Rekomendasi Tempat Wisata di Indonesia Timur yang Menarik untuk Dikunjungi

Attayaya.net - Sudah dikenal di seluruh dunia bahwa Indonesia memiliki ragam budaya dan kekayaan alam yang menarik wisatawan. Banyak hotel yang tersedia bahkan bisa dengan mudah melakukan booking hotel dan lokasi wisata yang menjadi destinasi wisata para pelancong dari berbagai negara.

Akan tetapi bagi masyarakat Indonesia sendiri justru kurang menyadari potensi tersebut sehingga lebih kerap menghabiskan masa liburannya hanya di tempat wisata dekat rumah atau justru bepergian ke luar negeri.

Jika berwisata ke luar pulau pun, kebanyakan hanya mengunjungi lokasi yang sudah terkenal saja seperti Pulau Bali. Padahal di pulau lainnya, ada banyak keindahan alam dan kekayaan budaya yang tak kalah menariknya sehingga sayang untuk dilewatkan.

Bagi Anda yang belum mengetahui lokasi wisata lain di Indonesia, berikut ini adalah beberapa tempat wisata di IndonesiaTimur yang bisa Anda jadikan rekomendasi wisata berikutnya:

1.    Pulau Maluku.


Maluku merupakan sebuah kepulauan yang memiliki koleksi pulau yang eksotis dengan pantai indah. Salah satu kepulauan yang berada di Maluku adalah kepulauan Banda. Kepulauan Banda menjadi tujuan wisata internasional terutama bagi mereka yang ingin melihat kekayaan alami bawah laut Indonesia. Scuba diving menjadi pilihan wisata favorit di kepulauan Banda ini sehingga jangan heran jika anak-anak kecil di Pulau Maluku sudah pandai menyelam.

2.    Teluk Cendrawasih Papua.


Selain Maluku, Indonesia Timur juga memiliki pulau lain yaitu Papua. Meski berada di ujung timur Indonesia, namun Papua saat ini sudah dibangun sedemikian pesatnya sehingga menjadi destinasi wisata yang menarik untuk wisatawan. Salah satu tujuan wisata di Papua adalah teluk Cendrawasih yang merupakan taman laut terluas di dunia.

Selain dipilih oleh para penyuka scuba diving, teluk Cendrawasih juga digunakan sebagai tempat untuk meneliti biota laut. Hiu paus merupakan salah satu biota yang berada di teluk cendrawasih untuk melakukan migrasi. Jika Anda kesana di waktu yang tepat, Anda akan bisa berenang bersama Hiu paus yang besar dan tidak agresif.

3.    Raja Ampat.


Selain terkenal dengan teluk Cendrawasihnya, tempat wisata di Indonesia timur atau Papua masih memiliki tempat wisata lainnya yaitu Raja Ampat.  Mendapat pengakuan sebagai lokasi scuba diving terbaik di dunia, Raja Ampat memiliki koleksi gugusan karang yang unik serta indah. Saat ini dengan kontribusi dari pemerintah pusat, Raja Ampat telah menjadi tujuan wisata bertaraf internasional.

4.    Pulau Kei.


Terdapat di kepulauan Maluku, Pulau Kei juga menjadi destinasi wisata terbaik di Indonesia Timur. Pulau Kei memiliki pemandangan laut dan pantai dari pasir putih yang bersih dan indah. Selain sebagai wisata bahari dan menyelam, Pulau Kei juga memiliki koleksi wisata sejarah seperti gua luvat. Di dalam gua luvat terdapat lukisan jaman purba yang dibuang di gua tersebut. Jangan bayangkan lukisan purba seperti lukisan jaman sekarang, jika penasaran seperti apa lukisan jaman dahulu, Anda wajib mengunjungi Pulau Kei ini.

Itulah beberapa tempat wisata di Indonesia bagian timur yang bisa Anda jadikan referensi ketika akan berwisata bersama teman atau keluarga. Indonesiamemiliki kekayaan alam dan budaya yang tak dimiliki oleh negara lainnya sehingga sayang jika sebagai warga negara sendiri tak menikmati dan mengenalnya.

Untuk kenyamanan berwisata, sebaiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu mengenai lokasi yang akan dikunjungi sehingga bisa dilakukan persiapan seperti booking kamar hotel, pakaian dan perbekalan yang perlu dibawa dan informasi lain terkait aturan yang dimiliki di daerah tersebut. Dan siapkan referensi berlibur Anda di  travel blog  sebelum berpergian.