Cara Edit Foto Dengan Aplikasi Snapseed di Smartphone

Cara Edit Foto Dengan Aplikasi Snapseed di Smartphone - Sekarang ini para pecinta photography tidak perlu kesulitan lagi untuk menghasilkan foto dengan kualitas yang baik karena ada banyak aplikasi edit foto dan hasilnya memang memuaskan. Salah satu yang menjadi pilihan yaitu snapseed. Saya sendiri termasuk senang menggunakan aplikasi ini. Snapseed bisa digunakan untuk android dan juga iphone. Fiturnya bisa dibilang lengkap dan mudah menggunakannya.

Apalagi snapseed sekarang ini sudah di upgrade sehingga lebih memudahkan lagi jika kamu tidak ingin repot mengatur kecerahan warna, saturasi dll. Ada fitur "Potrait, Smooth, Pop, Accentuate" dll yang bisa langsung menghasilkan gambar yang kamu inginkan tanpa perlu repot mengedit satu satu.

Fitur ini juga bisa digunakan jika kamu harus buru-buru update foto di medsos jika ada live event atau lomba foto. Nah, biar ngga bingung kita langsung masuk ke dapur edit snapseed yuk.

Buka aplikasi snapseed di smarphone

Eits, sebelum dibuka, unduh dulu dong. Kamu bisa download di google playstore atau Appstore setelah itu pilih image yang akan di edit dari album foto kamu.

Klik "Buka" atau "Open photo" di bagian pojok kiri atas.

Kalau males ribet langsung pilih setelan otomatis seperti yang ada di bawah ini. Ngga perlu edit lama langsung jadi.

 Crop adalah editan yang paling dasar

Ini menurut saya loh, kadang kalau ngambil foto buru-buru suka miring atau ada bagian lain yang tidak diinginkan keikut. Nah dibagian bawah tengah ada tulisan "Alat"  atau "Tools". Pilih "Crop" untuk motong bagian yang tidak kamu inginkan.

Setelah di crop dan foto kelihatan lebih rapi kamu bisa lanjut ke menu editan selanjutnya. Semua ada kok. Lengkap dari mulai "Brightness, Contrass, Saturation, Ambience" ect. Pilih aja mana yang kamu suka. Berikut beberapa keterangan tentang menu tadi ya.

Brightness -- Membuat gambar lebih gelap atau terang secara keseluruhan.
Contrast -- Menaikkan atau menurunkan kontras
Saturation -- Menaikkan atau menurunkan kepekatan warna pada image
Ambiance -- Menyeimbangkan cahaya pada gambar. Masih berhubungan dengan gelap terang sih.
Shadows -- Menggelapkan atau menerangkan bayangan pada image.
Highlights -- Membuat bagian bayangan jadi makin gelap atau terang.
Warmth -- Menambah warna atau cast warm (kekuningan) atau cool (kebiruan) pada image


Vintage merupakan kelebihan dari Snapseed

Ini menurutku ya.. kalau kamu ngga suka dengan teman "vintage" boleh kok pilih yang lain misalnya "Vignette" dengan tampilan lebih kekinian. 

Jika foto yang sudah di edit memuaskan bisa langsung di share di medsos atau disimpan dulu. Jangan lupa untuk bikin "watermark" sebagai hak paten dari image kamu.Tap "Ekspor" dibagian kanan bawah dan pilih mau di "share or save" dll.

Fitur Save look

Sebagian aplikasi snapseed ada fitur ini tapi sayangnya di punyaku ngga ada. Gunanya save look ini untuk menyamakan hasil editan seperti gambar pertama. Misalnya kamu ingin semua warna atau look dari suatu acara yang kamu ikuti sama hasilnya. Nah fitur save look akan menyamakannya. Namun sayangnya tidak semua ada. Buktinya di aplikasi snapseed ku ngga ada. hiks..hiks...

Well. Jangan sedih ya. Untuk kamu yang memiliki fitur ini coba deh setelah foto di edit. Klik Undo yang ada di bagian atas kanan. Lalu pilih Save look lalu pilih My look -- Apply -- Save. 

Punya cerita edit foto dengan snapseed... Share di komentar ya... Semoga bermanfaat ^^