14 Juni 2011

Paru-Paru Dunia




Hutan adalah sebuah kawasan yang ditumbuhi dengan lebat oleh pepohonan dan tumbuhan lainnya. Kawasan-kawasan semacam ini terdapat di wilayah-wilayah yang luas di dunia dan berfungsi sebagai penampung karbon dioksida (carbon dioxide sink), habitat hewan, modulator arus hidrologika, serta pelestari tanah, dan merupakan salah satu aspek biosfer Bumi yang paling penting.

Sebagai fungsi ekosistem hutan sangat berperan dalam berbagai hal seperti penyedia sumber air, penghasil oksigen, tempat hidup berjuta flora dan fauna, dan peran penyeimbang lingkungan, serta mencegah timbulnya pemanasan global. Sebagai fungsi penyedia air bagi kehidupan hutan merupakan salah satu kawasan yang sangat penting, hal ini dikarenakan hutan adalah tempat bertumbuhnya berjuta tanaman.

Tapi fungsi hutan seperti tersebut di atas yang diistilahkan sebagai paru-paru dunia (earth lung) sudah sangat jauh berkurang. Hutan hancur akibat kebakaran hutan, deforestasi hutan untuk perluasan lahan perkebunan, pertambangan maupun pemukiman. Demikian juga illegal loging dan perambahan hutan secara semena-mena.

Sekarang kita bersiap-siap untuk membeli tabung oksigen untuk bernapas.


27 komentar:

  1. wah ... tak bisa dibayangin nih bang Atta kalau seandainya seluruh hutan yg ad pd hancur smuany, bisa2 stok tabung oksigen tidak mencukupi utk digunakan .....

    BalasHapus
  2. semaking tua semakin berbahaya keseimbangan dunia ini, penghasil CO2 semakin banyak tapi penghasil O2 semakin berkurang

    BalasHapus
  3. Glek..!!! mengerikan yah#:-s
    lebih mengerikan dr paru2 manusia, skarang beli tabung gas aja dah susah krn mahalnya.. gmn dengan tabung oksigen. fyuh!

    BalasHapus
  4. Jadi terbayang paru-paru kita seperti hutan yang semakin lama semakin tidak ada tumbuhan2 hijau, apa jadinya....

    BalasHapus
  5. Ngeri juga ya dengernya,,, mpe beli tabung oksigen untuk bernafas....

    BalasHapus
  6. kita sbagai generasi muda haru menjaga kelestarian hutan....

    BalasHapus
  7. saat ini mau bernafas saja susah ya, harus keluar uang

    BalasHapus
  8. dan dampaknya pada global warming sudah terasa sekarang

    BalasHapus
  9. Tabung oksigen nantinya sebagai barang yang mahal.

    BalasHapus
  10. waduh..., segitunya ya.. :(
    kalau Bang Atta beli tabung oksigen, aku pesen sekalian dibeliin ya..?

    BalasHapus
  11. Semoga masyarakat dunia segera menyadari pentingnya hutan ya Bang. Sebelum semakin terlambat... ih ngeriii...

    BalasHapus
  12. Sekarang aja sudah berasa pada iklim yang gag menentu dan hawa yang semakin panas.
    Entah gimana nanti.

    Salam.. .

    BalasHapus
  13. mari kita selamatkan planet kita tercinta ini...
    karna jika planet kita sehat, hidup kita pun ikut sehat..

    bukankah kita ini menumpang? sebagai penumpang yg baik tentunya tidak berlaku semena2 terhadap bumi kita tercinta ini, termasuk hutan2 miliknya.

    BalasHapus
  14. Kalau pemerintah kita terus menerus memberikan izin pengelolaan, termasuk hutan lindung, dan membiarkan terjadinya illegal logging maka bisa jadi suatu saat kita harus memakai tabung oksigen.

    BalasHapus
  15. jika paru-paru manusia kotor maka manusia akan sakit | jika paru-paru kotor maka apa yang akan terjadi...?

    semangat bersama kita om attaya untuk go green hihihiihihi

    BalasHapus
  16. ayo diperajin nanam tumbuhan dimana saja :D, dan mengurangi sampah &mengurangi membakar sampah :D

    BalasHapus
  17. kalau paru-paru manusia rusak bisa mati, kalau paru-paru dunia rusak, bumi jadi hancur ihh ngeri Bang tapi banyak yang nggak sadar ya

    BalasHapus
  18. mari kita lestarikan hutan, krena hutan sebgai paru-paru dunia jgn sampai hancur.
    soal'y hutan jg sangat berperan penting dlm kehidupan.

    BalasHapus
  19. nice post bro ...

    suka yg alami nih ...
    boleh untuk sekedar sharing tentang manfaat alam :)

    sangat dewasa dan bijak segala pemberian Tuhan dan makhluk2 ciptaanNya ya ...
    salam sukses :D

    BalasHapus
  20. kalau paru2 dunia rusak, paru2 manusia jg ikutan rusak... someday,kalau utk bernafas saja hrs beli oksigen... bgmna dgn rakyat kecil yg utk beli beras saja susah ??? nggak kebayang deh, serem bgt... semoga tdk sampai terjadi... Ngomong2,met pagi Mas Atta :D

    BalasHapus
  21. Ya ampyyyuuunn... Jangan sampai beli tabung oksigen lah, Bang. Semoga smua orang pada sadar bahwa hutan itu sangat penting...hiks..

    BalasHapus
  22. galoan apa literan ya? ada peluang bisnis baru nih

    BalasHapus
  23. ga kebayang bgt klo itu terjadi, pasti kiamat semakin dekat yaa..
    tapi semuanya kembali pada kesadaran diri sendiri untuk merawat dan menjaga hutan..
    ayooo semangat !!

    BalasHapus

Copyright © 2013 attayaya: Paru-Paru Dunia | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah