07 Januari 2012

Geliga

Geliga atau Guliga atau Buntat atau Batu Mustika adalah sejenis batu yang terdapat di tubuh binatang/hewan (ular, landak, lipan, kalajengking dsb) yg mempunyai khasiat untuk menawarkan bisa (racun) dari binatang/hewan lainnya. Sebagian beranggapan juga bahwa tumbuhan tertentu memiliki batu geliga ini misalnya kelapa yang biasa disebut Buntat Kelapa.

Karena postingan kemaren banyak menyangka Geliga Jazz itu balsem, nah kali ini kuposting aja sekalian arti, manfaat Geliga xixixixixiiii...

Batu Geliga

Sebagian orang menyebut Geliga sebagai Buntat dan selalu berhubungan dengan batu, batu air, batu ajuk, batu akik, batu alam, batu ambar, batu amril, batu anggur, batu anting, batu api, batu apung, batu arang, batu asahan, batu asam, batu badar maupun batu bertuah.

Umumnya geliga dimiliki oleh binatang yang berbisa/racun (lipan, kalajengking, ular) atau mempunyai pertanyaan yang bagus seperti landak. Mendapatkan langsung dari binatang tersebut bukanlah suatu perkara mudah. Sebagian orang mendapatkannya karena kebetulan atau rejeki badan, ada juga yang mendapatkannya karena kemampuannya untuk melihat seekor binatang memiliki Geliga atau tidak.

Khasiat Batu Geliga

Secara umum adalah untuk pengobatan yaitu dapat menghilangkan racun/bisa yang masuk ke tubuh. Khasiat lainnya adalah berbeda-beda, bisa saja satu jenis batu jika ditangan orang yang berbeda menghasilkan manfaat yang berbeda pula. Khasiat/manfaat geliga/buntat Lipan umumnya digunakan untuk memperlancar penghasilan. Buntat lipan yang sudah matang berwarna coklat tua sedangkan buntat lipan yang masih muda berwarna kuning. Geliga atau Buntat Lipan ini disimpan di dalam sebuah Buluh khusus agar bisa lebih matang.

Geliga Landak merupakan endapan protein dan lemak yang mengeras/membatu dalam perut landak yang mengeras dan berasa pahit. Khasiat/manfaat Geliga landak ini dipercaya dapat menjadi penawar sihir, penawar atau tolak bala, dan juga penawar bisa.

Khasiat Geliga Landak yang telah dihaluskan dapat untuk menyembuhkan Lever, Ginjal, Empedu, Tumor otak, Flu tulang, Kanker payudara, Leukemia atau kanker darah, maupun Ganguan sistem syaraf dan metabolisme. Hal ini belum ada penelitian ilmiah. Hanya kepercayaan saja.

Sebagian geliga yang lebih keras umumnya dijadikan batu simpanan, atau dijadikan sebentuk cincin maupun liontin. Setiap pemilik geliga mempunyai kepercayaan sendiri atas batu geliga yang dimilikinya tersebut.

*****

Geliga Jazz

Merupakan sebuah grup band dari Pekanbaru yang membawa musik beraliran jazz yang dipadu-padankan dengan musik Melayu serta lirik-lirik lagu yang sarat karya sastra.


*****

Geliga Balsem

Merupakan suatu produk balsem untuk meredakan sakit otot yang diproduksi oleh PT. Eagle Indo Pharma


Gambar Batu Geliga Terbaru tidak dimunculkan, banyak beredar di internet kok. Ntah gambar mana yang benar.

16 komentar:

  1. asyikk,,pertama..heheh
    saya kira geliga balsem,,hehehsama kaya ungkapan agan diatas,,hehe..ternyata batu di binatang beracun ya,,saya gak pernah dengar sebelumnya gan,,hehe
    tapi terima kasih buat infonya

    BalasHapus
  2. oh, geliga itu sejenis buntat ya bang..btw sukses buat group musik geliga ya bang...oh iya bang, dukung saya ya ikut kontes ...

    BalasHapus
  3. Ngakak, inget Mas Trie :D

    BalasHapus
  4. kok ataya kampanye geliga dari berbagai sudutpandang... lagi kuatin keyword geliga yah.. hehehe

    BalasHapus
  5. hehehe,sekarang lengkap semua penjelasan ttg "macam2" geliga :D, biar tidak salah sangka lagi. tapi, memang juga tidak bisa dipungkiri, nama "geliga" itu ssudah sedemikian lekat identik dgn balsem *eh* :D

    BalasHapus
  6. Jeeh, kirain geliga balsem bang, hahaha :D

    BalasHapus
  7. ku baca geliga tetapi otaku meluncur ke bagian belakang tungku masak yang item itu, yakinlah gitu. ternyata batu.
    jam segini sdh 253 visitor pakai batu apa ya Bang Atta

    BalasHapus
  8. hmmmmm............ya ya ya.....saya tahu geliga balsem wkwkwkwkwk!!!!

    salam bang!!! add link blog saya ya pake .com sekarang bang hehehehehe

    BalasHapus
  9. Mengalahkan branding image dr sebuah produk itu susah jg. banyak yg mikir balsem (including me)
    sukses yah buat geliga nya ^^

    BalasHapus
  10. ooh mungkin nama balsem it diambil dari nama batu itu kali yah..

    kalo boleh dibilang batu geliga tuh batu bertuah bukan?


    hmm.. belum pernah liat sebelumnya.. apalagi pegang

    BalasHapus
  11. Belum pernah tahu nih soal batu geliga.. baru tahu dari baca-baca disini.. Kok bisa ada ya gimana proses terbentuknya

    BalasHapus
  12. kirain balsem otot bang he he
    bahasa aslinya mirip mustika juga ya bang baru tahu ane :D
    makasih sharenya :)

    BalasHapus
  13. yang familiar buatku cm geliga balsem aja bang atta *senyum*

    selamat berhari minggu yaaaa.....

    BalasHapus

Copyright © 2013 attayaya: Geliga | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah