Mengapa Anak-anak Perlu Mengenal Bahasa Inggris Sedari Kecil

Attayaya.net - Bahasa Inggris menurut aku sudah merupakan bahasa kedua yang wajib dipelajari khususnya untuk mereka yang bukan berasal dari Eropa. Dan seingatku sejak aku bisa mempelajari bahasa ibu pertiwi, bahasa Inggris pun ikut ke dalam pelajaran di sekolah. Meskipun kala itu terbata-bata mengeja kata dalam bahasa dari negeri asal Charles Prince ini toh nyatanya sampai saat ini bahasa Inggris masih menjadi yang paling top dipakai atau di pelajari sebagai bahasa kedua.

Dulu pelajaran bahasa Inggris mulai dipelajari sejak anak-anak berada di kelas 1 SMP dan merupakan bahasa wajib. Namun ada juga nih orang tua yang sudah mengenalkan bahasa ini sejak anak-anak masih duduk dibangku SD atau malah ada yang sudah mengenalkannya sejak pra sekolah. Alasannya karena mempelajari bahasa asing sejak kecil akan membuat memory anak lebih cepat merekam, secara anak kecil kan belum banyak yang dipikirin. Biasa juga kegiatan mereka hanya seputar sekolah dan bermain.

bahasa asing

Belajar merupakan salah satu kegiatan harian setiap anak-anak. Walaupun belajar tidak mengenal usia, namun umumnya anak-anak memiliki kewajiban belajar secara formal di sekolah. Hal inilah yang membuat anak-anak perlu bersekolah agar menjadi seorang anak yang cerdas dan bisa berguna dikemudian hari.

Proses belajar yang dialami anak-anak terdiri dari berbagai macam hal. Tapi, salah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh anak-anak dan perlu dipelajari sedari kecil yakni berupa kemampuan bahasa Inggris. Lalu, mengapa anak-anak perlu menguasai bahasa Inggris sejak dini? Inilah beberapa alasan mengapa anak-anak perlu mengenal bahasa Inggris.

Bahasa Internasional
Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional. Sebagai bahasa Internasional, bahasa Inggris digunakan hampir di seluruh negara di dunia. Dengan menguasai bahasa Inggris, anak Anda bisa berkomunikasi dan membangun relasi dengan anak-anak di seluruh dunia. 

Sebab, proses komunikasinya akan lebih terbantu ketika ia menguasai bahasa Inggris. Oleh karena itu, didik anak-anak dengan mengenalkannya bahasa Inggris sejak kecil karena bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional yang sangat bermanfaat untuk anak-anak nantinya.

bahasa inggris

Memudahkan berkomunikasi 
Jika suatu saat anak ternyata ditakdirkan menempuh pendidikan di luar negeri atau bekerja di luar negeri bahasa yang bisa mereka gunakan salah satunya adalah bahasa Inggris. Yah, meskipun ngga semua negara menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua. Tapi setidaknya dengan mengetahui sedikitnya satu bahasa asing akan menjadi nilai lebih ketika dia menempuh pendidikan di luar negeri kelak.

Membantu pendidikan
Selain merupakan bahasa Internasional, manfaat lainnya yang bisa didapat oleh anak-anak ketika mengenal bahasa Inggris sedari kecil yakni pendidikan yang lebih terbantu. Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dan perlu diberikan kepada anak-anak. 

Melalui pengenalan bahasa Inggris sejak dini, kamu bisa membantu anak-anak agar dapat lebih mudah dalam memahami pendidikan terutama dalam pelajaran bahasa Inggris. Selain itu, penguasaan bahasa Inggris sejak kecil juga bisa membantu anak-anak agar bisa meraih beasiswa ke luar negeri di masa yang akan datang. Oleh karena itu, kenalkan bahasa Inggris sejak dini agar pendidikannya bisa terbantu kelak.


Bagaimana mengenalkan bahasa inggris dengan anak?
Mempelajari bahasa yang bukan bahasa ibunya tentu memiliki kesulitan tersendiri apalagi jika lingkungan tempat tinggalnya orang-orang cenderung tidak menggunakan bahasa asing. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua. Sebagai pemula tentu ada garis start yang pastinya akan dilalui setiap orang yang ingin belajar, begitu juga dengan anak kita. 

Ayah ibu bisa mengenalkan kosa kata dalam bahasa inggris secara fun misalnya dengan mengenalkan tempat, kota, lokasi wisata dalam bahasa inggris. Beli satu map dalam bahasa inggris dan kenalkan satu-satu dengan ananda. Map biasanya memiliki banyak warna sehingga terlihat menarik. Metode ini juga bisa di gunakan untuk mengenalkan benda-benda lainnya dalam bahasa inggris. Jika kosa kata anak sudah cukup banyak tingkatkan menjadi kalimat. Misalnya berkomunikasi secara  sederhana dengan menggunakan bahasa Inggris.

Beragam manfaat bahasa Inggris membuat para orang tua  perlu menguasai bahasa Inggris juga agar bisa mengajarkannya. Jangan khawatir karena saat ini ada les Inggris terbaik untuk para orang dewasa dengan metode belajar yang mudah dipahami. EF Adults merupakan tempat terbaik yang bisa dikunjungi oleh para orang dewasa untuk mempelajari bahasa Inggris secara lebih mudah. Cari tahu informasi lebih lengkapnya lewat ulasan pada laman berikut ini https://www.ef.co.id/englishfirst/adults/courses/business-english/.