6 Julukan Dunia Untuk Indonesia, Benarkah Masih Jadi Paru-Paru Dunia?

pixabay

Attayaya.net - Nama Indonesia di dunia termasuk yang diperhitungkan lo. Hal ini tidak lain karena kekayaan sumber daya alam Indonesia bukan hisapan jempol semata. Kita adalah satu-satunya negara yang memiliki 10 kekayaan tambang di antaranya petroleum, timah, gas alam, nikel, tembaga, bauksit, timah, batu bara, emas dan perak. 

Kekayaan ini baru sedikit saja sebab faktanya kekayaan laut, flora dan faunanya juga ngga kalah banyaknya. Ditambah lagi letak Indonesia yang sangat strategis menjadikan negara ini kaya akan curah hujan dan menyebabkan apapun yang ditanam akan tumbuh subur.

Namun dengan kekayaan yang melimpah ruah itu apakah kita sudah dapat mencukupi kebutuhan seluruh rakyat Indonesia? apakah UUD 45 yang berbunyi kekayaan Indonesia akan di kelola oleh negara dan digunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat? Jawab sendiri deh ya. 

Meskipun kita masih tergolong negara berkembang namun geliat kita di mata dunia semakin diperhitungkan. Bahkan Indonesia memiliki julukan yang bukan di buat sendiri melainkan di berikan oleh negara-negara luar untuk kita. Apa sajakah itu? Berikut 6 julukan dunia untuk Indonesia.

Negeri Seribu Candi

abbeytravel.com

Sankin banyaknya candi di Indonesia sampai-sampai pemerintah belum bisa mengeluarkan secara resmi berapa sebenarnya jumlah candi di negara ini. Candi itu tersebar dari Sabang hingga Merauke. Ada yang masih utuh dan megah seperti candi Borobudur, Prambanan, Candi Dieng, Candi Songo, Candi Plaosan, Candi Sewu dan masih banyak lagi. Itu sebabnya dunia mengatakan Indonesia adalah negeri seribu candi. 

Sulitnya menemukan angka pasti berapa jumlah candi di Indonesia disebabkan karena candi tersebut menyebar di banyak daerah. Selain itu ada yang masih utuh dan ada pula yang tinggal pondasi. 

Macan Asia Tertidur

pixabay

Ngenes ngga sih denger julukan ini tapi kalau mau jujur benerkan. Indonesia dulu di juluki macan asia karena memiliki potensi kekayaan alam yang luar biasa. Namun karena tidak didukung oleh sumber daya manusia yang mumpuni akhirnya SDA itu tidak bisa dikelola secara maksimal dan banyak yang dicaplok negara lain. Sejak dulu Indonesia menjadi incara negara asing, hal ini sudah dibuktikan dari lamanya Belanda menduduki Indonesia dan mengeruk kekayaan kita sehingga mampu menjadikan negara yang tadinya di atas air menjadi daratan dan dapat dijadikan pemukiman. Indonesia memiliki potensi yang luar biasa dan dapat menjadi negara adidaya.

Paru-Paru Dunia


Ini satu lagi yang bikin miris. Hutan kita yang terus tergerus oleh penebangan liar. Pertama kali mendengar fakta bahwa di negara inilah dunia bergantung untuk menyuplai oksigen sebab memiliki hutan dengan luas ribuan hektare asli bangga loh. Tapi fakta di lapangan dimana penebangan liar juga ngga kalah aktifnya sejak dulu dan hanya menguntungkan segelintir pihak saja rasanya sedih banget. Kawan, satu pohon besar itu dapat menyuplai oksigen ke tubuhnya seumur hidup loh. Kalau kamu mati maka keturunanmu akan meneruskannya. 

Negara Surga


Julukan ini semata-mata karena negara luar iri banget liat Indonesia yang memiliki SDA melimpah ruah, belum lagi pemandangan alamnya yang memanjakan mata. Subur dimana-mana. Menurut wikipedia SDA Indonesia memiliki tingkat biodiversitas tertinggi kedua setelah Brazil sebab SDA berada di segala aspek misalnya:

Dilihat dari sistem astronomi Indonesia terletak pada daerah tropis dimana curah hujan dan matahari berimbang sehingga menyebabkan tanahnya subur sehingga tanaman dapat tumbuh dengan cepat dibanding negara lain.

Dari sisi geologi, Indonesia terletak pada pergerakan lempeng tektonik sehingga memilik banyak gunung dengan kekayaan mineral yang melimpah.

Dari sisi perairan, Indonesia memiliki kekayaan laut sebagai sumber makanan dan biota laut yang hidup dengan sendirinya. Berbagai jenis spesies hewan laut ada di negara ini. Kekayaan mineral laut juga melimpah.

Dengan kekayaan alam yang melimpah ini wajar jika banyak yang iri dengan Indonesia dan ke iri an itu di lampiaskan dalam berbagai bentuk, dari mulai mencaplok, mengambil sedikit-sedikit lama-lama ngelunjak, bahkan ada yang terang-terangan menjajah. 

Negara Dengan Ribuan Pulau

pixabay

Negeri kita tercinta ini terdiri dari 17.800 pulau dimana tiap pulaunya memiliki kekayaan alam dan objek wisatanya tersendiri. Fantastik kan! Tau ngga kalau Indonesia adalah satu-satunya negara dengan jumlah pulau terbanyak? angka 17.800 itu hanya yang kelihatan loh, belum lagi pulau-pulau kecil yang kadang timbul saat kemarau dan hilang saat musim hujan dan pulau-pulau kecil tak berpenghuni di segala penjuru. So, dunia menjuluki kita negara seribu pulau!


Mafia Asia

pixabay

Sebutan ini disebabkan karena Indonesia sering menjadi penggerak dalam membahas masalah-masalah yang ada di kawasan Asia. Julukan ini seperti dua mata pedang ya sebab secara harafiah sebutan mafia justru lekat dengan kejahatan dan memang tidak bisa dipungkiri bahwa kejahatan di Indonesia juga tinggi baik dari pihak atas sampai maling ayam. 

Namun dilihat dari sisi positif sebutan mafia karena Indonesia berani menyuarakan kebenaran dan menyampaikan isu-isu sosial kemanusiaan khususnya di wilayah Asia, itu sebabnya jululan mafia asia diberikan untuk Indonesia.

Dari 6 julukan itu kamu rasa mana yang paling cocok disematkan untuk Indonesia? apapun itu kita wajib bangga dan bersyukur bisa menempati negara yang mana penduduknya masih care satu sama lain loh. Sebab semelimpah apapun kekayaan alam kita kalau cuek dengan orang lain kita ngga akan bisa maju. Karena SDA dan SDM itu kakak adik.