Resep Masak Hidangan Telur Ceplok Pedas Berkuah Santan

Resep masak telur ceplok pedas kuah santan - Telur adalah salah satu jenis panganan yang mengandung protein yang bagus untuk kesehatan tubuh kita, terutama pertumbuhan dan perkembangan. Telur dapat dijadikan hidangan utama pada saat acara makan keluarga. Ibu pastinya ingin memasak hidangan telur yang tidak biasa namun memiliki cita rasa yang lezat khas nusantara, ibu dapat mencoba memasak hidangan telur ceplok pedas berkuah santan. Pastinya semua anggota keluarga ibu akan menyukai hidangan ini.

Ibu dapat mencoba memasak hidangan telur ceplok pedas berkuah santan dengan mengikuti resep masakan hidangan telur ceplok pedas berkuah santan di bawah ini.



Adapun resep masakannya adalah sebagai berikut:
Bahan resep telur ceplok pedas kuah santan
8 butir telur ayam negeri
2 lembar daun salam
4 lembar daun jeruk (tulang daun jeruk dibuang)
1 batang serai (ambil bagian putih kemudian dimemarkan)
1 papan petai kemudian belah dua
450 ml Sasa Santan Kelapa
2 sendok teh garam
1 ¼  sendok teh gula pasir
2 sendok teh air asam (campuran dari 1 sendok teh asam jawa dengan 1 sendok makan air)
3 sendok makan minyak goreng untuk proses menumis

Oh ya ibu, setiap kali memasak masakan yang menggunakan tambahan santan, ada baiknya ibu mengambil santanya dari parutan kelapa langsung. Atau kalau ibu kesusahan dalam memarut dan memeras, ibu bisa menggantinya dengan Sasa Santan Kelapa. Sebab Cuma Sasa Santan kelapa lah yang memiliki kualitas sama dengan santan kelapa dari parutan kelapa. Jadi rasa Telur Ceplok Pedas Berkuah Santan yang ibu buat tidak akan kehilangan rasa sedapnya. 

Apalagi Sasa Santan Kelapa ini tanpa pengawet, meski bisa disimpan dalam waktu yang lama, itu tidak lepas dari proses pengemasan yang higienis dan modern. Sehingga tidak cepat basi. Jadi pastikan saat membeli, kemasanya masih utuh dan tidak expired. Sasa Santan Kelapa juga memiliki aroma dan rasa se-segar kelapa yang langsung diperas. Itulah mengapa sangat rekomended banget menggunakan santan instan bernama Sasa Santan Kelapa. 

Bumbu resep telur ceplok pedas kuah santan:
7 buah bawang merah
3 buah bawang putih
2 cm kunyit lalu dibakar
4 buah kemiri lalu sangrai
1 cm lengkuas/ laos
4 buah cabai merah besar
2 buah cabai rawit besar
½ sendok teh merica
½  sendok teh ketumbar lalu sangrai

Setelah bahan-bahan tersebut telah ibu siapkan, maka ibu siap memulai memasak hidangan ini. Adapun cara memasak telur ceplok pedas kuah santan sebagai berikut :
  1. Pertama ibu mulai dengan menceplok telur satu per satu. 
  2. Setelahnya sisihkan telur-telur ceplok tersebut. 
  3. Tumis bumbu halus, daun salam, daun jeruk, dan serai sampai tercium aroma harum dari tumisan tadi. 
  4. Masukkan petai. Lalu aduk hingga menjadi layu.
  5. Tambahkan telur-telur ceplok tadi dan aduklah secara rata.
  6. Tambahkan santan, garam, gula, dan air asam. Ibu masak hingga matang. 
  7. Siap disajikan dan dihidangkan hangat-hangat biar mantap.
kelapa, kreasi masakan

Demikianlah resep masak telur ceplok pedas kuah santan. Bagaimana ibu rasa telur ceplok pedas berkuah santan yang ibu buat? Pasti enak bukan dan membuat anak - anak serta suami makin senang makan di rumah. Oh ya, Sasa Santan kelapa itu juga cocok lho bu untuk segala jenis masakan makanan dan minuman. Jadi bisa untuk buat opor ayam dan kolak juga. Karena Sasa santan, aslinya santan.