4 Wisata Minim Budget Di Dumai

Attayaya.net -  Menikmati liburan adalah hak setiap orang bukan hanya untuk mereka yang berkantong tebal. Keluarga dengan pendapatan minimalis pun berhak menikmati liburan. Biar ngga dibilang "kurang piknik". Untuk itu pemerintah banyak membangun RTH (Ruang Terbuka Hijau) yang dapat digunakan masyarakat untuk melepas lelah atau bercengkrama bersama keluarga.

Liburan merupakan vitamin jiwa dimana setelah sepekan berpenat lelah mencari nafkah maka liburan di akhir pekan diharapkan bisa merecharge semangat. Disinilah gunanya destinasi wisata minim budget berperan. Tidak perlu keluar uang banyak untuk sekedar datang ke 4 lokasi wisata ini. Karena letaknya yang tidak jauh dari pusat kota. 

Biar ngga penasaran yuk kita cari tahu 4 wisata minim budget di dumai yang bisa kamu kunjungi.

Wisata Taman Bukit Gelanggang
travelPekanbaru
Taman Bukit Gelanggang adalah Ruang Terbuka Hijau yang dibangun pemerintah daerah kota Dumai untuk menambah keindahan kota Dumai. Taman ini berada di pusat kota yang mudah untuk dikunjungi. 

Awalnya taman ini adalah lapangan sepak bola yang sudah tidak terpakai. Pemerintah kota Dumai membenahi lapangan tersebut dengan membangun tugu reformasi dan dilanjutkan dengan membangun air mancur. Setelah itu secara bertahan dibangunlah jogging track, pembenahan lapangan berumput dan arena bermain lainnya. 

Seperti laiknya taman kota Taman Bukit Gelanggang juga di tanami pohon agar terlihat lebih segar. Ada banyak pedagang di sekitar taman sehingga buat kamu yang ingin bersantai sambil ngemil sore bisa menikmati aneka kuliner khas Dumai dengan harga terjangkau. Luas taman dengan rumput hijau membuat anak-anak senang bermain. 

Orang tua dapat mengawasi aktifitas anak sambil bersantai. Waktu yang tepat untuk mengunjungi taman ini adalah pada pagi dan sore hari. Kalian bisa berolah raga, bersantai, menikmati kuliner diakhir pekan.

Hutan Mangrove atau Bandar Bakau 

wisata kota dumai

Bandar Bakau adalah salah satu destinasi wisata kota Dumai yang sudah cukup terkenal. Hutan mangrove yang terhampar luas dipinggir sungai serta habitat hewannya menjadi daya tarik tersendiri. Seperti halnya Taman Bukit Gelanggang, Bandar Bakau juga berada tidak jauh dari pusat kota sehingga tidak sulit untuk menuju ke lokasi ini. 

Jika kamu memasuki kawasan wisata ini kamu akan langsung disuguhkan dengan pemandangan mangrove seluas mata memandang, Udara yang sejuk dan lembab karena sinar matahari yang sulit masuk membuat suasana hutan ini menjadiu sedikit gelap. Namun tidak usah khawatir karena senjang jalur hutan sudah dibangun jalan atau titi yang terbuat dari kayu laut. Ada juga warga sekitar yang bertugas sebagai tour guide jika kamu ingin mendapat informasi tentang hutan ini.

Danau Bunga Tujuh


Sebagai kota penghasil minyak Dumai tentu memiliki suhu yang cukup panas. Tidak heran jika kamu memasuki kota ini pemandangan yang lazim terlihat adalah pipa penyulingan minyak disepanjang jalan. Untuk mengatasi cuaca yang panas pemerintah daerah berusaha membuat taman atau tempat-tempat wisata yang bisa membantu masyarakatnya menghilangkan penat lelah. Salah satunya adalah Danau Bunga Tujuh.

Terletak di Jl. Soekarno-Hatta dan berjarak sekitar lebih kurang 8 km dari pusat kota memudahkan pengunjung untuk menemukan tempat ini. Dipintu masuk Kamu akan melihat gapura bernuansa rumah lontiok khas Melayu. Tidak perlu budget banyak untuk berwisata di Danau Bunga Tujuh sebab Kamu hanya perlu membayar retribusi parkir kendaraan saja. 

Makan Syech Umar
 
wisata  religi dumai

Dumai bukan saja terkenal dengan penghasil minyak buminya namun juga  terkenal dengan sejarah islamnya yang kuat. Salah satunya Syech Umar, seorang ulama yang berasal dari daerah langkat Sumatera Utara ini banyak mengabdikan hidupnya di kota Dumai. Karena jasanya Syech Umar dimakamkan di Dumai. Banyak orang yang datang ke makam beliau untuk berziarah.

Makam Syech Umar bersamaan dengan lokasi wisata Dumai Batu Beranak yang terletak di Jalan Syech Umar, sekitar 2 km dari pusat Kota Dumai. Untuk sampai ke daerah ini, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, atau dengan menyewa kendaraan umum dengan bayaran yang lebih. Untuk memudahkan perjalanan, Anda bisa mengaktifkan google map atau GPS. Tak sulit menemukan sebuah makam bersejarah yang cukup populer di Kota Dumai tersebut.

Jika kamu ingin menikmatai beberapa wisata kota Dumai tersebut namun tidak memiliki kendaraan jangan khawatir. Kamu bisa mengontak Travel Pekanbaru Dumai atau langsung menuju websitenya untuk mendapat informasi lebih lanjut. Jasa Travel Pekanbaru Dumai merupakan jasa transportasi terpercaya tidak hanya untuk Dumai tapi juga kota-kota lainnya. Jadi selamat berwisata ya.