Ini Dia 4 Jenis Kacang yang Baik Untuk Kesehatan, Eh Semua Ada di Indonesia Loh

Attayaya.net - Kacang adalah salah satu makanan yang baik untuk kesehatan. Ada banyak jenis kacang yang ada di dunia dan sebagaian besar ditanam di negara kita. Sebut saja kacang tanah, kacang hijau, kacang merah, kacang hitam, kacang kedelai dan masih banyak lagi.

Beberapa jenis kacang ini ada yang bisa dimakan sebagai cemilan dan ada juga yang diolah menjadi makanan tambahan. Kesemuanya itu memiliki kandungan yang hampir sama. Beberapa manfaat dari mengkonsumsi kacang adalah:

  • Menstabilkan kolesterol dalam tubuh
  • Mengurangi gula darah
  • Kaya serat
  • Mencegah kanker
  • Membantu mengurangi stress
  • Mencegah batu empedu dan lain-lain

Setelah mengetahui manfaat kacang akankah kalian mau makan kacang setidaknya kacang tanah. Eh, sebelum itu Saya ingin bertanya. Kenapa orang beranggapan kalau makan kacang nanti jerawatan. Bener ngga sih? 

Untuk leboh jelasnya yuk kita cari tau sama-sama 4 jenis kacang yang baik untuk kesehatan.

Kacang merah


Bagi pecinta rendang tentu kenal dengan kacang merah. Yup, kacang ini sering ada dalam olahan rendang. Katanya sih bikin rasa rendang makin enak. Selain dalam rendang kacang tanah juga ada dalam berbagai olahan makanan. Dan.. dalam es campur medan juga ada loh. Kalian wajib coba es campur yang ada kacang merah di dalamnya.

Kacang ini selain enak juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Katakan saja kalori, protein nabati, serat, folat dan zat besi dalam kacang merah tidak bisa dianggap remeh. 

Untuk kalian yang ingin mengurangi gula darah cobalah mencampurkan kacang merah dalam nasi. Dalam sebuah studi terbukti bahwa orang yang mengkonsumsi kacang merah sebagai pengganti nasi dapat menurunkan gula darahnya sampai pada tahan stabil.

Kacang polong


Kacang ini memiliki warna hijau cerah yang sudah bisa kita terka bahwa kandungan serat dan klorofilnya banyak. Kacang polong kini sudah diolah dalam berbagai bentuk jadi mulai masih dalam kulitnya, biji sampai tepung kacang polong. 

Sumber protein nabati dan serat yang baik dalam kacang polong inilah yang membuat orang banyak mengolahnya menjadi suplemen makanan. 

Untuk kalian yang ingin menurunkan berat badan cobalah mengkonsumsi tepung kacang polong. Dalam sebuah penelitian didapati orang yang mengganti tepung terigu ke kacang polong dan mengkonsumsinya dalam berbagai jenis makanan terutama roti mengalami penurunan berat badan. Butuh sekitar lebih kurang 28 hari untuk melihat hasilnya.

Kacang Kedelai


Kita tentu tidak asing lagi dengan kacang satu ini ya. Kacang kedelai memang sangat familiar dan bisa diolah macam-macam. Tempe termasuk olahan kedelai yang banyak diminati. Meskipun orang bilang makanan rakyat nyatanya tempe banyak digemari. 

Selain itu susu kedelai juga salah satu olahan kedelai yang enak banget. Banyak kandungan gizi dalam seratus gram kedelai yaitu: kalori, protein, zat besi, serat, mangan, posfor, vitamin K, vitamin B2 dan folat yang tinggi baik untuk kesehatan.

Kacang Tanah


Seperti yang Saya tanyakan diawal artikel ini. Kenapa orang takut makan kacang khususnya kacang tanah. Alasannya makan kacang bisa jerawatan padahal nyatanya tidak begitu. Kalian bisa cari di berbagai sumber penyebab jerawat tidak pernah ada ditulis bahwa salah satu penyebab jerawat adalah makan kacang. Yang ada adalah debu, kotoran dan minyak berlebih di wajahlah yang bisa menyebabkan jerawat. So jangan takut makan kacang tanah ya.

Biar ngga ketakutan ini loh ada info seru yaitu kacang tanah bisa menurunkan lemak jahat menyebab obesitas. Karena kacang tanah memiliki serat yang tinggi dan lemak baik sehingga bisa melawan lemak jahat. Hayoo masih takut makan kacang tanah?