Tips Membeli Minyak Telon Yang Bagus Untuk Bayi

Attayaya.net - Tips Membeli Minyak Telon Yang Bagus Untuk Bayi

pixabay

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa penggunaan minyak telon ini merupakan tradisi turun temurun dari nenek moyang kita. Ya, biasanya minyak telon ini digunakan untuk menghangatkan tubuh bayi bayi agar tidak kedinginan setelah selesai dimandikan. Selain itu, minyak telon tersebut juga dapat membuat tubuh si kecil menjadi wangi sepanjang hari. 

Menurut informasi yang didapat, isitilah minyak telon ini berasal dari bahasa Jawa yaitu “telu” yang berarti “tiga”. Lantas, mengapa dinamai dengan telon? Soalnya, minyak telon tersebut terdiri dari 3 jenis minyak berbeda yaitu minyak kelapa, minyak kayu putih, dan minyak adas. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai ketiga jenis minyak tersebut, mari kita simak saja langsung paparan di bawah ini.

* Minyak Kelapa
Minyak kelapa ini memang dikenal dengan segudang manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Berdasarkan dari hasil penelitian, minyak kelapa sangat efektif untuk mencegah kulit kering atau terkelupas. Tentu saja minyak kelapa ini memiliki peranan cukup penting, mengingat kulit bayi masih tipis dan sensitive. Maka dari itu, kelembapan kulit bayi harus tetap terjaga agar terhindar dari berbagai permasalahan kulit. Berkat kandungan minyak kelapa pada minyak telon, tentu saja dapat menjaga kelembapan kulit si kecil. 

* Minyak Kayu Putih
Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa minyak telon dapat memberi sensasi kehangatan pada tubuh bayi. Ya, sensasi hangat tersebutlah yang dihasilkan oleh kandungan minyak kayu putih pada minyak telon. Sensasi hangatnya sangat efektif untuk mengatasi masalah perut kembung pada bayi. Tak hanya itu, minyak telon tersebut juga dapat mengatasi masuk angin serta berbagai masalah pernafasan seperti filek, flu, hidung tersumbat, asma, dan lain sebagainya. 

* Minyak Adas
 Jenis minyak berikutnya yang terdapat pada minyak telon, yakni minyak adas. Minyak adas ini diklaim mampu meringankan gigitan serangga maupun iritasi pada kulit. Itu sebabnya, mengapa minyak telon merupakan pilihan yang paling tepat saat si kecil digigi serangga atau terjadi iritasi pada kulitnya. Cara penggunaanya pun sangat mudah, dimana bunda hanya perlu membalurkan minyak telon tersebut ke area kulit yang mengalami masalah. 

Nah, itulah 3 jenis minyak yang terdapat pada minyak telon. Setelah mengetahui jenis-jenis kandungan pada minyak telon, berikut di bawah ini ada beberapa tips membeli minyak telon yang bagus untuk bayi :

doodle.co.id

- Carilah Minyak Telon Yang Tidak Lengket
Tips pertama yang harus bunda ketahui dalam membeli minyak telon untuk bayi, yakni memilih minyak telon yang tidak lengket. Mengapa demikian? Soalnya, minyak telon yang lengket itu tidak nyaman digunakan dan sulit diserap oleh kulit lho.

- Pilihlah Minyak Telon Yang Hangatnya Pas
Tak sedikit minyak telon yang kadar hangatnya terlalu lebih, sehingga akan terasa panas saat digunakan. Tentu saja minyak telon tersebut akan membuat si kecil merasa tidak nyaman. Maka dari itu, pilihlah minyak telon yang rasa hangatnya pas. 

- Hindari Minyak Telon yang Berbau Menyengat
Selain menghindari minyak telon yang panas, bunda juga disarankan untuk tidak memilih minyak telon yang berbau menyengat. 

- Pilihlah Minyak Telon Dengan Merk Ternama
Ada banyak sekali merk minyak telon yang tersedia dipasaran, dan salah satu yang terbaiknya adalah minyak telon Doodle. Ya, Doodle merupakan minyak telon kekinian, yang memang nyaman digunakan serta memiliki aroma green tea yang begitu menyegarkan.