21 Oktober 2008

Apa sih gunanya Page Rank / Alexa Rank / dll???

PageRank adalah sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting/populer. PageRank merupakan salah satu fitur utama mesin pencari Google dan diciptakan oleh pendirinya, Larry Page dan Sergey Brin yang merupakan mahasiswa Ph.D. Universitas Stanford.

Sebuah situs akan semakin populer jika semakin banyak situs lain yang meletakan link yang mengarah ke situsnya, dengan asumsi isi/content situs tersebut lebih berguna dari isi/content situs lain. PageRank dihitung dengan skala 1-10.

Banyak cara digunakan search engine dalam menentukan kualitas/rangking sebuah halaman web, mulai dari penggunan META Tags, isi dokumen, penekanan pada content dan masih banyak teknik lain atau gabungan teknik yang mungkin digunakan. Link popularity, sebuah teknologi yang dikembangkan untuk memperbaiki kekurangan dari teknologi lain (Meta Keywords, Meta Description) yang bisa dicurangi dengan halaman yang khusus di desain untuk search engine atau biasa disebut doorway pages. Dengan algoritma ‘PageRank’ ini, dalam setiap halaman akan diperhitungkan inbound link (link masuk) dan outbound link (link keuar) dari setiap halaman web.

PageRank, memiliki konsep dasar yang sama dengan link popularity, tetapi tidak hanya memperhitungkan “jumlah” inbound dan outbound link. Pendekatan yang digunakan adalah sebuah halaman akan diangap penting jika halaman lain memiliki link ke halaman tersebut. Sebuah halaman juga akan menjadi semakin penting jika halaman lain yang memiliki rangking (pagerank) tinggi mengacu ke halaman tersebut.

Dengan pendekatan yang digunakan PageRank, proses terjadi secara rekursif dimana sebuah rangking akan ditentukan oleh rangking dari halaman web yang rangkingnya ditentukan oleh rangking halaman web lain yang memiliki link ke halaman tersebut. Proses ini berarti suatu proses yang berulang (rekursif). Di dunia maya, ada jutaan bahkan milyaran halaman web. Oleh karena itu sebuah rangking halaman web ditentukan dari struktur link dari keseluruhan halaman web yang ada di dunia maya. Sebuah proses yang sangat besar dan komplek.

Intinya begini :
Semakin tinggi ranking blog/web anda,
semakin mudah ditemukan pake search engine,
semakin banyak pengunjung,
kurang lebih begitu deh...

sama seperti waktu kita sekolah dulu,
semakin ranking/juara di kelas/sekolah
semakin banyak guru yang mengingat kita
semakin banyak cowok/cewek yang demen ma kita
ya gak...???

Ranking dikeluarkan oleh banyak website ranking :
prchecker
alexa
blogcatalog
blog indonesia
blogtoplist
topofblog
de el el alias/aka dll alias/aka dan lain lain

coba aja mendaftar di semua website ranking tersebut
gratis koq
terus, pelototin ranking masing-masing
pasti berbeda
karena mereka punya metode masing-masing
penilaian pun beda-beda
ada yang semakin tinggi angka = semakin bagus
ada yang semakin rendah angka = semakin bagus

selamat mencoba!!!!


5 komentar:

  1. o0o gitu yah^^
    akhirnya dhe sampai juga di blogny attayaya..

    kwakakka.. dhe searching di gugel ttg ne, ehh malah kesasar di blog attayaya.. kwakakkaka

    BalasHapus
  2. bagus infonya... trima kasih yah om...

    BalasHapus
  3. ooo gitu ya...


    jadi kalau makin sering ditemukan google...makin terkenal dong

    BalasHapus

Copyright © 2013 attayaya: Apa sih gunanya Page Rank / Alexa Rank / dll??? | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah