23 Desember 2011

Pantai Rupat Bengkalis

Pantai Rupat Bengkalis terletak di Pulau Rupat Kabupaten Bengkalis, Propinsi Riau. Terdapat 2 karakteristik pantai-pantai di pulau tersebut. Karakteristik pantai di bagian timur, barat dan selatan pulau Rupat adalah pantai berlumpur dengan hutan manggrove. Sedangkan karakteristik pantai utara Pulau Rupat adalah berpasir putih yang cukup keras untuk dilalui kendaraan. Pantai pasir putih di pulau Rupat Utara memanjang hampir lurus sejauh kurang lebih 12 km dan berada dalam wilayah 3 desa. Hal ini menyebabkan penyebutan nama pantai itu pun menjadi bermacam macam. Ada menyebutnya Pantai Tanjung Lapin maupun Pantai Teluk Rhu. Masyarakat sekitar akhirnya sepakat menyebut 1 nama saja yaitu PANTAI PESONA PULAU RUPAT UTARA. Pantai ini langsung berhadapan dengan Semenanjung Malaka. Jika menghadap Timur Laut akan berhadapan dengan Melaka Malaysia, sedangkan jika menghadap ke Utara, maka dari Rupat akan berhadapan dengan Port Dickson Malaysia. Jarak terdekat daratan Pulau Rupat Utara dengan Daratan Malaysia adalah sejauh 38 km yaitu di Tanjung Rusa dekat Port Dickson Malaysia.

Untuk mencapai Pulau Rupat Utara dapat melalui 2 jalur yaitu dari Pelabuhan TPI Bawah Jembatan Dumai menggunakan speedboat dengan biaya 100.000 rupiah, ataupun Speedboat dari Pelabuhan Camat Bengkalis dengan harga sekitar 150.000 rupiah. Speedboat kedua jalur itu akan berlabuh di Pelabuhan Tanjung Medang dan dapat melanjutkan dengan ojek ke utara Pantai Pesona dengan biaya 10-30 ribu rupiah tawar-menawar. Dari Bengkalis juga ada kapal pompong yang akan berlabuh di Kadoor (Kadur) Rupat dan dilanjutkan dengan ojek ke Pantai Pesona.

Kami dari Blogger Bertuah, aku dan Bang Ais, datang ke pantai tersebut tanggal 16-18 Desember 2011 mengikut rombongan Pelatihan Bela Negara RSUD Bengkalis. Sebenarnya kami hanya mau menebeng transportasi dari Bengkalis ke Pulau Rupat yang akhirnya ditunjuk menjadi tukang photo acara tersebut hahahaha... Asyiiik juga neh acara. Kami diberi akomodasi penginapan berupa perkemahan sama seperti peserta atau rombongan lainnya. Walaupun ada penginapan Afira di Pantai Pesona tersebut, tapi kami tetap menggunakan kemah sesuai jadwal acara Pelatihan Bela Negara tersebut.

Dengan badanku yang kurang fit karena demam, aku lebih banyak tidur di kemah. Urusan potret-memotret kuserahkan kepada Bang Ais. Hajaaaar....

Sunset dan Sunrise Pantai Pesona Pulau Rupat

Tidak dapat melihat dengan jelas sunset dan sunrise. Pertama karena kondisi cuaca waktu itu adalah berawan. Kedua posisi matahari terbit (sunrise) hampir sejajar terhadap pantai. Posisi matahri terbenam (sunset) berada di belakang pantai. Ya sutralaaaah... Jika kondisi cuaca bagus mungkin akan terlihat sunset dan sunrise dengan lebih indah.

Secara keseluruhan, pantai yang memanjang 12 km itu sangatlah indah. Suatu berkah bagi Pulau Rupat yang sedang dikembangkan untuk menjadi Pulau Wisata bagi Kabupaten Bengkalis. Jalan poros Rupat Selatan menuju Rupat Utara akan dibangun 2012 ini. Demikian juga halnya dengan listrik akan dinaikkan kapasitasnya. Saat kami datang, listrik hidup dari sore sampai pagi hari saja. Bersiap-siap ngecas (charging) seluruh gadget pada malam hari. Maka siang hari lupakanlah gadgets, nikmati saja seluruh keindahan Pantai Pesona Pulau Rupat Utara.

Pantai Rupat Bengkalis

Pantai Rupat Bengkalis Pesona Tanjung Lapin

Pantai Rupat Bengkalis Pesona Tanjung Lapin

Pantai Rupat Bengkalis Pesona Tanjung Lapin

Pantai Rupat Bengkalis Pesona Tanjung Lapin


Copyright © 2013 attayaya: Pantai Rupat Bengkalis | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah