Cara Membuat Dimsum Pelangi Yang Enak


Dimsum memang sangat viral di tahun ini. Rasanya yang enak dan pedasnya sambal membuat dimsum makin banyak penggemarnya. Tidak jarang orang masih membuka usaha dimsum. Bahkan kii dimsum banyak sekali varian rasanya. Dimsum juga banyak sekali jenis rasanya sekarang ini. Semakin banayk inovasi yang bermunculan. Dimsum juga sudah jadi cemilan di rumah yang disukai. Maka para ibu-ibu agar dapat banyak, bisa buat sendiri cemilan dimsum ini. Berikut cara membuat dimsum yang enak.


1.    Cara Membuat Dimsum Ayam  



Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat dimsum ayam ini adalah siapkan bahan isian berupa daging ayam 500 gram, bawang putih 4 siung, putih telur 1 butir, saus tiram 1 sendok makan, minyak wijem 1 sendok makan, kaldu jamur 1 sendok teh, garam 1 sendok teh, lada halus ½ sendok teh, te[ung tapioca 5 sendok makan, dan daun bawang 1 batang. Sekarang siapkan baha olesannya yaitu air 2 sendok makan dan minyak makan 2 sendok makan. Toppingnya siapkan wortel 2 buah diparut. Siapkan juga kulit dimsum 36 lembar yang sudah jadi.


Cara Membuat Dimsum Ayam:

Anda masukkan semua bahannya dan campur jadi satu. Anda bisa masukkan bahannya sesuai dengan urutannya. Anda cicip jika kurang rasa, bisa tambahkan garam dan gula. Tentu saja dimasak dahulu isiannya dengan ditumis.

Sekarang buat dimsumnya dengan mengambil 1 lembar kulit dimsumnya dan kemudian beri isiannya dan berikkan topping. Anda tata Loyang apa saja yang sudah diolesi minyak dan kemudian lakukan hingga selesai. 

 Kukus dimsumnya selama kurang lebih 35 menit. Tambahkan wortel parut yang sudah halus ke semua dimsunya. 

 Setelah itu anda bisa buat sausnya dengan cabe kering ditumis bersama kaldu jamur dan sajikan.

2.   Cara Membuat Ceker Dimsum  



Sajian dimsum yang berbeda memang sangat dibutuhkan untuk dijual kembali. Seperti ceker dimsum ini bisa jadi ide bisnis yang baru. Bahan yang diperlukan untuk ceker dimsum ini adalah ceker ayam yang siap diolah sebanyak 500 gram. Setelah itu siapkan air yang sudah diberikan es batu secukupnya, jahe geprek 2 ruas, dan bunga lawang 3 buah. Siapkan air 600 ml juga.
Sekarang siapkan bahan sausnya yaitu saus sambal 4 sendok makan, kecap manis 2 sendok makan, saus tiram 1 sendok makan, gula pasir cokelat atau brown sugar 2 sendok makan, garam, kaldu bubuk dan kecap asin 1 sendok makan. Siapkan juga bawang putih 4 siung da cabe rawit 17 biji dihaluskan.


Cara Membuat Ceker Dimsum:

Marinasi dahulu cekernya selama kuram lebih 35 menit dengan dilumuri garam dan dimasukkan ke kulkas. Setelah itu anda goreng dahulu cekernya di minyak panas hingga berubah warna menjadi coklat. Setelah itu angkat cekernya dan masukkan ke dalam air berisi es. Diamkan cekernya hingga mengembang dan setelah itu tiriskan cekernya.

Tumis bumbunya yaitu dengan memasukkan bumbu halusnya dengan ditambahka bunga lawing, jahe dan kemudian masukkan ceker ayamnya yang sudah mengembang tadi. 

Baha sausnya diberikan air dan masak hingga bumbunya meresap. Masukkan dimsum ceker ke dalam piring dan makan dengan nasi hangat. 

 Ketika memasak atau menggoreng dimsum ceker ini, anda tutup dengan tutup panci atau tutu papa saja. Dikarenaka ketika menggoreng cekernya, cipratan minyak akan banyak sekali karena lemaknya banyak.