11 December 2008

Indeks Persepsi Korupsi

Indeks Persepsi Korupsi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Indeks persepsi korupsi di dunia, 2006.
Biru menunjukkan sedikit korupsi,
merah menunjukkan banyak korupsi


Semenjak tahun 1995, Transparansi Internasional telah menerbitkan Indeks Persepsi Korupsi (IPK) setiap tahun yang mengurutkan negara-negara di dunia berdasarkan persepsi (anggapan) publik terhadap korupsi di jabatan publik dan politis.

Survei tahun 2003 mencakup 133 negara. Hasilnya menunjukan tujuh dari setiap sepuluh negara (dan sembilan dari setiap sepuluh negara berkembang) memiliki indeks 5 poin dari 10.

Pada 2006 survei mencakup 163 negara. Indonesia berada pada peringkat 130 dari 163 negara tersebut dengan nilai indeks 2,4.


Pada 2007 survei mencakup 180 negara. Indonesia berada pada peringkat 145 dari 180 negara tersebut dengan nilai indeks 2,3.

Nilai dari indeks ini sedang didebatkan, karena berdasarkan survei, hasilnya tidak bisa dihindarkan dari bersifat subyektif. Juga, apa yang didefinisikan atau dianggap sah sebagai korupsi berbeda-beda di berbagai wilayah hukum: sumbangan politis sah di satu wilayah hukum mungkin tidak sah di wilayah lain; sesuatu yang dianggap sebagai pemberian tip biasa di satu negara bisa dianggap sebagai penyogokan di negara lain. Dengan demikian, hasil survei harus dimengerti secara khusus sebagai pengukuran persepsi (anggapan) publik, bukannya satu ukuran yang obyektif terhadap korupsi.

Negara-negara terbersih dan terkorup didunia

Menurut survei 2006 , negara terbersih adalah:

  • Islandia, Finlandia, Selandia Baru 1/163
  • Denmark 4/163
  • Singapura 5/163
  • Swedia 6/163
  • Swiss 7/163
  • Norwegia 8/163
  • Australia, Belanda 9/163

Menurut survei 2006 , negara terkorup adalah:

  • Belarusia, Kamboja, Pantai Gading, Guinea Khatulistiwa Uzbekistan 151/163
  • Republik Demokrasi Kongo, Chad, Bangladesh, Sudan 156/163
  • Guinea, Irak, Myanmar 160/163
  • Haiti 163/163

Indeks Persepsi Korupsi
2001 - 2006

Negara atau wilayah

Survei 2001

Survei 2002

Survei 2003

Survei 2004

Survei 2006

Indeks

Ranking

Indeks

Ranking

Indeks

Ranking

Indeks

Ranking

Indeks

Ranking

Afghanistan

2.5

117/159

Albania

2.5

81/102

2.5

92/133

2.4

126/159

2.6

111/163

Aljazair

2.6

88/133

2.8

97/159

3.1

84/163

Angola

1.7

98/102

1.8

124/133

2.0

151/159

2.2

142/163

Argentina

3.5

57/91

2.8

70/102

2.5

92/133

2.8

97/159

2.9

93/163

Armenia

3.0

78/133

2.9

88/159

2.9

93/163

Australia

8.5

11/91

8.6

11/102

8.8

8/133

8.8

9/159

8.7

9/163

Austria

7.8

15/91

7.8

15/102

8.0

14/133

8.7

10/159

8.6

11/163

Azerbaijan

2.0

84/91

2.0

95/102

1.8

124/133

2.2

137/159

2.4

130/163

Bahrain

6.1

27/133

5.8

36/159

5.7

36/163

Bangladesh

0.4

91/91

1.2

102/102

1.3

133/133

1.7

158/159

2.0

156/163

Barbados

6.9

24/159

6.7

24/163

Belarusia

4.8

36/102

4.2

53/133

2.6

107/159

2.1

151/163

Belgia

6.6

24/91

7.1

20/102

7.6

17/133

7.4

19/159

7.3

20/163

Belize

4.5

46/133

3.7

62/159

3.5

66/163

Benin

2.9

88/159

2.5

121/163

Bhutan

6.0

32/163

Bolivia

2.0

84/91

2.2

89/102

2.3

106/133

2.5

117/159

2.7

105/163

Bosnia-Herzegovina

3.3

70/133

2.9

88/159

2.9

93/163

Botswana

6.0

26/91

6.4

24/102

5.7

30/133

5.9

32/159

5.6

37/163

Brazil

4.0

46/91

4.0

45/102

3.9

54/133

3.7

62/159

3.3

70/163

Bulgaria

3.9

47/91

4.0

45/102

3.9

54/133

4.0

55/159

4.0

57/163

Burkina Faso

3.4

70/159

3.2

79/163

Burundi

2.3

130/159

2.4

130/163

Cambodia / Kamboja

2.3

130/159

2.1

151/163

Cameroon / Kamerun

2.0

84/91

2.2

89/102

1.8

124/133

2.2

137/159

2.3

138/163

Canada / Kanada

8.9

7/91

9.0

7/102

8.7

11/133

8.4

14/159

8.5

14/163

Central African Rep. / Rep.Afrika Tengah

2.4

130/163

Chad

1.7

158/159

2.0

156/163

Chili

7.5

18/91

7.5

17/102

7.4

20/133

7.3

21/159

7.3

20/163

China (RRT)

3.5

57/91

3.5

59/102

3.4

66/133

3.2

78/159

3.3

70/163

China Taiwan

5.9

27/91

5.6

29/102

5.7

30/133

5.9

32/159

5.9

34/163

Colombia / Kolombia

3.8

50/91

3.6

57/102

3.7

59/133

4.0

55/159

3.9

59/163

Costa Rica / Kosta Rika

4.5

40/91

4.5

40/102

4.3

50/133

4.2

51/159

4.1

55/163

C├┤te d'Ivoire / Pantai Gading

2.1

118/133

1.9

152/159

2.1

151/163

Croatia / Kroasia

3.9

47/91

3.8

51/102

3.7

59/133

3.4

70/159

3.4

69/163

Cuba / Kuba

4.6

43/133

3.8

59/159

3.5

66/163

Cyprus / Siprus

6.1

27/133

5.7

37/159

5.6

37/163

Czech Republic / Rep.Ceko

3.9

47/91

3.7

52/102

3.9

54/133

4.3

47/159

4.8

46/163

Congo / Kongo

2.1

144/159

2.0

156/163

Denmark

9.5

2/91

9.5

2/102

9.5

3/133

9.5

4/159

9.5

4/163

Dominika

4.5

53/163

Rep.Dominika

3.3

70/133

3.0

85/159

2.8

99/163

Ekuador

2.3

79/91

2.2

89/102

2.2

113/133

2.3

138/159

2.3

138/163

Egypt / Mesir

3.6

54/91

3.4

62/102

3.3

70/133

3.4

70/159

3.3

70/163

El Salvador

3.6

54/91

3.4

62/102

3.7

59/133

4.2

51/159

4.0

57/163

Equatorial Guinea

1.9

152/159

2.1

151/163

Eritrea

2.6

107/159

2.9

93/163

Estonia

5.6

28/91

5.6

29/102

5.5

33/133

6.4

27/159

6.7

24/163

Ethiopia

3.5

59/102

2.5

92/133

2.2

137/159

2.4

130/163

Fiji

4.0

55/159

Finlandia

9.9

1/91

9.7

1/102

9.7

1/133

9.6

2/159

9.6

1/163

France / Perancis

6.7

23/91

6.3

25/102

6.9

23/133

7.5

18/159

7.4

18/163

Gabon

2.9

88/159

3.0

90/163

Gambia

2.5

92/133

2.7

103/159

2.5

121/163

Georgia

2.4

85/102

1.8

124/133

2.3

130/159

2.8

99/163

Germany / Jerman

7.4

20/91

7.3

18/102

7.7

16/133

8.2

16/159

8.0

16/163

Ghana

3.4

59/91

3.9

50/102

3.3

70/133

3.5

65/159

3.3

70/163

Greece / Yunani

4.2

42/91

4.2

44/102

4.3

50/133

4.3

47/159

4.4

54/163

Grenada

3.5

66/163

Guatemala

2.9

65/91

2.5

81/102

2.4

100/133

2.5

117/159

2.6

111/163

Guinea

1.9

160/163

Guyana

2.5

117/159

2.5

121/163

Haiti

2.2

89/102

1.5

131/133

1.8

155/159

1.8

163/163

Honduras

2.7

71/91

2.7

71/102

2.3

106/133

2.6

107/159

2.5

121/163

Hong Kong, China

7.9

14/91

8.2

14/102

8.0

14/133

8.3

15/159

8.3

15/163

Hungaria

5.3

31/91

4.9

33/102

4.8

40/133

5.0

40/159

5.2

41/163

Islandia

9.2

4/91

9.4

4/102

9.6

2/133

9.7

1/159

9.6

1/163

India

2.7

71/91

2.7

71/102

2.8

83/133

2.9

88/159

3.3

70/163

Indonesia

1.9

88/91

1.9

96/102

1.9

122/133

2.2

137/159

2.4

130/163

Iran

3.0

78/133

2.9

88/159

2.7

105/163

Irak

2.2

113/133

2.2

137/159

1.9

160/163

Irlandia

7.5

18/91

6.9

23/102

7.5

18/133

7.4

19/159

7.4

18/163

Israel

7.6

16/91

7.3

18/102

7.0

21/133

6.3

28/159

5.9

34/163

Itali

5.5

29/91

5.2

31/102

5.3

35/133

5.0

40/159

4.9

45/163

Jamaika

4.0

45/102

3.8

57/133

3.6

64/159

3.7

61/163

Jepang

7.1

21/91

7.1

20/102

7.0

21/133

7.3

21/159

7.6

17/163

Jordan / Yordania

4.9

37/91

4.5

40/102

4.6

43/133

5.7

37/159

5.3

40/163

Kazakstan

2.7

71/91

2.3

88/102

2.4

100/133

2.6

107/159

2.6

111/163

Kenya

2.0

84/91

1.9

96/102

1.9

122/133

2.1

144/159

2.2

142/163

Kuwait

5.3

35/133

4.7

45/159

4.8

46/163

Kyrgyzstan

2.1

118/133

2.3

130/159

Laos

3.3

77/159

2.6

111/163

Latvia

3.4

59/91

3.7

52/102

3.8

57/133

4.2

51/159

4.7

49/163

Lebanon

3.0

78/133

3.1

83/159

3.6

63/163

Lesotho

3.4

70/159

3.2

79/163

Liberia

2.2

137/159

Libya

2.1

118/133

2.5

117/159

2.7

105/163

Lithuania

4.8

38/91

4.8

36/102

4.7

41/133

4.8

44/159

4.8

46/163

Luxembourg

8.7

9/91

9.0

7/102

8.7

11/133

8.5

13/159

8.6

11/163

Makao

6.6

26/163

Macedonia

2.3

106/133

2.7

103/159

2.7

105/163

Madagascar

1.7

98/102

2.6

88/133

2.8

97/159

3.1

84/163

Malawi

3.2

61/91

2.9

68/102

2.8

83/133

2.8

97/159

2.7

105/163

Malaysia

5.0

36/91

4.9

33/102

5.2

37/133

5.1

39/159

5.0

44/163

Mali

3.0

78/133

2.9

88/159

2.8

99/163

Malta

6.6

25/159

6.4

28/163

Mauritania

3.1

84/163

Mauritius

4.5

40/91

4.5

40/102

4.4

48/133

4.2

51/159

5.1

42/163

Meksiko

3.7

51/91

3.6

57/102

3.6

64/133

3.5

65/159

3.3

70/163

Moldova

3.1

63/91

2.1

93/102

2.4

100/133

2.9

88/159

3.2

79/163

Mongolia

3.0

85/159

2.8

99/163

Maroko

3.7

52/102

3.3

70/133

3.2

78/159

3.2

79/163

Mozambik

2.7

86/133

2.8

97/159

2.8

99/163

Myanmar

1.6

129/133

1.8

155/159

1.9

160/163

Namibia

5.4

30/91

5.7

28/102

4.7

41/133

4.3

47/159

4.1

55/163

Nepal

2.5

117/159

2.5

121/163

Belanda

8.8

8/91

9.0

7/102

8.9

7/133

8.6

11/159

8.7

9/163

New Zealand / Selandia Baru

9.4

3/91

9.5

2/102

9.5

3/133

9.6

2/159

9.6

1/163

Nicaragua

2.4

77/91

2.5

81/102

2.6

88/133

2.6

107/159

2.6

111/163

Niger

2.4

126/159

2.3

138/163

Nigeria

1.0

90/91

1.6

101/102

1.4

132/133

1.9

152/159

2.2

142/163

Norwegia

8.6

10/91

8.5

12/102

8.8

8/133

8.9

8/159

8.8

8/163

Oman

6.3

26/133

6.3

28/159

5.4

39/163

Pakistan

2.3

79/91

2.6

77/102

2.5

92/133

2.1

144/159

2.2

142/163

Palestina

3.0

78/133

2.6

107/159

Panama

3.7

51/91

3.0

67/102

3.4

66/133

3.5

65/159

3.1

84/163

Papua Nugini

2.1

118/133

2.3

130/159

2.4

130/163

Paraguay

1.7

98/102

1.6

129/133

2.1

144/159

2.6

111/163

Peru

4.1

44/91

4.0

45/102

3.7

59/133

3.5

65/159

3.3

70/163

Philipina

2.9

65/91

2.6

77/102

2.5

92/133

2.5

117/159

2.5

121/163

Polandia

4.1

44/91

4.0

45/102

3.6

64/133

3.4

70/159

3.7

61/163

Portugal

6.3

25/91

6.3

25/102

6.6

25/133

6.5

26/159

6.6

26/163

Qatar

5.6

32/133

5.9

32/159

6.0

32/163

Congo / Kongo

2.2

113/133

2.3

130/159

2.2

142/163

Rumania

2.8

69/91

2.6

77/102

2.8

83/133

3.0

85/159

3.1

84/163

Russia

2.3

79/91

2.7

71/102

2.7

86/133

2.4

126/159

2.5

121/163

Rwanda

3.1

83/159

2.5

121/163

Saudi Arabia

4.5

46/133

3.4

70/159

3.3

70/163

Senegal

2.9

65/91

3.1

66/102

3.2

76/133

3.2

78/159

3.3

70/163

Serbia

3.0

90/163

Serbia dan Montenegro

2.3

106/133

2.8

97/159

Seychelles

4.0

55/159

3.6

63/163

Sierra Leone

2.2

113/133

2.4

126/159

2.2

142/163

Singapura

9.2

4/91

9.3

5/102

9.4

5/133

9.4

5/159

9.4

5/163

Slovakia

3.7

59/133

4.3

47/159

4.7

49/163

Slovenia

5.2

34/91

6.0

27/102

5.9

29/133

6.1

31/159

6.4

28/163

Somalia

2.1

144/159

South Africa / Afsel

4.8

38/91

4.8

36/102

4.4

48/133

4.5

46/159

4.6

51/163

South Korea / Korsel

4.2

42/91

4.5

40/102

4.3

50/133

5.0

40/159

5.1

42/163

Spanyol

7.0

22/91

7.1

20/102

6.9

23/133

7.0

23/159

6.8

23/163

Sri Lanka

3.7

52/102

3.4

66/133

3.2

78/159

3.1

84/163

Sudan

2.3

106/133

2.1

144/159

2.0

156/163

Suriname

3.2

78/159

3.0

90/163

Swaziland

2.7

103/159

2.5

121/163

Swedia

9.0

6/91

9.3

5/102

9.3

6/133

9.2

6/159

9.2

6/163

Swiss

8.4

12/91

8.5

12/102

8.8

8/133

9.1

7/159

9.1

7/163

Suriah

3.4

66/133

3.4

70/159

2.9

93/163

Tajikistan

1.8

124/133

2.1

144/159

2.2

142/163

Tanzania

2.2

82/91

2.7

71/102

2.5

92/133

2.9

88/159

2.9

93/163

Thailand

3.2

61/91

3.2

64/102

3.3

70/133

3.8

59/159

3.6

63/163

Timor-Leste / Timtim

2.6

111/163

Trinidad and Tobago

4.6

43/133

3.8

59/159

3.2

79/163

Togo

2.4

130/163

Tunisia

5.3

31/91

4.8

36/102

4.9

39/133

4.9

43/159

4.6

51/163

Turki

3.6

54/91

3.2

64/102

3.1

77/133

3.5

65/159

3.8

60/163

Turkmenistan

1.8

155/159

2.2

142/163

Uganda

1.9

88/91

2.1

93/102

2.2

113/133

2.5

117/159

2.7

105/163

Ukraina

2.1

83/91

2.4

85/102

2.3

106/133

2.6

107/159

2.8

99/163

United Arab Emirates

5.2

37/133

6.2

30/159

6.2

31/163

United Kingdom / Inggris

8.3

13/91

8.7

10/102

8.7

11/133

8.6

11/159

8.6

11/163

United States / Amerika Serikat

7.6

16/91

7.7

16/102

7.5

18/133

7.6

17/159

7.3

20/163

Uruguay

5.1

35/91

5.1

32/102

5.5

33/133

5.9

32/159

6.4

28/163

Uzbekistan

2.7

71/91

2.9

68/102

2.4

100/133

2.2

137/159

2.1

151/163

Venezuela

2.8

69/91

2.5

81/102

2.4

100/133

2.3

130/159

2.3

138/163

Vietnam

2.6

75/91

2.4

85/102

2.4

100/133

2.6

107/159

2.6

111/163

Yemen / Yaman

2.9

65/91

2.7

71/102

2.6

88/133

2.7

103/159

2.6

111/163

Zambia

2.6

75/91

2.6

77/102

2.5

92/133

2.6

107/159

2.6

111/163

Zimbabwe

2.9

65/91

2.7

71/102

2.3

106/133

2.6

107/159

2.4

130/163



Statistik seperti ini belum tentu tepat; statistik dari tahun yang berbeda belum tentu bisa dibandingkan. ICCR sendiri menjelaskan, "...perubahan dari tahun ke tahun di hasil dari satu negara ditimbulkan bukan hanya dari perubahan persepsi terhadap penampilan suatu negara, namun juga dari perubahan sampel dan metodologi. Setiap tahun, beberapa sumber tidak diperbaharui dan harus dihilangkan dari IPK, sementara sumber baru dan terpercaya ditambahkan. Dengan berbeda-bedanya peserta dan metodologi, perubahan skor suatu negara bisa juga berhubungan dengan kenyataan bahwa pandangan-pandangan berbeda telah dikumpulkan dan pertanyaan-pertanyaan berbeda telah diberikan...(walaupun telah ada) reformasi antikorupsi...(atau) penyibakan skandal korupsi terbaru...Adalah sulit untuk memperbaiki IPK skor dalam waktu singkat, seperti dalam dua tahun. IPK adalah berdasarkan dari data selama tiga tahun terakhir (lihat narasumber di bawah). Ini berarti bahwa perubahan dalam persepsi korupsi hanya akan muncul dalam indeks selama waktu yang lebih lama." Mereka pun telah membicarakan bahwa dalam waktu yang lama mereka telah bergeser dari survei publik di suatu negara ke survei para ahli, dan mereka telah meningkatkan jumlah survei para ahli dari negara-negara berkembang tentang persepsi mereka tentang korupsi di negara-negara maju.





12 comments:

  1. PertamaaaXXXX :D

    walahh
    yang saya herankan,
    antara singapura dan indonesia tak berbeda jauh suku bangsa, apalagi kebanyakan orang-orangnya melayu dan indonesia pula.

    La kok bisa singapura terbersih dan indonesia malah masuk terkorup yah?

    Berarti bukan salah di orang-orangnya,
    Mungkinkah salah pada sistem dan hukumnya?
    atau emang Iindonesia lahan korupsi sejuta hektar?
    :D

    :Just Opinion:

    ReplyDelete
  2. jangan jangan untuk Indonesia harus nyogok dulu untuk dapat no urut segitu

    ReplyDelete
  3. wadooow! panjaang amat. hmm, kalo di Indonesia sih, korupsi udah jadi makanan sehari2 deh. cuapeeeee.....ngadepinnya.

    ReplyDelete
  4. smoga aja dengan gaya pak SBY dalam memimpin negeri ini korupsi bisa ditekan, biar agak naik gitu peringkatnya...

    ReplyDelete
  5. korupsi dimana-mana, baik Indonesia maupun Malaysia... pendek cerita kalu x bising2 dibuat senyap2..

    ReplyDelete
  6. siapa pelaku koruptor dari kita?

    yg jelas bukan ,blogger ya,hehe

    ReplyDelete
  7. Lumayan lah Indonesia masih peringkat segitu.........

    ReplyDelete
  8. jadi..
    bagaimana dengan kita?
    apakah kita sendiri
    sudah bersih dari korupsi xD

    ReplyDelete
  9. walah... panjang amirrr.... bacanya sampe mumet dah...

    ReplyDelete
  10. tinggkatkan trus prestasinya.kalo bisa kita sbagai rakyat Indonesia bakal mecahin rekor guiness sebagai negara terkorup se dunia.

    ReplyDelete
  11. wes wes wessss data entrinya lengkap banget...
    saluuuuuuttttt......
    nice blog....

    ReplyDelete

Copyright © 2013 attayaya: Indeks Persepsi Korupsi | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah