02 Juli 2011

Cara Mengatasi Cegukan | Anak dan Dewasa

Cara Mengatasi Cegukan merupakan hal yang kucari-cari dalam 2 hari ini. Kenapa??? yaaa karena aku terkena cegukan selama 2 hari. Segala upaya udah dilakukan. Bertanya kepada sang dukun mbah Gugel sudah dilakukan dan diberi wangsit petunjuk tips yang katanya mujarab untuk mengatasi cegukan. Tetapi... ternyata tidak ada efek atau hasil yang bagus pada diriku yang terus cegukan.

Cegukan atau dalam bahasa Inggris disebut "hiccup" yang menyebabkan bunyi "hiiik" pada setiap ada gerakan otot dada karena desakan udara dari perut ke dada yang tak normal keluar. Sebagian ahli menyebutkan cegukan terjadi karena menurunnya gas CO2 pada tubuh. Merupakan gejala yang tidak enak, karena cegukan terjadi tidak bisa dikendalikan oleh otak yang menyebabkan suatu gerakan dada yang berefek pada seluruh gerakan tubuh ketika terjadi cegukan. Kadang-kadang, bunyi cegukan bisa berubah dengan tambahan menjadi :

Hiiik uuh...
Hiik aaaah...
Hiiiik ya Tuhaaan...
Hiiik ya Allah...
Hiik ampun dah
Hiiiiiik gubraaaaak... halaaaah terjatuh dari kursi rupanya

Hahaha seperti menjadi suara putus asa karena tidak bisa mengendalikan gerakan otot dan tubuh. Hal ini sebenarnya biasa terjadi pada anak bayi sampai balita karena tidak lancarnya pencernaan.

Penyebab cegukan terjadi karena ketika diafragma yaitu jaringan otot yang memanjang antara rongga dada (thorak) dan rongga perut (abdomen) atau otot di dasar paru-paru mengalami kejang. Kekejangan itu menyebabkan pita suara menutup dengan cepat dan terdengarlah suara keras cegukan yang berbunyi "hiiiik". National Library of Medicine di Amerika Serikat mengatakan penyebab cegukan adalah makanan pedas dan berbumbu serta asap tebal. Pneumonia, radang selaput dada, atau kerusakan daerah tertentu di otak yang mengontrol pusat cegukan bertanggung jawab pada terjadinya cegukan.

Ada banyak cara tips mengatasi cegukan.
Pada anak bayi dan balita, gendonglah anak tersebut dengan mendekap di dada kita, lalu tepuk-tepuklah punggungnya dengan lembut. Jangan keras-keras... ntar rontok pula jantungnya.

Cara tips mengatasi cegukan pada orang dewasa.
  1. Minum air hangat sedikit sedikit tapi sering
  2. Minum air putih dingin biasa sedikit sedikit tapi sering
  3. Berbaring dan menekuk lutut ke dada.
  4. Menarik napas panjang pelan, tahan, lepaskan secara perlahan. Lakukan berulang-ulang.
  5. Menelan gula pasir sesendok atau menghisap gula batu (permen).
  6. Meminum air dingin dari sisi gelas yang terjauh. Biasanya kita minum normal dari sisi gelas terdekat. Hal ini bertujuan secara psikologis melawan ritme cegukan.
  7. Telan air putih biasa dan tahan dalam mulut sebanyak-banyaknya. Jangan ditelan. Bungkukkan badan anda sedalam mungkin dengan perlahan dengan kaki tetap tegak lurus. Tahan sebentar, lalu tegaklah secara perlahan sambil menelan air yang ada dalam mulut tadi dan habis ketika anda sampai berdiri tegak.
  8. Bernapas dengan menggunakan kantong beberapa saat. Mulut dan hidung tertutup oleh kantong tersebut. Lalu bernapas di dalam jantong tersebut sampai sekuatnya, karena gas CO2 semakin lama semakin banyak. Lepaskan kantong jika tidak kuat. Ulangi lagi sampai cegukan hilang. Hati-hati... jangan sampai napas anda yang hilang, ntar urusannya malah ke kuburan.
  9. Menguyah es batu.
  10. Menarik lidah atau menggosok bola mata secara perlahan.
  11. Membalik posisi tubuh dengan meletakan kepala dibawah kaki diatas.
  12. Meminum obat-obat yang digunakan adalah skopolamin, proklorperazin, klorpromazin, baklofen, metoklopramid dan valproat. (tidak dianjurkan)

Pada cegukan yang kualami dalam 2 hari ini, aku sudah melakukan cara cepat mengatasi cegukan sesuai tulisan dari internet, khususnya untuk poin nomor 1,2,4 dan 5. Tapi tidak berpengaruh apa-apa pada diriku yang malang ini. Halaaaah...

Tadi malam dalam keadaan kesal karena tak bisa tidur mpe jam 2 malam, aku mutar otak untuk menghilangkan ritme cegukan. Kebetulan istriku lagi hamil dan teringat kalo setiap perempuan yang mau melahirkan disuruh dokter untuk bernapas cepat dan pendek pada ritme tertentu. Naaaah... aku juga mencoba hal tersebut, dengan pikiran untuk merubah ritme cegukan serta berharap cegukan hilang terbang melayang.

Cara tips mengatasi cegukan pada orang dewasa ala Attayaya :
  • Tarik napas panjang
  • lepaskan setengah napas secara cepat
  • tarik napas lagi secara cepat
  • lepaskan lagi setengah napas secara cepat
  • ulangi sampai 10 kali
  • lalu lepaskan semua napas
  • bernapas secara normal 3 kali
  • ulangi cara di atas

Alhamdulillah dalam dua kali periode tarik-napas-lepas-cepat cegukanku hilang ntah kemana. Akhirnya aku bisa tidur dengan nyenyak.

JIKA CEGUKAN TIDAK MAU HILANG JUGA perlu dilakukan tindakan bedah, di mana saraf yang menuju diagfragma akan dipotong. Not recommended alias ga dianjurkan.


Baca :
http://www.mail-archive.com/dokter_umum@yahoogroups.com/msg02403.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Cegukan
http://www.dechacare.com/Cepat-Atasi-Cegukan-I21.html

Copyright © 2013 attayaya: Cara Mengatasi Cegukan | Anak dan Dewasa | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah