Aman dan Nyaman Berkendara Dengan Jas Hujan


jas hujan
sumber: pixabay

Bulan November ini curah hujan di Pekanbaru relative tinggi, dalam satu minggu setidaknya ada 3 hari dimana hujan turun berturut-turut. Pekanbaru yang biasanya memiliki suhu udara cukup panas sekitar 30-33 derajat menjadi tinggal 24-26 saja. Meskipun bagi sebagian orang suhu yang dingin ini adalah sebuah keberuntungan sebab selama setahun lebih sering dipanggang panas ketimbang hujan. Namun tidak jarang banyak yang mengeluh karena seringnya turun hujan.

Kebanyakan mereka yang mengeluh itu adalah para pengendara motor yang tidak bisa keluar ketika hujan turun. Mereka akan menepi di pinggir jalan menunggu hujan berhenti untuk kemudian melanjutkan perjalanan. Jika sudah hujan pemandangan seperti ini bisa terjadi hampir di setiap ruas jalan protocol dan otomatis menambah kemacetan. Sebab para pengendara motor ini seringkali memarkirkan motornya sembarangan. Hujan yang lebat, pengendara yang menepi, memarkirkan motornya sembarangan dan banjir yang selalu terjadi ketika hujan lengkaplah sudah. 

Sebagai manusia yang diberi akal pikiran tentunya kita adalah mahluk yang paling bisa bertahan dari berbagai cuaca. Begitu pula ketika musim hujan tiba. Sebenarnya hal seperti ini tidaklah harus terjadi ketika setiap pengendara bermotor menyadari bahwa keselamatan berkendara bukan hanya terletak pada kondisi motor yang baik dan helm saja melainkan ada satu benda lagi. Apakah itu? Jas hujan.
Jas hujan merupakan asset penting dalam berkendara.

Kenapa jas hujan menjadi penting? Sebab dengan selalu menyediakan jas hujan di jok motor kita tidak perlu cemas jika hujan turun. Sebagai pengendara motor keselamatan diri dan penumpang misalnya istri, anak dll menjadi tanggung jawab pengendara. Maka menyediakan jas hujan bukan hanya menyelamatkan diri sendir tapi juga orang yang di bawa. 

Jika yang dibawa itu orang dewasa mungkin resiko demam karena hujan bisa diminimalisir. Namun bagaimana jika yang dibonceng itu anak-anak dan balita? Tentu resikonya makin tinggi bukan? Nah, pernahkah terpikir untuk menyediakan jas hujan di jok motor kita demi mereka?

Jas hujan seringkali menjadi benda yang terabaikan dengan alasan jas hujan lebar, susah dipakai, terasa panas dan lain-lain. Padahal jas hujan memiliki banyak model dan bahan loh. Yuk kita cari tahu.

Model jas hujan
  • Jas hujan jumpsuit yaitu jas hujan terusan dari kaki sampai ke badan seperti pakaian para montir.
  • Jas hujan stelan yaitu satu stel terpisah antara bawahan dan atasan.
  • Jas hujan rok untuk wanita dengan bawahan model rok serta atasan lebar hingga tidak membentuk tubuh.
  • Jas hujan muslimah dengan model terusan seperti abaya namun lebih lebar.
  • Jas hujan kelelawar yang melebar dibagian lengan terus ke bawah tanpa ada celana atau rok sebagai bawahan.
  • Jas hujan transparan tidak hanya bisa dipakai saat hujan tapi juga untuk berolah raga supaya keringat cepat keluar.
  • Jas hujan kids khusus untuk anak-anak dengan motif boneka yang lucu.
  • Jas hujan instant berbahan dari plastic tipis yang bisa dipakai sekali saja.
Merk jas hujan dengan kelebihannya masing-masing
Setiap jas hujan memiliki fungsi yang sama yaitu melindungi kita dari hujan namun ada beberapa merk jas hujan yang memiliki kelebihan dan kekurangan baik dari segi bahan dan modelnya misalnya:

Axio. Di antara merk jas hujan, axio bisa dibilang memiliki kualitas yang baik. Bahannya tebal dengan tambahan purin dibagian dalam dan taslan dibagian luar yang tahan air. Jahitannya steam seal rapat sehingga air tidak dapat masuk.

Eiger. Siapa yang tidak kenal dengan brand satu ini. Baik dari sepatu, tas, baju hingga jas hujan semuanya memiliki kualitas yang baik. Ciri eiger dalam membuat produk terletak pada keamanannya yang tinggi termasuk juga jas hujannya.

Tiger head adalah jas hujan produksi asli Indonesia dengan kualitas dan modelnya yang selalu berinovasi dari tahun ke tahun. Tidak heran jika tiger head dapat bertahan dari dulu hingga kini. Jas hujan yang diproduksi tidak hanya sebatas untuk pengendara motor tapi juga untuk para pendaki.

Sun flower adalah jas hujan yang friendly untuk wanita dengan desainnya yang feminine berupat training longgar dan juga rok sebagai bawahan membuat sun flower menjadi pilihan bagi muslimah syar’I yang ingin tetap aman di selama hujan.

Beberapa merk jas hujan di atas adalah sebagian dari berbagai merk dan model yang tersedia di pasar. Kamu tinggal pilih mana yang paling sesuai untuk kebutuhan. Yang penting adalah keamanan dan kenyamananmu selama berkendara di tengah hujan.