Jasa Loundry Kiloan Untuk Mengurangi Tugas Domestik Emak

Jasa loundry kiloan kini menjadi salah satu usaha yang cukup menjanjikan untuk masa depan.Walaupun banyak juga yang memandang remeh jenis usaha ini. Ungkapan yang timbul biasanya kecurigaan mengenai kebersihannya, tertukar dengan baju orang lain dan bagaimana pemilik usaha memperlakukan baju tersebut.

Namun seiring dengan ungkapan penuh curiga itu faktanya jasa loundry semakin meningkat. Ini bukti bahwa banyak orang merasa terbantu dengan adanya jasa loundry. Ibarat ART, jasa loundry memiliki ungkapan yang sama "benci tapi dirindukan"

Bagi saya sendiri yang masih keteteran memanage waktu antara pekerjaan domestik dan menulis jasa loundry ini termasuk sangat membantu. walaupun kadang masih "tarik nafas" melihat baju yang disetrika kurang rapi. Tapi ya mau gimana lagi, toh nyatanya saya butuh :P

Menggunakan jasa loundry juga bukan berarti kita harus jor-joran numpuk semua baju. Salah satu yang menjadi alasan kenapa saya memakai jasa ini supaya bisa lebih hemat listrik dan biaya. Ada beberapa cara yang saya lakukan sebelum mengantar baju ke loundry supaya hematnya dapat, rapinya juga dapat. 



Ukur kemampuan diri 
Sebelum menggunakan jasa loundry coba fikir ulang lagi "masih mampu mengerjakan sendiri atau tidak?" Kalau rasanya masih mampu lebih baik kerjakan sendiri. Karena sebenarnya ketika kita menyerahkan baju ke jasa loundry kiloan kita harus rela baju itu dicuci mereka. Ya tentunya dengan strandart mereka kan. Beda jika kita pakai jasa loundry ekslusif yang harga bajunya dihitung perhelai.

Sesuaikan kebutuhan antar mencuci baju atau setrika saja
Saya lebih memilih menggunakan jasa loundry kiloan untuk setrika baju saja. Karena menurut saya, saya masih mampu mencuci pakaian sendiri. Yah, walaupun nyucinya dirumah tetap pakai mesin cuci. Tapi kan yang dicuci masih pakaian keluarga dan tidak tercampur baju orang lain. Untuk setrika baju saya memang kesulitan. Jadi pakai jasa loundry.

Hitung pengeluaran dan bandingkan antara menggunakan jasa loundry atau kerjakan sendiri
Sekilas orang memandang menggunakan jasa loundry sepertinya boros duit. Eits tunggu dulu. Kalau ada bau-bau boros tentu saya tidak pakai jasa ini dong. Mamak hemat... 

Sebelum menggunakan saja loundry sebelumnya saya menghitung dulu antara pengeluaran ketika setrika sendiri atau pakai jasa loundry. Jenis pengeluaran yang harus dihitung meliputi: biaya listrik, waktu yang dihabiskan untuk menyetrika, tenaga dan pembelian wewangian pakaian. Jika dirasa mampu dan hemat kerjakan sendiri, monggo kerjakan sendiri. Tapi kalau saya pribadi merasa menggunakan jasa loundry untuk setrika baju lebih hemat. 

Terhitung dari beban listrik yang jauh berkurang. Jika sebelumnya 480.000/bulan kini tinggal 340.000/bulan. Menyetrika baju harus rapi dan tentu perlu waktu lama. Ini juga masih belum bisa saya lakukan mengingat ada bayi yang setiap menit maunya ngajak main melulu, kecuali dia sedang tidur. 

Selain itu saya tidak capek hati dan badan. Capek hati karena mikirin baju yang belum disetrika dan badan yang capek karena masih harus mengurusi pakaian-pakaian itu. Satu lagi, semenjak menggunakan jasa loundry saya tidak pernah membeli segala wewangian karena baju sudah wangi ketika dihantar ke rumah.

Tips hemat supaya dompet terawat meskipun menggunakan jasa loundry

Jika ibu ingin menggunakan jasa loundry kiloan ada beberapa cara yang perlu dilakukan supaya dompet tetap terawat yaitu:
  1. Pilih pakaian yang ingin disetrika dan yang tidak.
  2. Jemur pakaian menggunakan hanger atau gantungan supaya tetap rapi meskipun tidak disetrika.
  3. Lipat rapi pakaian yang ingin setrika agar tidak terlalu kusut.
  4. Pilih jasa loundry yang ada fasilitas antar/jemput supaya tidak perlu keluar rumah untuk mengantar pakaian.
  5. Pilih paket bayar perbulan agar lebih hemat.
  6. Komunikasikan dengan pemilik jasa tentang jenis bahan pakaian agar tidak terjadi kesalahan misalnya  bolong karena setrika terlalu panas.
Sepanjang saya menggunakan jasa loundry kiloan sampai hari ini masih merasa terbantu walaupun tetap ada keinginan untuk mengerjakannya sendiri. Mungkin nunggu si bayi agak besar dan bisa diberitahu kalau emaknya mau nyetrika jadi jangan dekat-dekat dulu. Bahaya kena setrika. Selain itu lebih belajar memanage waktu agar tugas domestik bisa beres dan ngeblog pun jalan. InsyaAllah.