22 Juni 2011

Perbandingan Bahan Bakar Bensin dan Solar

Pada postingan Bahan Bakar Ramah Lingkungan, ada beberapa teman yang agak heran akan masuknya Bahan Bakar Solar sebagai Bahan Bakar Ramah Lingkungan. Terutama pada paragraf :

Solar
Walaupun mesin diesel lebih banyak menghasilkan polutan seperti nitrogen oxides (NOx) dan partikel-partikel kasar lainnya, tetapi Mesin Diesel yang berbahan bakar solar (diesel) lebih sedikit menghasilkan karbon dioksida daripada mesin berbahan bakar bensin (petrol/gasoline). Beberapa mobil keluaran terbaru yang menggunakan mesin diesel telah terpasang penyaring DPF (diesel particulate filter) yang berguna untuk menyaring partikel kasar yang keluar dari hasil pembakaran mesin, dan juga telah menghasilkan karbon dioksida lebih sedikit dari jenis mesin diesel yang lama.

Dalam hal ini tentunya Solar lebih tidak ramah lingkungan dibandingkan dengan bahan bakar Fuel Cells. Semua ahan bakar memiliki tingkat Ramah Lingkungan yang berbeda. Dapat diterangkan perbandingan antara bahan bakar bensin vs bahan bakar diesel/solar seperti tabel di bawah ini. Yang perlu diperhatikan adalah tabel bagian bawah.

Perbandingan Mesin dengan Bahan Bakar
Bensin dan Solar
(dalam kondisi mesin normal)


MESIN BENSINMESIN SOLAR
Getaran (Kenyamanan pengendara & penumpang) :
Kurang berbau dan bunyi halus. Mesin bensin lebih halus dibandingkan mesin diesel. Hal ini disebabkan karena mesin diesel menggunakan mekanisme kompresi tinggi dalam proses pembakarannya (lebih tinggi dibandingkan mesin bensin).


Bau asap dan berisik. Namun secara konstan teknologi mesin diesel semakin canggih dan sanggup membuat mesin diesel modern jauh lebih halus dibandingkan mesin diesel konvensional. Pabrikan mobil mewah seperti BMW sekalipun sudah mengembangkan line-up bermesin diesel.
Performa :
Mesin bensin memiliki Horse Power (Daya Kuda) lebih besar dibandingkan mesin Diesel. Akibatnya pengendara mobil bermesin bensin akan merasakan kelincahan mobilnya.

Mesin Diesel memiliki torsi yang lebih besar terutama pada putaran bawah. Pengendara mobil Diesel akan merasakan manfaatnya ketika harus membawa beban berat atau menempuh medan yang ekstrim.
Durability/Ketahanan/keawetan :
Mesin bensin tidak dikenal sebagai mesin yang bandel dan awet serta tidak bisa bekerja dalam waktu yang lama.

Mesin diesel memang terkenal bandel. Bila dirawat dengan benar mesin diesel bisa bekerja lebih lama daripada mesin bensin. Ini juga menjadi salah satu faktor penentu mengapa mesin-mesin industri rata-rata menggunakan teknologi diesel.
Efisiensi :
Tidak seefisien mesin diesel berbahan bakar solar.

Mobil bermesin Diesel dapat dikatakan lebih efisien dari mobil bermesin bensin dengan kapasitas yang sama. Belum lagi bila dihitung perbedaan harga perliter antara bensin (pertamax) dengan solar. Langkah Toyota Indonesia mengeluarkan Kijang Innova versi Diesel, walaupun sedikit lebih mahal) menjadi indikasi strong point teknologi mesin Diesel yang tidak dimiliki mesin Bensin. Beberapa perusahaan mobil lainnya pun juga telah duluan mengeluarkan berbagai versi diesel. BMW mengeluarkan versi diesel pada sedan BMW 520d dan SUV BMW X1. Audi mengeluarkan Audi A3 TDI yang juga dapat menggunakan bahan bakar Biodiesel kelas B5.
Keunggulan mesin bensin :

• Mesin bensin mempunyai akselerasi yang lebih cepat dan responsif.
• Memberikan tenaga yang lebih kuat dan responsif serta lebih halus suaranya dibandingkan dengan mesin bensin.
• Polusi lebih rendah.
• Lebih gampang dimengerti spesifikasi teknisnya dibandingkan mesin diesel dalam arti apabila terjadi kerusakan dapat dengan mudah dideteksi.
Keunggulan menggunakan mesin diesel :
• Keunggulan utamanya adalah jelas lebih irit secara ekonomis. Anda akan mempunyai daya jelajah lebih jauh untuk setiap liternya dan yang jelas harga perliternya lebih murah.
• Bahan bakar diesel tersedia dimana-mana terutama diluar kota dan pertimbangan yang lebih penting adalah bahan bakar diesel kurang berbahaya dibandingkan dengan bensin karena tidak mudah terbakar.
• Secara umum mesin diesel memberikan torsi rendah yang cukup kuat yang kadang-kadang perlu ada keadaan tertentu pada medan off-road. Superioritas torsi menjadi penting ketika kita akan menarik kendaraan yang rusak atau misalnya menarik kendaraan yang terjebak di medan off-road.
• Tidak perlu takut saat melintas sungai atau banjir karena tidak ada komponen elektrikal seperti distributor atau kabel busi pada kendaraan diesel.
Ramah Lingkungan :
Menghasilkan lebih banyak Karbon dioksida
Polusi rendah

Sangat sedikit menghasilkan Karbon Dioksida dan Karbon Monoksida
Polusi tinggi, tetapi mesin diesel jaman sekarang yang telah menggunakan catalytic converter (CC) ataupun Diesel Particulate Filter (DPF) akan menghasilkan polusi lebih rendah lagi.

SEMUA INI MERUPAKAN SALAH SATU LANGKAH UNTUK MENGURANGI JUMLAH KARBON DIOKSIDA SEBAGAI SALAH SATU PENYEBAB DAMPAK PEMANASAN GLOBAL (GLOBAL WARMING).

Sumber :
http://www.modifikasi.com/showthread.php?168034-MESIN-DIESEL-VS-MESIN-BENSIN
http://www.kaskus.us/showthread.php?p=422737985
http://www.mobiljip.com/tips/TipsnTrik/2011/05/232722763223/Bensin-vs-Diesel
http://en.wikipedia.org/wiki/Diesel_exhaust
http://en.wikipedia.org/wiki/Diesel_fuel
http://en.wikipedia.org/wiki/Gasoline
http://en.wikipedia.org/wiki/Diesel_engine
http://en.wikipedia.org/wiki/Petrol_engine

Copyright © 2013 attayaya: Perbandingan Bahan Bakar Bensin dan Solar | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah