Liburan ke Lombok Lebih Enak Pakai Paket Wisata atau Tidak?

Attayaya.net - Liburan ke Lombok Lebih Enak Pakai Paket Wisata atau Tidak?

Pariwisata Lombok memang tidak sepopuler Bali di mata wisatawan lokal maupun mancanegara. Walau demikian, beberapa tahun belakangan ini, Pulau Lombok semakin ramai digunjingkan karena semakin banyak objek wisata baru yang dibuka atau yang jalan aksesnya perbaiki. Sehingga, jalan-jalan di Pulau cantik dan indah ini bisa terasa lebih asik dan lebih nyaman untuk dilalui kendaraan.

Mengapa Lombok Layak Dijadikan Sebagai Destinasi Wisata Kamu Berikutnya?

Riniyuliastanti/Pixabay

Popularitas Bali sebagai destinasi wisata internasional tidak perlu diragukan lagi. Karena kedekatan budaya dan juga lokasinya, tak mengherankan apabila Pulau Lombok kerap dibanding-bandingkan dengan pulau Bali.

Perbedaan tempat wisata di Lombok dan Bali sebenarnya cukup signifikan. Banyak yang bilang kalau tempat-tempat wisata di Lombok mengingatkan mereka pada tempat wisata di Bali puluhan tahun yang lalu.

Tidak mengherankan, mengingat banyak sekali objek wisata baru di Lombok yang masih belum banyak terjamah tangan manusia, sehingga masih tampak sangat alami. Begitu juga dengan jalan aksesnya yang kadang-kadang sangat terbatas dan belum memadai.

Karena itu pula lah banyak sekali objek wisata tersembunyi yang sebenarnya menarik namun tidak begitu dikenal oleh tourist lokal maupun mancanegara.

Walau demikian, beberapa tahun belakangan ini semakin banyak objek wisata yang mulai terkenal dan ramai dikunjungi. Seperti misalnya, Pantai Kuta, Pantai Tanjungan, Air Terjun Benang Kelambu, Pantai Pink, Gili Trawangan, hingga Gili Nanggu.

Menurut saya, selain karena banyak sekali objek wisata di Lombok yang masih alami dan bagus, akses menuju objek wisata yang semakin mudah dan fasilitas yang semakin memadai adalah alasan mengapa Lombok layak dijadikan sebagai destinasi wisatamu selanjutnya.

Terlebih, saat ini bandara untuk penerbangan komersil sudah dipindahkan dari Lombok Barat ke Lombok Tengah (Praya). Sehingga membuat akses menuju berbagai objek wisata di sana terasa jadi lebih mudah, karena lokasi bandara yang sangat strategis. Dari Lombok Tengah, akses menuju tempat wisata di Lombok Timur, Mataram, ataupun Lombok Barat sangat dekat dan mudah.

Lebih Enak Mana Liburan ke Lombok Pakai Paket Wisata atau Tidak?

christineblankert/Pixabay

Kalau ini adalah kali pertama teman-teman akan pergi jalan-jalan ke NTB, memilih menggunakan jasa biro perjalanan yang menawarkan paket wisata Lombok murah tentu lebih ideal.

Di samping tak perlu repot mencari tempat menginap hingga kendaraan dan sopir, menggunakan paket wisata akan membuat perjalanan wisata jadi lebih nyaman dan aman serta bisa memberikan kesan yang lebih baik.

Saya katakan demikian karena, ketika memilih menggunakan jasa tour and travel, biasanya driver akan merangkap menjadi pemandu (guide) yang pasti akan banyak membantu. Pasalnya, pengalaman mereka bisa diandalkan untuk menunjukkan:
  1. Pilihan jalan/rute terbaik dan teraman serta terdekat menuju objek wisata.
  2. Bagaimana cara berkendara di Lombok yang aman.
  3. Di mana tempat menikmati kuliner khas Lombok yang murah dan enak.
  4. Apa saja yang harus dilakukan saat berwisata di Lombok?.
  5. Tempat wisata Lombok mana saja yang perlu kita kunjungi?.
  6. Dan, berbagai pengalaman menarik lainnya yang pasti bisa kita dapatkan dari pemandu wisata yang berpengalaman.

Dari pengalaman pertama menggunakan paket wisata, tentu ada banyak hal yang akan kita dapatkan. Berbekal pengalaman tersebut, selanjutnya kita bisa berwisata sendiri atau bersama teman-teman.

Jika ingin lebih mudah, sewa mobil di Lombok plus sopirnya juga bisa memberikan keuntungan tersendiri, terutama jika kamu travelling rame-rame dengan teman-teman. Sehingga, bisa patungan untuk rental mobil atau bayar hotel. Dengan cara ini, anggaran wisata pun akan jadi semakin hemat.

Selain cocok untuk wisatawan yang baru pertama kali akan berwisata ke Lombok, paket wisata juga cocok bagi teman-teman yang travelling berramai-ramai. Misalnya dengan teman-teman sekantor atau keluarga.

Dengan menggunakan paket wisata Lombok, ada banyak kemudahan yang bisa kita peroleh, misalnya:
  • Transportasi lebih terjamin.
  • Itinerary wisata yang sudah pasti.
  • Tidak perlu membuat perencanaan yang merepotkan.
  • Kegiatan dan perjalanan wisata lebih mudah diatur atau diorganisir.
  • Dan masih banyak keuntungan yang lainnya.

Sebaliknya, berwisata secara mandiri tanpa menggunakan jasa biro perjalanan tentu akan lebih cocok bagi mereka yang sudah punya pengalaman dan cukup percaya diri. Atau, cocok juga bagi mereka yang ingin mendapatkan sensasi atau pengalaman wisata yang lebih menantang. Sebagai langkah pertama kalian bisa mengambil destinasi ke Lombok sebab wisata murah Lombok dapat memangkas budget karena relatif lebih bersahabat di kantong.

Selain itu, berwisata secara mandiri juga lebih cocok bagi mereka yang yang punya waktu liburan lebih panjang atau tidak ingin terikat dengan jadwal. Sehingga, bisa lebih bebas menentukan sendiri berapa lama waktu yang ingin dihabiskan di setiap objek wisata yang dikunjungi.