Moms, Ini Dia Beberapa Obat Flu Alami Yang Mudah Ditemui

Penyakit flu, kadang membuat rutinitas sehari-hari terganggu akibat bersin yang menyebabkan kondisi lingkungan kerja maupun sekolah menjadi tidak kondusif. Jika terus menerus dibiarkan, maka hal ini tidak baik untuk kesehatan maupun orang sekitar. 

Apalagi jika yang diserang flu adalah anak-anak, duh kasihan. Tidurnya jadi ngga nyenyak mau nafas juga susah dan pastinya bikin kita sedih. Flu terjadi akibat adanya virus yang menyerang dan saat kondisi tubuh ngga fit virus ini akan langsung nempel dan bikin hidung meler.
 
Tapi tak pelu khawatir moms jika ayah maupun anak sedang mengalami flu akibat anomali cuaca ini. Ternyata di dekat lingkungan Anda, terdapat berbagai macam obat tradisional atau alami yang ampuh untuk meredakan penyakit flu. Berikut ini kami akan berikan beberapa rekomendasi untuk Anda obat flu alami yang bisa digunakan.

1. Jahe Hangat
 

Tak perlu khawatir jika suami atau anak sedang terkena flu ya moms. Tak perlu repot-repot pula untuk membeli obat flu yang tersedia di warung atau apotek (toko obat) terdekat. Karena masyarakat sejak jaman dulu telah mempergunakan jahe sebagai obat pereda flu. 

Selain untuk penyakit flu, ternyata jahe juga dapat meredakan penyakit lain lho, seperti mual dan perut kembung. Cara penyajiannya pun mudah. Cukup bersihkan jahe dengan air, lalu pisahkan kulitnya agar tidak ikut terminum. Kemudian siapkan air panas yang telah ditambahi dengan gula sebagai perasa. Geprek jahe yang telah disiapkan. Dan terakhir celupkan hasil geprekan jahe ke dalam gelas. Minum jahe hingga merasa badan hangat.


2. Bawang Putih
 
obat flu

Tak banyak yang tahu jika ternyata bawang putih dapat meredakan flu yang melanda tubuh loh moms. Salah satu bumbu yang digunakan sebagai penyedap rasa ini ternyata memiliki kandungan yang dapat menambah sistem imun dalam tubuh meningkat. 

Bertambahnya zat imun dalam tubuh mampu membuat virus yang menyebabkan flu menjadi mati. Jika Anda ingin memasak untuk suami atau anak yang sedang terkena flu, tambahkan saja bawang putih sebagai pelengkap masakan Anda. Niscaya flu akan segera reda dan dapat sehat kembali.

3. Minyak Kayu Putih
Obat alami untuk meredakan penyakit flu lainnya adalah minyak kayu putih. banyak masyarakat yang beranggapan jika penggunaan minyak kayu putih ini untuk penyakit mual serta masuk angin saja. Ternyata obat tradisional yang satu ini juga dapat meredakan penyakit flu loh moms. Penggunaannya pun mudah. 

Cukup oleskan minyak kayu putih di sekitar hidung yang tersumbat akibat flu. Lalu hidung akan terasa lebih hangat dari biasanya. Itu berarti minyak kayu putih bekerja membuat pernapasan Anda lancar. Untuk metode lain cukup hirup saja aroma dari minyak kayu putih agar flu dapat cepat reda. Mudah sekali kan, moms?

5. Air Panas
Jika ingin memakai cara lain untuk mengatasi flu, sebaiknya terapi menggunakan air panas dapat menjadi solusi Anda selanjutnya. Cara ini sangat mudah untuk dipraktekkan di rumah loh moms. Fungsi dari penggunaan air panas untuk mengencerkan cairan dari virus pembawa penyakit flu. Jadi cukup siapkan wadah yang berisikan air panas yang tidak memiliki ventilasi udara. Lalu tambahkan pula sedikit tetesan dari minyak kayu putih agar efek yang diberikan lebih terasa. Kemudian hirup udara dari baskom tersebut. Uap yang dihasilkan akan dapat mengencerkan cairan dalam hidung yang menyebabkan flu.

Nah itu dia moms beberapa rekomendasi obat alami untuk mengatasi atau meredakan flu. Jika sakit flu Anda masih belum terobati, sebaiknya perisakan ke dokter agar lebih jelas. Selamat mencoba, moms!