan kemampuan berorganisasi bagi para siswa. Sejalan dengan hal itu, adalah penggunaan internet untuk hal-hal positif.

MENGAPA MADING ONLINE?


Sesuai perkembangan zaman dan kecepatan informasi yang didapat dan disampaikan serta luasnya cakupan pengguna, maka media online perlu diterapkan terhadap MADING SEKOLAH, sehingga menjadi sebuah MADING ONLINE dengan kecepatan informasi dan luasnya cakupan pengguna melebihi mading biasa. Mading Online tidak akan menghapus arsip artikel yang telah masuk sehingga dapat dibaca kapan pun, dimana pun dan oleh siapa pun.



Walaupun beberapa sekolah telah memiliki website resmi, tetapi umumnya website tersebut dikelola oleh Guru TI (teknologi informasi) yang tidak diberikan hak pengurusan kepada para siswanya. Bedanya website sekolah dengan Mading Online adalah pengelolaannya. Mading Online sebaiknya dikelola oleh para siswa langsung dengan bimbingan guru Pengurus Mading.

Bentuk Artikel Mading Online :
  1. Tulisan
  2. Gambar
  3. Video
  4. Campuran Tulisan, Gambar dan Video.

Isi artikel dilarang mengandung hal-hal negatif, SARA dan menyinggung pihak-pihak tertentu. Dalam hal ini redaktur masing-masing sekolah bertanggung jawab atas mading online yang dikelolanya. Isi artikel dapat berupa berita sekolah (lebih diutamakan) yang ditulis oleh siswa, hasil karya siswa (tulisan, gambar, video), hasil karya guru, dan lain-lain hal yang bermanfaat. Cerpen, puisi, pantun, kata bijak merupakan bahan utama sebuah Mading biasa, maupun Mading Online.

Cara Kerja Mading Online :
Mading Online memiliki induk domain di www.madingonline.net berupa website yang akan memiliki sub-domain berdasarkan nama Mading Online masing-masing sekolah yang bersangkutan.
Misalnya Mading Online SMK Negeri 2 Pekanbaru akan beralamat di : smkn2pekanbaru.madingonline.net

Masing-masing Mading Online dikelola oleh masing-masing sekolah yang tergabung dalam domain induk sehingga membentuk suatu JARINGAN MADING ONLINE SEKOLAH.

Pembuatan Mading Online masing-masing sekolah diusahakan tanpa biaya apapun, serta akan dilatih oleh Komunitas Blogger Bertuah Pekanbaru bekerjasama dengan PT. Telkom Indonesia Riau Daratan serta Harian Tribun Pekanbaru.

Pada Website Mading Online induk (www.madingonline.net) juga akan berisi artikel yang dikelola oleh Bertuah tanpa menutup kesempatan penulis lain yang layak ditampilkan. Website tersebut juga akan menampilkan artikel-artikel terbaru dari mading-mading online sekolah yang terdaftar.

Tahap pertama adalah membentuk Jaringan Mading Online Sekolah se-Pekanbaru, yang akan dilanjutkan menjadi Jaringan Mading Online Sekolah se-Riau, yang tidak tertutup kemungkinan menjadi Jaringan Mading Online Sekolah se-INDONESIA.

Silahkan berkunjung, melihat dan membaca di :

MADING ONLINE
www.madingonline.net



Mading Online dari daerah lain bisa juga bergabung dengan Jaringan Mading Online ini. Tekhnisnya akan disusun setelah Seminar Media Sosial dan Nonton Bareng Film @linimas(s)a yang ditaja oleh Komunitas Blogger Bertuah Pekanbaru yang berkerjasama dengan :
PT. Telkom Indonesia Riau Daratan
Harian Tribun Pekanbaru


serta didukung oleh :
Bagian Pengolahan Data Elektronik
Sekretariat Daerah
Pemerintah Kota Pekanbaru



Copyright © 2013 attayaya: Mading Online Sekolah dari BLOGGER BERTUAH PEDULI PENDIDIKAN | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah