15 July 2011

Jadwal Pemeriksaan USG pada kehamilan

Sering ibu-ibu hamil bertanya, "kapan USG dapat dilakukan?". Atau kadang "Kapan sih jadwal pemeriksaan USG pada kehamilanku?". Atau ada juga bertanya "Bagusnya pada usia kehamilan berapa kita melakukan USG?". Pertanyaan-pertanyaan ini terlontar dari ibu-ibu yang umumnya baru pertama kali hamil atau dalam masa kehamilan muda yang masih merasakan mual muntah saat hamil untuk mendapat kejelasan dan kepastian tindakan pemeriksaan USG terhadap kehamilannya.

Jadwal penggunaan USG untuk memeriksa kehamilan
Pada dasarnya penggunaan USG untuk memeriksa kehamilan dapat dilakukan kapan saja, karena USG tidak berbahaya bagi kehamilan. Yang menjadi pertimbangan adalah dana yang tersedia untuk melakukan pemeriksaan kehamilan dengan menggunakan USG tersebut.

Menurut dokter yang menangani kehamilan mba Wina, pemeriksaan dengan menggunakan USG dapat dilakukan pertama kali pada minggu ke 7 (1 bl, 3 mg) untuk melihat kondisi awal kehamilan berupa kepastian kehamilan, menilai detak jantung, mengukur panjang janin, mengukur masa kehamilan atau usia kehamilan. Mba wina periksa USG tahap ini pada minggu ke 8 dan ke 12.

USG selanjutnya dapat dilakukan pada minggu ke 18-26 (4 bl 2 mg - 6 bl 2 mg) untuk melihat atau menganalis kelainan congital, posisi plasenta, detak jantung, kelainan bentuk, perkembangan janin. Jenis kelamin telah dapat dilihat dan dianalisa. Mba wina periksa USG tahap ini pada minggu ke 27.

Kemudian pemeriksaan kehamilan dengan menggunakan USG dapat dilakukan pada minggu ke 34 (8 bl 2 mg) untuk mengetahui ukuran fetus (calon bayi), menilai pertumbuhan fetus, pergerakan dan pernapasan, detak jantung, posisi calon bayi dan plasenta serta jumlah air ketuban. Perlu juga melihat posisi mulut rahim dan letak plasenta.

Jadwal pemeriksaan USG terakhir biasanya dilakukan oleh dokter kandungan ketika si ibu datang untuk melakukan proses melahirkan/persalinan.

Semoga ALLAH SWT memberi kelancaran kepada mba Wina dalam menjalani seluruh proses kehamilan sampai persalinan untuk menjadi seorang Ibu.


33 comments:

  1. orangtua awalnya sempat khawatir dengan USG.setelah saya jelaskan itu aman mereka diam.
    kebetulan dari awal dinyatakan hamil saya periksa di rumah sakit sudah include USG jadi tiap kontrol selalu di USG

    ReplyDelete
  2. Amiiinn..semoga dimudahkan Allah dengan kelancaraan persalinannya...

    nais inpo.

    ReplyDelete
  3. Ternyata ada jadwalnya ya bang,,, kemarin sih yang penting awalnya sejak 1 bulan kemudian setiap 2 bulan hingga saat melahirkan... bila dirasa ada yang gak enak juga bisa langsung ke dokter untuk diperiksakan...

    ReplyDelete
  4. Turut mendoakan utk mba Wina, semoga semuanya lancar dari mulai masa kehamilan sampai persalinan (ngomong2 mba Wina siapa ya ? :P)
    Informasi yg sgt berharga utk para calon ibu... nice post ^^
    met siang pekan baru :)

    ReplyDelete
  5. turut berdoa semoga ponakanku lahir dg lancar.

    ReplyDelete
  6. jaman sekarang ada USG segala, orang kampung dulu gak ngerti beginian, sekarang mungkin sudah banyak yang tahu.

    ReplyDelete
  7. Wah Selamat Bang, Bentar lagi dipanggil Ayah.., moga lancar ya persalinannya mb Wina.. Dan mendapat keturunan yang sholikh sholikhah.. AmiinWah Selamat Bang, Bentar lagi dipanggil Ayah.., moga lancar ya persalinannya mb Wina.. Dan mendapat keturunan yang sholikh sholikhah.. Amiin

    ReplyDelete
  8. Amiiiiinnn....
    Semoga bu kuncen dan bayinya dalam keadaan sehat dan lancar saat proses persalinan

    ReplyDelete
  9. semoga tetap sehata kedua2nya bang,, lama gak main kesini,, maafin :D

    ReplyDelete
  10. Wah, info diatas semakin membuatku mengerti tentang pentingnya USG ini. Ternyata pengetahuan telah banyak mengubah segalanya ya

    ReplyDelete
  11. em... ternyata seperti itu yach....
    belum nikah sih aku... hihihihii

    ReplyDelete
  12. belum pernah liat usg bang -masih dibawah umur- xixixixi
    moga diberi kelancaran dan kemudahan proses persalinannya , amiin :)

    ReplyDelete
  13. Saya juga sudah menjelang nih bang tapi belum pernah usg, sementara bongkar postingan abang tentang nama-nama yang baik nih, perkiraan dokter sih pertengahan bulan delapan, semoga Mba Wina Persalinannya Lancar, bayinya lahir sehat dan sempurna menjadi anak yang membahagiakan, soleh Amin Ya Rabbal Alamin

    ReplyDelete
  14. Aminnnn... Semoga Te Wina sehat, dan bayinya juga sehat sebelum, masa dan setelah melahirkan, apa kabar Om, apa Om juga mau anterin aku USG hhihihihi

    ReplyDelete
  15. Amin bang, mogaAmin bang, moga

    ReplyDelete
  16. Alhmadulillah..... makasih postingannya...

    ReplyDelete
  17. Wah! Senoga mba wina dan kandungannya sehat selalu ya :)
    tapi, mba wina itu siapa ya? #engingeng

    ReplyDelete
  18. ikut mendoakan, amin! karna saya juga lum ngerti mslh keluarga apalagi utk urusan kehamilan :D, msh single :D he2

    ReplyDelete
  19. turut mendoakan bang.. semoga ALLAH memberi kelancaran kepada mba Wina menjalani seluruh proses kehamilan sampai persalinan..

    ReplyDelete
  20. apakabar bang? udah lama kaga kemari...
    congrats ya untuk bang wina :)
    semoga sehat & lancar sampai persalinan

    ReplyDelete
  21. thanks for sharing bang....walaupun istri blm hamil tp referensi ini penting suatu saat nanti...

    izin injak ads nya yeee

    ReplyDelete
  22. Informasi yang sangat berharga bagi kita semua terutama bagi para calon ibu maupun calon bapak.
    Semoiga mba Wina diberi lancar dalam melahirkan.

    ReplyDelete
  23. turut mendoakan moga mbak Wina, selalu diberi kesehatan , dan nantinya diberi kemudahan Oleh Alloh dalam proses melahirkan amin..amin ..amin

    ReplyDelete
  24. Blog dan artikelnya bagus juga, komentar juga ya di blog saya www.dedeapit.blogspot.com

    ReplyDelete
  25. Amiiin...
    Semoga lancar, sehat dan selamat buat si kecil dan calon ibu...

    ReplyDelete
  26. USG ga wajib lah, nanti ga suprise dapat cowo atau cewe :p

    ReplyDelete
  27. amien... Semoga ALLAH SWT memberi kelancaran kepada mba Wina dalam menjalani seluruh proses kehamilan sampai persalinan untuk menjadi seorang Ibu..

    ReplyDelete
  28. USG itu perlu juga ya ternyata, jaman dulu mah cuma ada dukun branak doang.. boro-boro USG hehe

    ReplyDelete
  29. Amin. Semoga ALLAH SWT memberi kelancaran kepada mba Wina dalam menjalani seluruh proses kehamilan sampai persalinan untuk menjadi seorang Ibu.. Mba Wina, siapa ya om..he...he.......

    ReplyDelete
  30. Wah,mba Wina istrinya mas Atta ya ? maaf aku br tahu hehehe... Slmt ya,semoga sang buah hati menjadi anak yg sholeh/shalehah dan semoga proses kehamilan dan persalinan berjalan lancar :)
    met mlm pekan baru ....

    ReplyDelete

Copyright © 2013 attayaya: Jadwal Pemeriksaan USG pada kehamilan | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah