Pilihan Kreasi Cemilan Anak Yang Enak

Attayaya.net - Anak memang hal yang harus ketika perhatikan termasuk soal asupan makanannya. Asupan makanan untuk anak haruslah yang ada gizinya. Nah, makanan bergizi terkadang tidak enak. Hal tersebut adalah pekerjaan rumah anda bagaimana anak mau makan. Membuat cemilan yang enak adalah salah satu solusi yang bisa anda lakukan untuk menjaga asupan makan anak.

Para ibu mungkin tentu pernah mengalami anak yang mogok makan. Banyak buat ulah ketika jam makan tiba dan lain sebagainya yang bisa bikin tanduk keluar. Bahkan ada anak yang memang tidak mau makan nasi dengan beberapa alasan. Nah, di sinilah diperlukan kreatifitas ibu untuk membuat camilan yang sehat, enak dan mengenyangkan.

Cemilan enak tidak harus yang makanan sampah seperti makanan instan. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah untuk cemilan enaknya. Apa saja pilihan kreasi makanan tradisional Jawa yang enak tersebut? Berikut referensinya:

1.    Martabak Mini 



Cemilan anak yang pertama ini pasti akan disukai anak anda. Berbeda dengan martabak yang besar, martabak mini akan cukup untuk cemilan siang anak anda. bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya mudah  yaitu tepung terigu, gula, susu dan telur. Anda tambahkan juga soda kue sedikit saja. Setelah jadi adonannya anda cetak di teflon kecil. Api yang digunakan adalah api kecil saja agar tidak gosong bawahnya. Jangan lupa tutup.

Untuk toppingnya anda bisa berkreasi sesuai kesukaan anak anda. namun anda bisa menggunakan toppingnya yang mudah seperti selai cokelat dan keju. Jika anak anda suka selai rasa lainnya. Anda juga bisa membeli selai rasa strawberry atau juga kacang.

2.    Pizza Mini



Selain martabak mini, anda bisa membuat pizza mini juga. Pizza mini ini juga cocok hanya untuk anak anda. Pizza mini ini juga adonanya mudah sekali. Anda cukup menyiapkan tepung terigu, susu cair, garam dan mentega. Masukkan semua bahan dan uleni. Lalu cetak di atas Loyang kecil saja. Berikan saus tomat. Lalu beikan topping mozarela keju dan smoked beef. Anda juga bisa memberikan sosis di atas pizza mini. Panggan pizzanya di oven bersuhu 200 derajat.

3.    Bola-Bola Ubi
Anak akan menyukai cemilan dengan bentuk yang menarik. Anda bisa membuat cemilan sehat yang unik berikut ini. Anda siapkan ubi kuning dan direbus. Setelah direbus anda tumbuk dengan gelas dan kemudian berikan tepung jagung secukupnya. Setelah itu anda bentuk bulat dan isi juga dengan keju yang diiirs kotak. Setelah itu anda goreng bola ubinya. Tambahkan gula halus sebagai taburannya. Anda bisa memblender sendiri gula halusnya.

4.    Sushi Simple



Rumput laut biasanya akan disukai anak anda. nah anda juga bisa membeli rumput laut di minimarket terdekat sekarang ini. Anda siapkan nasi putih, worte, timun dan telur dadar. Telur dadarnya dipotong memanjang. Wortel dan timunya juga dipotong memanjang. Kemudian anda masukkan nasi pada rumput lautnya dan tambahkan isian telur, timun dan wortelnya. Setelah itu gulung dan iris. Yaburkan wijen dan juga mayonnaise. Anda bisa makan dengan mencocolnya dengan saus tomat.

5.    Donat Kentang 



Donat kentang adalah pilihan cemilan enak yang pasti disukai anak anda. Donat kentang ini punya tekstur yang lembut dan pastinya enak. Anda siapkan tepung terigu, telur, ragi, mentega, telur, kentang dan gula. Campurkan semua bahan termasuk kentangnya. Namun kentangnya harus anda rebus dahulu baru dicampur dengan adonan, setelah itu anda buat bentuk donat adonannya. Kemudian anda diamkan dahulu sekitar 1 jam dengan ditutup kain. Setelah didiamkan, anda goreng hingga matang. Celupkan cokelat cair dan taburi keju. Anda juga bisa menggunakan kacang almond dan ceres. Kasang almondnya dibuat hancur dahulu.