10 Oktober 2011

MUHAMMAD AZAMSYAH

MUHAMMAD

Muhammad bin ‘Abdullāh adalah seorang manusia yang berasal-usul dari keluarga sederhana, yang diangkat ALLAH SWT untuk menegakkan dan menyebarkan agama terbesar di dunia, Agama Islam sebagai Nabi dan Rasul Allah SWT. Dan pada saat yang bersamaan tampil sebagai seorang pemimpin tangguh, tulen, dan efektif serta sekaligus merupakan pebisnis tangguh. Artikel lengkapnya dapat dibaca di :
* Rahasia Bisnis Rasululah
* Nabi Muhammad dan Lingkungan Hidup
* Cahaya Dari Bukit Shafa dan Muhammad Sang Pembebas

...seorang manusia yang memiliki pribadi yang mengagumkan, seorang pahlawan yang tidak pernah bergeming melawan kekejaman, kebrutalan dan kebengisan dalam berbagai kondisi, demi terwujudnya cinta kasih antar sesama manusia, keadilan, kebebasan dan masa depan yang sentosa dan sejahtera, tanpa diskriminasi, baik terhadap orang-orang yang beriman kepada kenabiannya, maupun orang-orang yang mengingkarinya. Semua mendapat pengayomannya.

AZAM

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), AZAM diartikan sebagai "Teramat mulia" terutama dipakai dalam kesusasteraan Melayu Klasik yang diambil dari bahasa Arab. Pengertian lainnya dalam KBBI disebutkan bahwa AZAM adalah "tujuan; cita-cita; maksud", ber•a•zam artinya "bermaksud;", meng•a•zam•kan artinya "memaksudkan; berniat akan;".

AZAM asal muasalnya dari bahasa Arab, yaitu "al-`azmu". Kata ini biasanya berarti sama dengan "al-iraadah al-qawiyyah" (keinginan kuat), tetapi bukan ambisi. AZIIM adalah orang yang punya sifat AZAM yaitu orang yang berkeinginan kuat. Selain daripada itu, ternyata kata AZAM juga terdapat di dalam Al-Qur'an pada surat ke-3 Ali Imran ayat 159.

Ali Imran (آل عمران) ayat 159
ali imran surah 3 ayat 159
fabimaa rahmatin mina allaahi linta lahum walaw kunta fazhzhan ghaliizha alqalbi lainfadhdhuu min hawlika fau'fu 'anhum waistaghfir lahum wasyaawirhum fii al-amri fa-idzaa 'azamta fatawakkal 'alaa allaahi inna allaaha yuhibbu almutawakkiliina

[3:159] Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu ma'afkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya.

Sahih International
So by mercy from Allah , [O Muhammad], you were lenient with them. And if you had been rude [in speech] and harsh in heart, they would have disbanded from about you. So pardon them and ask forgiveness for them and consult them in the matter. And when you have decided, then rely upon Allah . Indeed, Allah loves those who rely [upon Him].

Ayat ini menjelaskan tentang : (i) bersikap lemah lembut, memaafkan dan bermusyawah (ii) jika mempunyai keinginan, maka sandarkan kepada Allah, yang disebut tawakal, dan (iii) karena Allah sangat cinta kepada orang-orang yang bertawakal.

Ummat Islam harus punya keinginan kuat, yang bukan sekadar keinginan tanpa dasar apapun. Keinginan (`azam) yang besar itu harus memiliki sandaran vertikal kepada Allah yang dinamakan "tawakal". Sebelum tawakal, didahului dengan usaha, ikhtiyar, doa, lalu tawakal.

SYAH/SHAH

SHAH berasal dari bahasa Persia yang berarti "Raja" atau "Yang Benar" atau "Berguna". Orang Melayu atau orang Indonesia secara umum merubah menjadi SYAH dengan pengertian yang sama atau sebagai pelengkap nama. Menurut bahasa Arab, diartikan sebagai "Benar". Terlepas dari itu, SYAH adalah nama awal.

*****

Karena itu maka....
Ia kami beri nama MUHAMMAD AZAMSYAH diiringi doa agar ianya dapat mengikut sifat dan sikap yang teramat mulia dari Nabi Besar Muhammad SAW secara benar, dan semoga ianya selalu dalam lindungan dan rahmat serta keberkahan dari ALLAH SWT.

Amin.. amin.. amin ya rabbil alamin..
amin ya rahman
amin ya rahim
amin ya mujibassailin


Jazakumullah khairan katsiran.
Wa jazakumullah ahsanal jaza
Attayaya Yar Zam dan Bintang Air

MUHAMMAD AZAMSYAH
Biasa dipanggil Azam, Bujang atau Awang
Lahir di Pekanbaru (Rumah Sakit Pekanbaru Medical Center) secara normal dibantu oleh dr. Sri Maryati pada tanggal 5 Oktober 2011 jam 23.40 wib dengan berat 2,9kg dan panjang 47cm. Foto diambil pada tanggal 9 Oktober 2011 jam 16.30 wib.






55 komentar:

  1. waaaaaaaaawwwwww,,,, Hampir mirip namakuu,,,cicicicic

    BalasHapus
  2. Waaaaaaaaaaaaa.... Ada ponakan.. ada ponakannnnnn

    Alhamdulilah... Alhamdulilah.. senenggggg....

    Semoga bisa ketemu yah, nanti :)
    Semoga menjadi anak yang sholeh, berbakti kepada orang tua bergmanfaat untuk agama dan berguna bagi bangsa. Insya Allah :)

    BalasHapus
  3. Selamat Bang atas kelahiran buah hati tersayang. Semoga kelak menjadi anak yang sholih. Peduli sesama, peduli lingkungan.

    BalasHapus
  4. MUHAMMAD AZAMSYAH
    Hmmm setelah sy baca penjelasan/makna 2 kata ini, saya setuju, pilihan Nama buat si Buah Hati tepat sekali Bang, semoga si Buah Hati yg menggemaskan ini kelak menjadi anak yang sholeh, berbakti pada orang tua, dan berguna untuk agama, bangsa dan negara....

    salam ya buat si kecilnya Bang...

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah... selamat Bang atas kelahiran putra tercintanya, semoga menjadi anak yang soleh, berbakti pada orang tua, memiliki pribadi mengagumkan yang berguna bagi agama, nusa dan bangsa, amin.. amin.. amin, Insya Allah.

    BalasHapus
  6. Selamat ya bang atta atas kelahiran putera pertamanya. Semoga bisa menjadi anak yang sholeh, berbakti kepada orangtua, bangsa negara dan agama. Dan pastinya bisa menjadi orang sukses ya :)

    BalasHapus
  7. SEmoga menjadi Lelaki Terbaik kebanggaan Ayah dan Ibu serta Agama dan SEmoga hidupnya terpelihara jauh dari keburukan dan Terlindung dari tipu daya setan Amin

    BalasHapus
  8. selamat y bang attayaya atas buah hatinya...
    semoga mnjadi anak yg soleha :),

    BalasHapus
  9. Selamat datang Azam... Akhirnya muncul juga fotomu ya? Hemm... namanya cakep, secakep baby-nya deh.

    Semoga Azam tumbuh sbg anak yg sholeh, berbakti pada orang tua dan menjadi kebanggaan keluarga, bangsa dan negara. Amin.

    BalasHapus
  10. Selamat...selamat...moga ibu dan anak sehat-sehat ya Bang.

    Bang , nama memiliki arti yang sangat bagus..moga kelak ketika besar bisa menjadi kebanggaan untuk semua ya Bang.

    Kalau boleh tau ini anak yang keberapa Bang.

    BalasHapus
  11. Wuuuaaaaaaaaaaaahhh
    Alhamdulillaaaaaah udah melahirkan. jagoan kecil, Azam....
    jadi inget sinetron PPT ya
    hehehehee....

    Cakep bener si Azam kecil nih
    semoga sehat terus... minum ASI aja ya Sayang, jangan minum yang lain...

    BalasHapus
  12. Horeeeeeeee...
    Dija punya adik baruuuuu

    BalasHapus
  13. Alhamdulillah Attayaya Junior telah lahir dengan selamat ya Bro, salam kenal dari Om Blogger Borneo. Insya Allah ada jodoh dan rejeki bisa saling bersilaturahmi. Jadi anak soleh dan cerdas ya pangeran kecilku, semoga sehat selalu. Aminnn...

    BalasHapus
  14. anak smp turut berbahagia Bang, tentang Ortu yang memberi nama Muhammad kepada anaknya katanya nanti ortu tsb di alam barzakh diringankan siksanya....

    BalasHapus
  15. wah bakalan jadi seorang Raja :D. selamat ya bang, moga jadi anak sholeh,jd teringat iklan google chrome. sang ayah membikinkan akun email, socmed dll si anak yg masih kecil agar kelak bs digunakan ketika dewasa dimana berisi rekaman/kisah jaman kecil :D

    BalasHapus
  16. alhamdulillah,

    allo cah ganteng, tang kintung kintang kintung.. :D

    selamat atas anugrah yang tiada tara

    'jadi inget kalo kalo ane juga mo punya ponakan baru bulan depan'


    nama attayaya zam , disingkat azam juga ya bang :D

    BalasHapus
  17. wow mantabs.... semoga kelak menjadi orang yang sesuai namanya :D

    BalasHapus
  18. ganteng bener bang Azam. salam buat mbak wina semoga sehat selalu ya

    BalasHapus
  19. Selamat ya Bang atas kelahiran putra anda Muhammad Azamsyah.
    Salam sukses dan bahagia.

    BalasHapus
  20. Siapalah Muhammad Azam yg komentar diblogku. Kupikir blogger nyasar nih, ternyata Attayaya Junior. Maaf ya om,belum sempat lihat.

    BalasHapus
  21. salam knl juga Muhammad Azamsyah..:)

    nama yg bagus om.
    ganteng lagi.sama gantengnya dengan alfi om :)

    BalasHapus
  22. alhamdulillah, semoga menjadi anak yg soleh :)

    BalasHapus
  23. anak ke berapa bu? wuih disempat2in posting. hebat. semoga sehat selalu

    BalasHapus
  24. Amiin semoga menjadi anak yang sholih dan menjadi anak yang sesuai harapan yang tersandang dalam namanya
    dan juga harapan ibu bapaknya

    selamat ya...

    BalasHapus
  25. muhammad adalah orang yg menjadi penutan semua orang...

    weww anaknya bang atayaya yo.. lutunya xixix

    BalasHapus
  26. Barakallah, Alhamdulillah mas atta, selamat ya atas kelahiran putranya, semoga menjadi anak seperti harapan orangtuanya sebagaimana namanya, bagus banget namanya mas... kelak dede menjadi anak yang memiliki tekad yang kuat sebagaimana Rasulullah Muhammad Shalallahu 'alaihi wassalam, menjadi penyejuk hati kedua orang tua, dan menjadi seorang hamba Alloh yang memiliki keimanan dan ketaqwaan yang kuat. Amin Ya Robbal Alamiin... :)

    BalasHapus
  27. selamat yaa..
    jangan lupa kalo udah gede ajarin ngeblog juga.. :D

    BalasHapus
  28. ada muhammad-nya, aku juga...kita sodara dong. ciluk ...ba!

    BalasHapus
  29. Selamat mas atas kelahiran putranya...semoga menjadi lentera dalam keluarga...namanya bagus mas..sekali lagi selamat mas *shake hand

    BalasHapus
  30. ih anaknya cakep...boleh gendong gak? hehee..ponakanku nih..hi hihi..selamat yaa

    BalasHapus
  31. amin amin amin.......
    terima kasih untuk semua do'anya

    BalasHapus
  32. wewww anaknya laki2 ternyata, baru tahu neh xixixi
    semoga menjadi leki2 yg berguna bagi nusa n bangsa ya bang

    BalasHapus
  33. selamat ya bang Atta atas kelahiran anaknya

    Halo dede Azam jadi anak yg baik ya berbhakti sama orang tua ^_____^
    namanya Azam jadi ingat kayak Ustad Azam di Film KCB hehe

    BalasHapus
  34. Dear Bang Atta & Mbak Wina.

    Subhanallah........ alhadulillah..... allahuakbar 3x....

    Selamat atas kelahiran Putra nya yang sangat cute. Maaf terlambat untuk berkunjung lagi..... harap maklum... gak setiap waktu ada di office dan melihat perkebangan peradaban dunia maya.......

    Do'a orang tua dari ananda Azam semoga menjadi rahmat dan Allah SWT selalu mencucuri keluarga besar Bang Atta dengan segala kemudahan dan menghindarkan segala kesulitan. Amiiiiiinnnn...


    Warmest regards.
    Keluarga Zulfadhli & Susan Noerina
    Miri Sarawak Malaysia

    BalasHapus
  35. alhamdulillah, ikut seneng atas anugerah titipan. ciluuuuuk ba.
    di minggu2 awal biasanya papa di ajak ronda malam ya Bang

    BalasHapus
  36. nama yg bagus.... semoga kelak menjadi anak yg sholeh, dan berbakti kpda orang tua, dan bguna buat semua orang di sisi2nya.. amin... :D

    BalasHapus
  37. nama yang baik terkandung doa yang mulia.
    Muhamad Azamsyah sangat lucu membuat sang ortu ingin cepet pulang.

    BalasHapus
  38. nama adalah sebuah Do'a... Semoga nantinya akan senantiasa menebar kemuliaan untuk lingkungan sekelilingnya. Amin...

    BalasHapus
  39. generasi kita telah hadir....meski bukan anak kita sendiri, namun sebenarnya itu juga anak kita...diri kitalah yang terus menerus melanjutkan cerita dengan berganti bentuk dan nama...selamat ya

    BalasHapus
  40. Alhamdulillah.. Selamat yaaah.. memang hak anak dari orangtuanya adalah mendapat nama yang baik.

    semoga jadi anak yang sholeh dan berbakti kepada kedua orangtuanya :)

    BalasHapus
  41. selamat ya bang Atta, semoga Muhammad Azzamsyah menjadi anak sholeh yg bisa menyebabkan kedua ortunya masuk syurga,amin

    salam kenal

    BalasHapus
  42. Alhamdulilah wasyukurillah. Selamat datang di dunia ini, Muhammad azamsyah. Semoga Allah menjadikanmu anak yang sholeh, sehat, cerdas, berbakti kepada orang tua, berguna bagi nusa, bangsa dan juga sesama. Amin.

    Mohon maaf, sangat terlambat. Sebenarnya sudah dengar kabar ini dari mbak Anaz, tapi baru sempat sekarang silaturahim ke sini. Meski terlambat, semoga tidak mengurangi kebahagiaan Pak Atta dan juga keluarga.

    Salam hangat untuk keluarga tercinta.

    BalasHapus
  43. Alhamdulillah..
    amin amin amin
    makasih ya atas semua do'anya

    BalasHapus
  44. Semoga menjadi anak sholeh, investasi akhirat, berbakti kepada kedua orang tua, baik dan tidak sombong..

    BalasHapus
  45. mirip mbak wina ya oom :))

    BalasHapus
  46. miriplaaah
    kan anaknya hehehehe

    BalasHapus
  47. selamat ya Bang Atta, sama mba Wina nya...
    maaf nih aku baru bs mampir skrg..baru bs nengok dede nya.
    namanya bgs bgt... sama2 punya "Syah" ya...
    ^_^
    panjangnya sama, tp beratnya beda, kalo anakku 2,7kg

    BalasHapus
  48. Semoga menjadi anak yang sholeh, dan berbakti kepada kedua orang tua, agama, bangsa dan negara..amin...
    (maaf terlambat menyampaikan ucapan selamatnya ..)

    BalasHapus

Copyright © 2013 attayaya: MUHAMMAD AZAMSYAH | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah