11 Oktober 2016

Beberapa Persiapan Penting Untuk Acara Tunangan

Saat ini, mungkin banyak diantara kamu yang masih berpacaran. Dan akhir dari hubungan tersebut sudah pasti yang kamu inginkan adalah sebuah pernikahan. Akan tetapi, sebelum pernikahan dilangsungkan biasanya ada beberapa tahap yang akan kamu lalui. Misalnya acara lamaran, hantaran, atau mungkin ada diantara kamu yang lebih memilih mengikat hubungan dengan sebuah pertunangan. Ngomong-ngomong soal pertunangan, ada beberapa persiapan yang sebaiknya kamu ingat diantaranya adalah: 

Mempersiapkan cincin tunangan 

Ada beberapa tips memilih cincin tunangan yang akan menjadi penanda bahwa kamu sudah memiliki ikatan dengan kekasihmu. Diantara beberapa tips paling penting untuk memilih cincin adalah memilih bahan pembuatan cincin tersebut. Ada banyak pilihan bahan logam mulia yang bisa disesuaikan dengan selera atau keinginan mulai dari emas murni, emas putih, perak dan ada juga yang menggunakan logam seperti platinum. Namun biasanya, laki-laki muslim tidak menggunakan emas sebagai perhiasan. Dan yang akan menggunakan emas biasanya adalah pasangan perempuan. 

Sebaliknya, laki-laki cenderung lebih memilih menggunakan perak atau logam platinum. Karena proses pertunangan biasanya tidak berlangsung lama.  Memilih platinum yang harganya mahal walaupun memang memiliki daya tahan yang lebih baik dibandingkan dengan beberapa pilihan lain. Hal ini dirasa kurang tepat mengingat cincin pertunangan tidak akan dipakai dalam waktu yang lama. 

Selain membuat sendiri dengan memesan di tempat-tempat pembuatan cincin. Kamu juga bisa membeli cincin tunangan yang sudah jadi di toko konvensional maupun di toko online. Jika ingin mendapatkan pilihan yang lebih banyak, sebaiknya cari saja beberapa toko online yang jual cincin tunangan

Sebelum memutuskan membeli cincin di toko yang jual cincin tunangan pilihanmu, ada baiknya kamu memastikan ukuran cincin yang paling pas di jarimu dan di jari pasanganmu. Caranya adalah dengan membeli cincin-cincin murah terlebih dahulu untuk mendapatkan ukuran yang paling pas dan nyaman.  

Dokumentasi 

Bagian penting dari sebuah acara adalah dokumentasi. Jika kamu ingin mendapatkan gambar-gambar yang diabadikan secara profesional dengan kualitas yang baik, kamu bisa menyewa fotografer pro. Entah itu fotografer kenalanmu atau fotografer profesional yang ada di dekat tempat kamu tinggal. Memilih tanggal atau hari tidak hanya bergantung pada pemilihan hari baik atau yang dianggap sebagai hari keberuntungan. Namun yang lebih penting adalah, hari tersebut sebisa mungkin harus hari yang bisa dihadiri oleh sebagian besar undangan. Karena kamu pasti ingin semua orang yang kamu undang bisa hadir dalam acara tersebut bukan?  

Memilih tempat 

Acara pertunangan biasanya hanya dihadiri oleh anggota keluarga terdekat, maka acaranya pun bisa dilangsungkan di tempat yang sederhana misalnya di rumah. Namun, menyewa tempat-tempat tertentu yang memang bisa khusus digunakan untuk menggelar acara seperti ini maka hal tersebut akan jauh lebih baik mengingat akan banyak keuntungan yang akan kamu dapatkan. Diantara keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika menyewa tempat-tempat tertentu yang memang dikhususkan untuk menggelar acara diantaranya adalah:
  1. Kamu tidak akan direpotkan dengan dekorasi
  2. Pemilik tempat biasanya sudah menyiapkan berbagai perlengkapan yang dibutuhkan untuk acara. Biasanya pihak penyelenggara juga memiliki fasilitas jamuan makan 
  3. Dan lain-lain
Beberapa keuntungan tersebut akan meringankan bebanmu untuk persiapan tunangan. Akan tetapi, kamu pasti akan membutuhkan uang (biaya sewa) yang lebih besar dibandingkan dengan menggelar acara dirumah sendiri.  

Memilih pakaian yang tepat 

Bagi laki-laki, pakaian yang dikenakan juga sangat penting untuk diperhatikan. Walaupun kesannya lebih sederhana dibandingkan dengan perempuan, namun hal tersebut tidak boleh luput dari perhatianmu. Salah satu yang bisa kamu gunakan (laki-laki) untuk acara pertunangan adalah dengan jas (safari). 

Kamu bisa mempersiapkannya dengan membuat terlebih dahulu atau membeli. Atau kamu juga bisa menyewa jika biaya untuk membuat atau membeli tas baru terlalu mahal. Sebaliknya untuk pihak perempuan, memilih gaun atau pakaian seperti kebaya modern untuk pertunangan bisa disesuaikan dengan tema pertunangan yang kamu gelar. Sebaiknya diskusikan dengan calon tunanganmu untuk mendapatkan pemilihan warna dan jenis gaun yang paling tepat. 

Itulah beberapa persiapan yang harus kamu ingat jika ingin melangsungkan sebuah pertunangan. Beberapa tips diatas dapat menjadi pertimbangan untuk acara pertunanganmu yang spesial. Walaupun masih ada beberapa kelemahannya,  kamu bisa menambahkan dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya. Hal yang harus diingat tentunya bisa menyesuaikan dengan tema, jenis, dan besarnya acara yang kamu gelar.

Untuk mencari informasi seputar cincin atau perlengkapan acara pertunangan kamu, gampang kok. Cek aja di Mataharimall.com banyak pilihan cincin, baju, sepatu sampai make up yang sesuai untuk acara spesial kamu. So, jangan ragu untuk mengunjungi situsnya ya... Mataharimall.com!

Copyright © 2013 attayaya: Beberapa Persiapan Penting Untuk Acara Tunangan | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah