Mengenal Perbedaan Manga Dan Komik, Meski Sangat Mirip, Tetapi Tetap Berbeda


Manga semakin menjadi bacaan favorit banak orang karena ada berbagai genre dan keseruan di dalamnya. Ada berbagai macam judul manga yang populer dan terus dinanti-nantikan untuk update terbarunya di situs manga terbaik. Tingkat popularitas manga juga didukung banyaknya versi terjemah bahasa Indonesia. Sehingga makin memudahkan kita para pembaca manga untuk menikmatinya. Walau memang sudah tak asing, ada masih banyak orang yang belum paham perbedaan manga dengan komik. 


Bedanya Komik Dan Manga
Kalau dilihat secara sepintas, memang komik dan manga itu sepertinya sama saja. Keduanya ialah cerita yang tersaji dalam gambar. Ada perbedaan terbesar tetapi antara manga dengan komik yaitu terletak pada genre, asal usul, ceritanya, gaya penggambaran di dalamnya dan sebagainya. Manga itu sendiri dikembangkan pada abad 19 di negara Jepang. Pada umumnya, manga ini dibuat dengan bahasa Jepang. Sementara genre untuk bacaan manga tersebut mulai dari romance, action, horror, fantasy, dan lain sebagainya. 


Aspek penggambaran karakter manga juga mempunyai ciri khas serta gaya tersendiri. Karakter manga sering digambarkan mirip orang sesungguhnya. Tetapi memiliki ciri yang khas seperti matanya yang besar dengan mulut dan hidung yang cenderung berukuran kecil. Sementara cara membaca manga pada umumnya juga dari kiri-kanan. Sama halnya dengan bagaimana kita membaca teks berbahasa Jepang. Ketika diterjemahkan ke bahasa Indonesia, manga tetap kerap kali tercetak dengan cara pembacaan kiri-kanan.


Lalu Apa Yang Dimaksud Dengan Komik?
Komik memiliki arti berdasarkan Franz & Meier yaitu cerita yang gerakan beserta tindakannya berbentuk gambar, diselingi dengan kata-kata berurut dan dibuat khas. Sehingga seperti manga, komik juga hadir dengan gambar termasuk dengan berbagai genre yang berbeda. Tetapi komik ini tidak hanya dibuat dengan bahasa Jepang atau tidak mesti dari Jepang. Terdapat berbagai macam komik yang diproduksi dari berbagai negara-negara lain. Misalnya seperti USA, Korea Selatan, Cina, dan bahkan dari Indonesia. Komik yang berasal dari negara-negara selain Jepang tidak dapat disebut manga. Kesimpulannya adalah manga ini ialah komik. Tetapi komik belum pasti adalah sebuah manga.


Beberapa Situs Penyedia Manga Online
Kalau sudah tahu perbedaan komik dengan manga, maka berikutnya pahami beberapa website yang bisa digunakan untuk membaca manga tersebut secara online. 


Klik Manga
Salah satuna ialah Klik Manga yang merupaakn situs manga online dengan koleksi lengkap, untuk mengaksesnya bisa secara gratis. Tetapi kalau dibandingkan dengan situs lain, memang KlikManga dirasa tidak terlalu rutin memperbaharui setiap koleksi/ update. Lewat situs Klik Manga ini juga terdapat banyak iklan cukup mengganggu saat membaca.


Mangashiro
Ada juga Mangashiro, situs baca komik manga online ini cukup dikenal. Hal tersebut tidak lepas karena koleksi jenis manga yang tersedia. Web Mangashiro mempunai hingga ribuan judul komik manga populer. Lewat situs ini ada berbagai macam genre manga yang berbeda-beda. Bahkan dapat dikatakan koleksi komik manga di situs web Mangashiro lebih banyak jika dibandingkan dengan berbagai situs lain. Mulai secara judul atau pun genre-nya. Koleksi manga situs ini juga sering up date. Pembaca tak perlu takut nantinay ketinggalan chapter episode terbaru dari judul manga favoritna. Ada keunggulan lain dari Mangashiro yaitu, untuk membaca manga online tidak perlu kalian mendaftar terlebih dulu. Tak ada biaya juga untuk berlangganan untuk para pembacanya.