Tips dan Cara Memilih Durian Berkualitas Harum dan Manis

Tips dan Cara Memilih Durian Berkualitas Harum dan Manis

Buat kamu pecinta durian, musim durian adalah waktu paling membahagiakan. Kesempatan makan durian aneka jenis dengan harga yang lebih terjangkau. Pecinta kuliner durian tentu sudah tahu, mana jenis durian paling enak dan mana durian mahal yang wajib dicoba. Mencicip olahan durian saja tak cukup kalau tidak memakan langsung durian kupas yang masih segar dan harum. Raja dari segala buah ini ternyata memiliki keunikan tersendiri dibanding buah-buah lainnya.

Pencinta durian tahu cara memilih durian yang berkualitas dengan rasa harum dan manis. Tetapi tidak semua orang tahu tips memilih durian. Buat kamu yang masih awam soal durian, di sini akan dibahas lebih detail tentang buah asli dari Asia Tenggara ini berikut tips dan cara memilih durian. Simak uraiannya lebih lanjut.

Jenis-Jenis Durian di Indonesia

Sekilas bentuk buah durian terlihat sama saja, tetapi tahukah kamu ada banyak jenis durian yang berada di pasaran. Jenis ini menentukan kualitas daging buah, rasa dan yang pasti harganya juga berbeda. Buat apa jauh-jauh kulineran durian di Singapura kalau ternyata buah durian Indonesia juga tak kalah lezatnya lho. Berikut ini deretan jenis durian yang bisa kamu temukan di pasaran:
  1. Durian Montong
    Salah satu durian paling terkenal di Indonesia adalah jenis montong. Durian asli Kalimantan ini memiliki tekstur daging yang tebal, ukuran lebih besar dengan bentuk sedikit lonjong jika sudah matang. Satu buah durian montong terbesar bisa mencapai 13 kilogram. Harganya pun cukup lumayan, perkilo rata-rata Rp50 ribu hingga Rp100 ribu. Cara memilih durian montong ini cukuplah mudah. Penjual tidak akan mau mengecewakan pembeli durian montong.
  2. Durian Bawor
    Jenis durian hasil persilangan yang dilakukan oleh seorang guru di daerah Banyuwangi Jawa Timur ini dikenal hampir mirip dengan durian montong. Dagingnya sama-sama tebal dan rasanya manis. Durian ini memiliki ukuran biji yang kecil dan pohonnya pendek-pendek dengan ukuran buah yang besar. Waktu panennya cukup cepat, kurang dari lima tahun.
  3. Durian Tembaga
    Bagi orang Riau sangat rugi jika tak mencicipi durian khas Siak ini. Jenis durian tembaga dikenal sebagai durian yang khas asal Mempura, Siak. Durian Tembaga memiliki keunikan dalam hal bentuk. Dalam satu belahan kulit, biasanya hanya terdiri satu hingga dua biji durian saja. Daging buah durian ini tebal, rasanya manis dan sedikit pahit.
  4. Durian Bokor
    Salah satu jenis durian paling populer di daerah Majalengka Jawa Barat adalah durian bokor. Jenis durian ini memiliki warna kekuningan dengan tekstur tebal dan tak berserat. Rasa durian ini sangat manis dan memberikan aroma yang sangat harum. Di Riau, Durian Bokor lebih mengacu kepada durian yang dihasilkan dari Desa Bokor di Kabupaten Meranti.
Masih banyak lagi jenis-jenis durian lain seperti durian bubur, durian lay, durian ajimah, durian petruk, durian matahari, durian candimulya, dan durian mimang. Setiap daerah umumnya memiliki rasa dan jenis durian yang khas. Layak dicoba oleh para pecinta durian.

Manfaat Buah Durian

Kabar bahagia untuk para pecinta durian. Selain rasanya yang enak ternyata buah ini memiliki kandungan gizi dan khasiat kesehatan yang cukup penting. Berikut ini manfaat dan khasiat buah durian:
  1. Sumber Energi
    Durian memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi. Setiap 100 gram buah durian akan menghasilkan 21% jumlah karbohidrat yang dibutuhkan tubuh. Oleh karena alasan ini para penderita diabetes dilarang mengonsumsi durian. Namun, sangat baik dikonsumsi secukupnya sebagai sumber energi tubuh.
  2. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi
    Durian cukup kaya dengan unsur kalsium dan vitamin B. Nutrisi ini dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.
  3. Mencegah Penuaan Dini
    Durian ternyata juga kaya dengan vitamin C yang mengandung senyawa antioksidan. Senyawa ini berfungsi mencegah penuaan dini pada kulit dengan mengikat radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.
  4. Melancarkan Sistem Pencernaan
    Durian mengandung serat dan vitamin C yang cukup tinggi. Keduanya dapat membantu tubuh melancarkan sistem pencernaan yang lebih baik.
  5. Mengatasi Anemia
    Buah durian memiliki kandungan senyawa folat yang cukup tinggi. Salah satu khasiat folat adalah mengatasi anemia. Kalau kamu sering anemia, sangat cocok mengonsumsi buah durian.

Bahaya Mengonsumsi Buah Durian Secara Berlebihan

Sesuatu hal yang enak biasanya juga mengandung bahaya. Buat kamu pecinta durian, ketahui apa saja bahaya yang mungkin dapat mengancam saat mengonsumsi buah durian secara berlebihan. Beberapa kasus bahkan menyebabkan kematian, kira-kira apa yang menjadi penyebabnya? Berikut ini beberapa efek buruk makan durian secara berlebihan:
  1. Obesitas
    Seperti telah disebutkan di atas bahwa durian memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi. Dalam setiap 1 kilogram buah durian mengandung 1500 kalori. Angka ini sudah memenuhi 70% dari kebutuhan kalori harian. Bayangkan jika harus ditambah lagi makan berat. Kebiasaan makan durian berlebihan akan memberikan efek langsung peningkatan berat badan seseorang. Obesitas menjadi awal berbagai jenis penyakit berbahaya.
  2. Meningkatkan Gula Darah
    Jangankan bagi penderita diabetes, orang normal yang memiliki kebiasaan mengonsumsi buah durian dalam jumlah banyak pun dapat berisiko terkena penyakit gula. Oleh karena itu, salah satu pantangan utama bagi mereka yang memiliki penyakit gula darah adalah buah durian.
  3. Gangguan Pencernaan
    Tingginya kandungan serat pada buah durian seringkali memberi efek negatif sistem pencernaan pada beberapa orang yang sensitif. Hal yang mungkin terjadi seperti diare, perut kembung, dan sering bersendawa.
  4. Kondisi Membahayakan
    Banyak yang menyebutkan buah durian mengandung alkohol, hal tersebut tidak benar. Namun, mengonsumsi durian bersamaan dengan makanan atau minuman yang mengandung alkohol dapat menyebabkan kematian. Mengapa bisa demikian?
Buah durian mengandung unsur sulfur yang apabila bertemu dengan alkohol dapat menghambat kerja enzim bernama aldehide dehidrogenase (ALDH) yang berada di organ hati. Enzim ini berfungsi untuk memecah alkohol. Akibat tidak berfungsinya enzim ini, maka alkohol gagal dipecah oleh tubuh dan berubah menjadi senyawa yang sangat beracun. Inilah yang sering menyebabkan kematian pada sebagian orang yang tak tahu apa dan bagaimana kandungan buah durian.

Banyak kasus terjadi, orang yang terlalu banyak mengonsumsi durian akan mengalami perut kembung dan sesak. Pada kondisi ini orang berpikir dapat meredakannya dengan mengonsumsi minuman bergas (mengandung alkohol) untuk memicu sendawa. Akibatnya yang terjadi justru munculnya racun mematikan dalam tubuh yang berakibat pada kematian.

Wisata Durian Populer di Indonesia

Buat kamu pecinta durian tentunya butuh referensi di mana tempat wisata durian yang menarik untuk dikunjungi. Berikut ini beberapa pilihannya:
  1. Wisata Durian di Riau
    Riau memiliki varian durian yang juga cukup menggugah selera untuk dimiliki. Daerah Kampar dan Siak dikenal memiliki jenis durian enak yang layak kamu coba. Daerah ini dikenal dengan wisata durian yang langsung dipetik dari pohonnya. Perkebunan pribadi warganya umumnya memiliki pohon durian pribadi. Jadi saat musim durian sudah dipastikan akan banyak sekali lapak-lapak durian yang berjejer di tepi jalan. Penjual durian di tepi jalan ini juga menjadi objek wisata yang menarik.
  2. Wisata Durian di Banten
    Daerah Lebak lebih tepatnya di Desa Sangkanwangi dikenal sebagai daerah wisata durian yang enak. Ada tiga jenis durian unggulan di tempat ini yakni durian hepi, durian otong, dan durian matahari. Jenis durian ini merupakan durian lokal yang dibudidayakan warga setempat. Menikmati buah durian di desa ini bisa dengan memetik langsung di pohon.
  3. Agrowisata Polewali Mandar di Sulawesi Barat
    Tempat wisata durian yang terkenal di Sulawesi Barat adalah Agrowisata Polewali Mandar. Kawasan wisata seluas 3,5 hektare ini tak hanya menyuguhkan buah durian petik dari pohon, tetapi juga menyediakan sarana edukasi cara bercocok tanam buah durian yang baik dan benar. Wisata durian di sini menawarkan pohon-pohon durian berbuah lebat dengan kondisi alam yang sejuk dan alami.

Tips Makan Buah Durian yang Perlu Diketahui Secara Umum

Sebelum makan buah durian ketahui dulu bagaimana tips makan yang benar agar wisata kuliner yang kamu lakukan tidak berbuah musibah. Berikut ini beberapa tipsnya:
Tips, minum air putih dari kulit durian dipercaya menetralisir mabuk durian, bukan menetralisir mabuk janda
  1. Tetap Atur Kalori
    Berapa buah durian yang kamu makan? Tetaplah dengan memperhitungkan kebutuhan kalori harian. Sekali dua kali makan buah durian berlebihan mungkin tidak terlihat efeknya, tetapi jika terus menerus dilakukan sudah pasti tumpukan kalori akan semakin banyak di dalam tubuh.
  2. Hindari Alkohol
    Saat makan durian, jangan sesekali mengonsumsi soft drink atau sejenisnya yang memiliki kandungan alkohol. Cukup minum air putih untuk membantu tubuh lebih cepat mencerna buah tersebut. Tuanglah air putih ke cekungan dalam kulit durian untuk menetralisir mabuk durian.
  3. Proporsional
    Jangan makan berlebihan, makanlah sekadarnya saja. Kamu mungkin penggemar berat durian yang ingin melampiaskan selera makan, tetapi ingat, saat kamu makan berlebihan bisa jadi setelah itu kamu tak bisa lagi makan durian karena terkena sakit dan sejenisnya.
  4. Awas Diabetes
    Penderita diabetes jangan sesekali mengonsumsi buah durian. Buah ini adalah pantangan paling berat buat kamu yang sudah bermasalah dalam hal gula darah.
  5. Pilih Daging yang Masih Keras
    Tahukah kamu bagaimana memilih daging durian didasarkan pada kandungan kalorinya? Buah durian yang dagingnya sudah masak dan lebih lembut ternyata memiliki kandungan kalori yang lebih tinggi. Jadi tips buat kamu jika ingin makan durian dengan kalori yang rendah, pilihlah daging durian yang masih agak keras dan mengkal karena kandungan kalorinya lebih kecil. Nah masalahnya, daging durian yang lembutlah yang paling enak. Ini menjadi pilihan berat. Pilih yang keras atau yang lembut. Aku sih pilih yang lembut aja.
  6. Konsumsi Daging Buah yang Segar
    Bila kamu ingin mengonsumsi buah durian, lebih disarankan agar mengonsumsi buah yang masih segar bukan yang sudah difermentasi atau diawetkan. Daging yang sudah diawetkan selain rasa yang kurang enak dan terasa lebih asam juga kandungan kalorinya akan lebih tinggi.
Perlu diketahui, buah durian tidak mengandung kolesterol. Buah ini memang memiliki lemak tetapi jenis lemak yang ada adalah lemak nabati, jadi tidak berbahaya. Makan durian jangan terlalu sering dan jangan berlebihan jumlahnya sebab dalam kondisi berlebihan segala jenis keburukan bisa muncul.

Tips dan Cara Memilih Durian Berkualitas Harum dan Manis

Tips dan Cara Memilih Durian Cara Lainnya

Beberapa grup Whatsapp akhir-akhir ini beredar TIPS MEMILIH DURIAN dalam bahasa Minang (Sumatera Barat). Sangat kocak tapi benar secara logika.
  1. Piliah nan baduri, kalau ndak ado durinyo itu cimangko
  2. Tokok pakai pisau, kalau bunyinyo BUG itu masak, kalau bunyinyo ADUAH itu kapalo urang
  3. Cium aromanyo, kalo harumnyo menyengat itu rancak, kalau harumnyo badak viva itu bini urang, tapi kok baun minyak cap kapak itu inyiak urang....

Aku coba terjemahkan tips memilih durian bahasa Minang ini ya, kalo salah mohon diberi oleh-oleh. eeeeeh.....
  1. Pilih yang berduri, kalau tidak ada durinya itu namanya semangka. (Bener lho... semangka gak ada durinya, kecuali semangka berdaun sirih... aku begini... engkau begitu.... eeeeh malah nyanyi Broery Marantika)
  2. Pukul-pukul durian pakai pisau, kalau bunyinya BUG itu durian masak, kalau bunyinya ADUAH itu kepala orang. (Coba buktikan sendiri untuk kebenarannya)
  3. Cium aromanya, kalo harumnya menyengat itu berarti durian bagus, kalau harumnya bedak viva itu berarti bini orang, tapi kalau baunya minyak cap kapak itu berarti nenek orang.... (percaya ndak percayaaaa.... coba aja ndiri).

Yuk makan durian sambil nonton video wisata Riau ini