20 Juni 2016

Sejarah Berdiri dan Berkembangnya Produk Thermos

Termos memiliki magnet yang kuat dan menjadi ikon dalam menyebutkan tempat air panas. Tak kira apapun merk yang digunakan orang akan menyebutnya termos. Ini seperti produk-produk lain yang pertama kali menciptakan satu produk yang akhirnya menjadi acuan banyak orang, misalnya aqua untuk menyebut air mineral, indomie untuk menyebut mie instant dan lain sebagainya.

Hal ini membuktikan bahwa siapa yang menjadi pelopor maka nama atau produknya akan dikenal sepanjang masa. Kini kita mengenal termos dengna berbagai merk yang sebenarnya memudahkan kita untuk menyebut benda yang kita inginkan. Secara marketing nama atau brand yang sudah menjadi ikon dipasaran akan memudahkan produsen pencipta barang tersebut memiliki pasar yang lebih besar dibanding yang lain. Karena itulah banyak produsen yang menciptakan produk pertama untuk tetap menjadi sebutan bagi pengikut produk yang serupa namun beda merk.

Thermos sendiri telah memiliki pangsa pasar yang luar sejak dulu mengingat perusahaan ini sudah mendunia dan terkenal dimana-mana. Thermos tidak hanya dijual di Indonesia melainkan juga luar negeri seperti Jepang, Hong Kong, Singapore, China, Amerika, Australia, Korea Selatan dan Taiwan.

Sejarah berdiri dan berkembangnya produk thermos.


Pada tahun 1904 botol kaca yang terbungkus logam baja pada bagian luarnya mulai diproduksi secara komersil. Hal ini  cikal bakal dan lahirnya merk thermos. Lalu pada tahun 1907 - 1910 Thermos mengeluarkan produk tabung hampa udara yang berfungsi untuk menahan panas pada benda didalamnya keseluruh dunia. 

Tidak sampai disitu saja ketika tahun 1982 Thermos berinovasi dengan meluncurkan shuttle mini yang merupakan satu-satunya dan yang pertama mengeluarkan produk botok hampa udara. Shuttle Mini didesain khusus  untuk bayi dan anak-anak. Bentuknya yang mini serta mudah dibawa menjadikan thermos terunggul dibidangnya. Pada tahun selanjutnya thermos mengeluarkan produk botol hampa udara dari bahan titanium yang lebih efisien dan hemat energi.

Dalam pengembangan perusahaannya pula thermos tidak hanya berdiri disatu negara. Terbukti pada tahun 1989 thermos mendirikan pabrik di Malaysia dengan nama Top Thermos Mfg (Malaysia) Sdn.Bhd. Di sini thermos mengenalkan produk tempat masak  tahan panas yang lagi-lagi merupakan produk pertama di dunia dengan seri Shuttle Chef. Gunanya untuk memudahkan orang memasak dengan nyaman dan tentunya menghemat waktu serta energi.


Setelah berkembang di Malaysia, Thermos melebarkan sayap perusahaannya ke negeri China dengan mendirikan pabrik Thermos (China) Housewares Co.,Ltd. Sebagai produk pertamanya thermos meluncurkan industri botol olahraga hampa udara dan diterima dengan baik oleh masyarakat.

Tahun 2004 thermos memperingati hari ulang tahun berdirinya perusahaan dengan menyumbangkan beberapa arsip perusahaan untuk ditunjukkan dalam acara Taking America to Lunch sebagai koleksi di Smithsonian's National Museum of America History, Washington D.C. Selanjutnya thermos meluncurkan lebih banyak produk hampa udara anti karat tidak hanya botol tetapi juga mangkuk, kendi pendingin, botol hidrasi dan lain-lain. Hingga kini thermos masih menjadi produk unggulan dengan perusahaan yang berkembang di banyak negara termasuk Indonesia dengan alamat websitenya: www.thermos.co.id


8 komentar:

  1. thermos ini benda yang biasanya pasti tiap rumah punyak :D

    BalasHapus
  2. Masih teringat termos zaman dahulu dengan tutupnya berupa penyumbat dari kayu seperti cork botol sampanye :)

    BalasHapus
  3. Termos di rumah saya merek apa ya? Nggak pernah dipakai karena tidak lama nyimpen panasnya.

    BalasHapus
  4. suport om atta update blog lagi ^^9

    BalasHapus
  5. tapi sayang udah jarang pake termos, pakenya dispenser

    BalasHapus
  6. Thermos itu ternyata nama merek ya

    BalasHapus
  7. oh gitu yaa tak kira emang namanya termos alatnya. eh ternyata perusahaannya .. berarti namanya atau wadah terbungkus dan terlapis logam.. hahahaha

    BalasHapus

Copyright © 2013 attayaya: Sejarah Berdiri dan Berkembangnya Produk Thermos | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah