Perlukah Kita Mengkonsumsi Beras Merah? Ini Dia 3 Manfaat Dari Mengkonsumsi Beras Merah

Nasi yang berasal dari beras merupakan makanan pokok masyarakat di kawasan Asia Tenggara seperti negara Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan sebagainya. Selain Asia Tenggara, masyarakat di kawasan Asia Timur juga seperti Jepang, China, dan Korea, menjadikan nasi sebagai makanan pokok utamanya. Berbeda dengan masyarakat di kawasan Asia Tengah dan Asia Minor, dimana makanan pokok mereka adalah gandum dan roti. 

Terlepas dari semua hal itu, di Indonesia sendiri ada 3 jenis warna beras yakni beras merah, beras putih dan beras hitam. Berbicara soal beras merah, beras merah ini memang salalu menjadi pilihan banyak orang dalam program diet. Pasalnya, manfaat beras merah itu sendiri dapat menurunkan berat badan. 

Menurut fatsecret Indonesia dalam 100 gram beras merah mengandung 110 kalori dengan rincian 7 persen lemak, 83 persen karbohidrat dan 9 persen protein. Untuk menjadikan beras merah sebagai menu diet yang perlu diperhatikan tidak hanya berasnya namun juga lauk pauknya. Beras merah bisa kehilangan manfaatnya jika salah memilih menu pendamping. 

Menu pendamping yang sehat akan meningkatkan manfaat baik dari beras merah. Agar kamu lebih semangat mengkonsumsi beras merah berikut 3 manfaat lain dari beras merah.

beras merah


1. Dapat Mencegah Penyakit Kanker Usus
Manfaat yang pertama dari mengonsumsi nasi beras merah, yakni dapat mencegah penyakit kanker usus. Mengingat di kehidupan yang serba canggih seperti sekarang ini, tak heran jika terdapat banyak jenis makanan dan minuman yang mengandung bahan kimia. Tentu saja makanan dan minuman berbahan kimia tersebut, merupakan biang kerok dari kemunculan kanker usus. Namun anda tidak perlu khawatir, karena hal itu dapat diatasi dengan mengonsumsi beras merah. Pasalnya, kandungan selenium dan polifenol pada beras merah diyakini mampu mencegah kanker usus.

2. Dapat Menurunkan Berat Badan
Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan di atas tadi, bahwa beras merah kerap dikonsumsi oleh orang-orang dalam rangka menurunkan berat badan. Dilansir dari berita seputar kesehatan, beras merah mengandung karbohidrat kompleks yang berfungsi untuk mengenyangkan perut dalam jangka waktu yang cukup lama, sehingga kita dapat mengontrol nafsu makan dengan baik.

3. Mampu Menangkal Radikal Bebas
Radikal-radikal bebas di dalam tubuh dapat mengundang berbagai jenis penyakit seperti kanker, diabetes, serangan jantung, dan sebagainya. Jika tubuh anda ingin kebal dari serangan radikal bebas, gantilah dari konsumsi beras putih menjadi konsumsi beras merah. Sebab, beras merah mengandung antioksidan yang mampu menangkal radikal-radikal bebas.

Demikianlah ulasan singkat mengenai 3 manfaat dari mengonsumsi beras merah bagi kesehatan tubuh. Apakah diantara kalian sudah ada yang mulai untuk mengganti beras putih dengan beras merah?