09 September 2011

Lampu Colok Pekanbaru 2011

Festival Lampu Colok Pekanbaru 2011 dilaksanakan pada Hari Jum'at tanggal 26 Agustus 2011 jam 21.30 kemaren. Merupakan malam ke 27 Ramadhan yang biasa disebut malam "27 Likur". Dan menjadi tradisi di Pekanbaru dan Bengkalis serta beberapa daerah lain setiap tanggal 27 Ramadhan menyalakan lampu colok.

Menurut Almarhumah Emak, sejarahnya lampu colok dulu di kampung-kampung sebenarnya dinyalakan setiap malam di bulan Ramadhan sebagai penerang jalan menuju Mushalla atau Mesjid ketika hendak shalat melaksanakan shalat Isya dan Taraweh, hanya ketika malam 27 Likur untuk menyambut malam lailatul Qadr, lampu colok dinyalakan lebih banyak sehingga kelihatannya lebih meriah, padahal dulu hanyalah untuk lebih menerangi jalan dan kawasan menuju Mushalla atau Mesjid.

Lampu colok adalah lampu minyak dalam wadah bambu, tetapi saat sekarang ini lampu colok lebih banyak dalam wadah botol kaleng. Sayangnya aku tidak mengambil gambar lampu colok bambu di jalan menuju mesjid dekat rumahku.

Festival lampu colok yang diadakan di Pekanbaru dan Bengkalis merupakan festival lampu colok terbesar. Lampu colok disusun dalam suatu kerangka kayu dan diikat kawat. Susunan lampu colok itu biasanya menggambarkan mesjid, kapal, kubah, gerbang atau hal lainnya. Satu susunan kerangka biasanya menghabiskan 1000 s/d 2000 botol/kaleng lampu colok tergantung besar kecil dan kerumitan desain susunannya. Setiap malam biasanya akan menghabiskan 1 drum minyak tanah untuk 1 atau 2 desain susunan lampu colok.

Semoga tradisi lampu colok 2012 berikutnya tidak terkendala dengan pembatasan minyak tanah yang dilakukan pemerintah.

Baca juga artikel bersempena :
Festival Lampu Colok : Tak Ada Minyak Tanah, Hilang Satu Tradisi Budaya

Pembukaan Lampu Colok Pekanbaru 2011

Tarian bernuansa melayu dan padang pasir dalam acara pembukaan Festival Lampu Colok.

Festival Lampu Colok Pekanbaru

Festival Lampu Colok Pekanbaru

Festival Lampu Colok Pekanbaru

Festival Lampu Colok Pekanbaru

Menyalakan Lampu Colok

Untuk menyalakan lampu colok bagian atas, maka diperlukan "penghidup lampu" yang memanjat di kerangka kayu sampai ke ujung dengan ketinggian sekitar 7 meter. Bagian bawah biasanya dinyalakan dengan menggunakan galah yang ujungnya dipasang obor.

Festival Lampu Colok Pekanbaru

Festival Lampu Colok Pekanbaru

Festival Lampu Colok Pekanbaru

Festival Lampu Colok Pekanbaru

Photo Lampu Colok Pekanbaru 2011

Sebagian photo yang diambil ketika Festival Lampu Colok 2011 kemaren bersama beberapa anggota Komunitas Blogger Bertuah yang hobi hunting photo.

Festival Lampu Colok Pekanbaru

Festival Lampu Colok Pekanbaru

Festival Lampu Colok Pekanbaru

Festival Lampu Colok Pekanbaru

Festival Lampu Colok Pekanbaru

Festival Lampu Colok Pekanbaru

Festival Lampu Colok Pekanbaru

Festival Lampu Colok Pekanbaru

Festival Lampu Colok Pekanbaru

Kembang Api pada acara Lampu Colok Pekanbaru 2011

Haaaaa..... abis menyalakan lampu colok, beberapa pemuda mulai menyalakan kembang api. Dhuarrrrr.....

Festival Lampu Colok Pekanbaru

Festival Lampu Colok Pekanbaru

Festival Lampu Colok Pekanbaru

Festival Lampu Colok Pekanbaru

Festival Lampu Colok Pekanbaru

Festival Lampu Colok Pekanbaru


33 komentar:

  1. Dari foto2nya terlihat bahwa acaranya meriah sekali.

    BalasHapus
  2. Wow... subhanallah.... menarik sekali liputannya... dari foto, detail, sampai prosesnya.... aku suka sekali kombinasi dan tema liputan lampunya... liputan menarik,,,, dan kemenangan benar2 terasa disini....

    Bang atta... aku mau ucapkan moohon maaf lahir dan batin yah.... aku minta maaf sebesar2nya... selamat ber hari raya juga di kemenangan ini ^^

    BalasHapus
  3. lampu colok sama dengan obor gak bang?

    BalasHapus
  4. colok..colok..colok lampu nya...hehehe..lampu colok nya bagus-bagus ya...btw minyak tanah mahal tapi...hihihi...

    BalasHapus
  5. likur itu kalo bahasa jawa disebutkan di akhir kata yang melambangkan angka 20an om... kyak misalnya pitu likur (it's means 27)
    hehe di kotaku juga ada om budaya yang sama
    wah lestarikan terus budaya Indonesia
    minal aidin wal faidzin oom atta dan keluarga :D

    BalasHapus
  6. acara yang sangat membuat hati saya tergugah..
    ternyata dari hal terkecil seperti lampu colok ini bisa membuat sesuatu yang sangat menarik untuk di lihat..
    wowwwww hebat !!!
    seru bgt pastinya acaranya,,

    BalasHapus
  7. lampu colok? wah, kalo di tempat saya lampu yang dari bambu dan diberi sumbu namanya oncor. tapi kalo dibikin bagus seperti di foto di tempat saya nggak ada.

    BalasHapus
  8. wah unik juga ya,keren jadinya lampu coloknya :D

    BalasHapus
  9. ini festival tahunan yang rutin ya bang. tahun kemarin juga ada postingan ini.

    Minal aidzin wal faidzin bang. baru dari liburan panjang.

    BalasHapus
  10. Kalau di tempatku, keberadaan lampu colok ini sudah mulai pudar dan digantikan dgn gemerlap cahaya kembang api dan mercon disana-sini. Sedih juga sih dgn kelangkaan tsb

    BalasHapus
  11. wah pasti meriah sekali apa lagi ada kembang api , selamat pagi Pekanbaru

    BalasHapus
  12. Festival lampu colok mudah2an secepatnya masuk ke agenda Nasional#seru banget acarnya ni, bertungkus lumus aku buat masuk ke area Festival Lampu Colok Pekanbaru 2011, harus bersitegang dengan PakPol dlu. Informasi tambahan, minyak tanah yang digunakan untuk festival ini sebanyak 5000 liter dan harganya harga subsidi.

    BalasHapus
  13. klo di pekanbaru lampu colok,, tapi klo di sunda tepatnya prov jabar itu namanya damar loh,,,

    BalasHapus
  14. Wah.. keren banget Bang. Apalagi pas malam dan lampu2 padam, keliatan banget indahnya #kagum

    Tahun lalu Bang Atta juga posting tentang lampu colok ini ya?

    Bang, aku ada pertanyaan soal 'favicon' atau 'co.cc' nih. Postingannya ada di blogku. Tolong dijawab ya..? Thanks before :)

    BalasHapus
  15. Wow... subhanallah.... menarik sekali liputannya... dari foto, detail, sampai prosesnya.... aku suka sekali kombinasi dan tema liputan lampunya... liputan menarik,,,, dan kemenangan benar2 terasa disini....

    Bang atta... aku mau ucapkan moohon maaf lahir dan batin yah.... aku minta maaf sebesar2nya... selamat ber hari raya juga di kemenangan ini ^^

    BalasHapus
  16. Masih ingat sewaktu kecil di Taluk Kuantan di kampung ibuk,listrik beluma ada, dan kami ke surau menggunakan obor (kuni dikenal dg colok), dan anak2 muda berlatih silat di pinggir kuantan juga dengan penerangan obor. Tradisi itu sekarang tidak ada lagi,semenjak kampung ibuk sudah dialiri listrik.

    BalasHapus
  17. Wah keren-keren bang fotonya, Saya udah pernah nih liat liputannya di tv B)

    BalasHapus
  18. indah sekali cahaya dari lampu coloknya, kembang apinya juga ndak kalah indahnya,
    mantaps pals, lestarikan terus budaya nenek moyang kita...

    BalasHapus
  19. Indah dan semarak nian acaranya, semoga saja kegiatan itu tetap lestari walaupun minyak tanah sekarang sudah mahal dan langka.

    Salam.. .

    BalasHapus
  20. luar biasa... festival yg kayak gini nih yang sangat menarik untuk disimak dan tentu dilestarikan

    BalasHapus
  21. koq lebih mirip lampu obor yaaa...kayak di daerah mana gitu ada malem 27 an ramadan nyalain lampu smp pagi juga beda istilahnya sj

    BalasHapus
  22. Wow ramenya
    nanti ya om,,,aku kesana pengin lihat festival lampu colok.

    Kira-kira aku kecolok ga ya?
    :D

    BalasHapus
  23. cuman satu kata : KEREN BANGET ASLI!!!! *eh tiga kata ding :p*

    BalasHapus
  24. seru sekali kelihatannya...walaupun gak ikut liat langsung , liat fotonya aza sudah seperti merasakan...

    BalasHapus
  25. wah, mantap sob, pemandangan yang sangat indah..

    BalasHapus
  26. Tahun depan karena minyak tanah udah susah, lampu colok nya sudah pakai gas

    BalasHapus
  27. cakep pemandangannya... jadi pengen main ke pekanbaru.. hehe... :D

    BalasHapus
  28. ga kebayang kalo ga ada minyak tanah

    BalasHapus
  29. Dear Bang Atta,...

    Gw sebagai salah satu anak melyu juga agak binun sebetulnya dengan istilah lamu colok..... tapi emenga setiap daeraha ada nama masing2 kaleee yach.... kalo melayu pontianak, sanggau dan di seputaran kalbar kita mengenalnya dengan istilah Keriang Bandong..... biasanya kebiasaan ini dimulai sejak hari ke 21 puasa atau selikur..... di malaysia mereka juga menggnakan lampu seperti ini.... but unfortunately... gw gak tahu istilahnya..... banyak juga yang udah menggantinya dengan hanya menggunakan lampu warna waarni aja.... karena kalo pake minyak tanah ato kerosene.... ribet, bau dan berbahaya alias mudah terjadi bencana.... maaaaf kalo komen kepenjangann.... harap jangan di edit bang......

    regards,
    ... Ayah Zahia ...

    BalasHapus
  30. Zahia Family
    ga aku edit kok hihihihi
    iya lampu colok itu beda2 nama pada setiap daerah.
    naaah kalo pake lampu listrik warna2 tuuuh udah ga ada nuansa tradisionalnya. lagian kurang rasa gotong royong (dalam membuatnya), karena ntar yg buat diupahin ke tukang listrik.

    semoga tradisi ini tetap lestari dan memelihara sikap gotong royong

    BalasHapus

Copyright © 2013 attayaya: Lampu Colok Pekanbaru 2011 | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah