Tips Merawat Mobil Warna Hitam Agar Tetap Cemerlang

Attayaya.net - Mobil adalah kendaraan yang masih tergolong mewah. Hanya golongan kalangan menengah ke atas yang umumnya memiliki mobil. Jenis mobil yang dimiliki biasanya juga menunjukkan kelas ekonomi seseorang. Nah memiliki mobil, berarti juga harus siap merawat mobil dan tahu tips merawat mobil yang benar. 

Walau saat ini orang lebih senang dengan warna cat putih pada mobilnya, namun tetap saja warna hitam yang klasik menjadi pilihan sebagian besar pengguna mobil. Warna hitam memang memberikan kesan lebih mewah. Selain itu warna hitam dinilai lebih netral dan tidak membosankan. Berikut ini adalah beberapa tips merawat mobil agar warna cat hitam mobil Anda tetap cemerlang.

cara memperbaiki cat mobil hitam

Noda Pada Warna Mobil Hitam Lebih Terekspos
Perawatan pada mobil warna hitam memang harus lebih intens. Karena warna hitam lebih membuat noda dan debu terlihat dengan jelas. Karenanya ada usulan untuk tidak memilih mobil berwarna hitam bila Anda orang yang malas mencuci mobil. Cat warna hitam memang cenderung mengekspos jamur, terlebih bila Anda membiarkan noda basah terjadi pada mobil Anda. 

Hal yang bisa Anda lakukan Adalah, pertama, parkir kendaraan hanya pada tempat yang teduh. Warna hitam adalah warna yang menyerap panas. Bila Anda parkir pada tempat yang terekspos matahari, maka suhu bagian dalam mobil Anda akan semakin tinggi. Tentunya akan membuat bagian interior mobil menjadi kepanasan dan bisa saja mengelupas.

Kedua, segera keringkan bila Anda selesai mencuci mobil. Jangan biarkan air kering dengan sendirinya. Karena titik-titik air akan menimbulkan noda pada cat mobil hitam kendaraan Anda. Karena warna hitam cenderung rentan terhadap baret-baret halus, usahakan hanya menggunakan lap yang terbaik untuk mengeringkan mobil. Lalu lakukan pengelapan dengan gerakan yang searah.

Gunakan Hanya Shampo Khusus Mobil
Untuk terus menjaga kilap mobil berwarna hitam Anda, hindari mencuci mobil dengan menggunakan shampo mobil yang berbahan deterjen. Bahan deterjen menggunakan bahan kimia pembersih yang akan membuat lapisan cat mobil Anda kehilangan cahayanya. Sering mencuci mobil dengan bahan deterjen akan membuat cat mobil Anda menjadi kusam.

Agar lebih terjaga dari penguapan titik-titik air pada body kendaraan Anda, ada baiknya Anda melakukan pencucian pada waktu pagi atau sore. Saat matahari tidak terlalu terik sehingga tidak akan membuat titik-titik air cepat menguap. Menguapnya titik-titik air bekas pencucian ini akan menimbulkan noda bercak pada cat mobil Anda.

Anda bisa juga menambahkan rangkaian pencucian mobil Anda dengan menggunakan cairan pengkilap. Cairan pengkilap yang bermutu tinggi akan mengembalikan kilap alami mobil Anda dan menjaga kilapnya lebih tahan lama. Anda bisa meminta rekumendasi cairan pengkilap yang terbaik di bengkel kepercayaan Anda. 

Bawa ke Bengkel Profesional Khusus Cat
Bila warna cat mobil hitam sudah terlanjur kusam, dan Anda ingin mengembalikan kecemerlangannya kembali. Ada baikny Anda hanya membawa mobil Anda ke bengkel cat professional. Karena warna hitam untuk tiap merek mobil berbeda kepekatannya. Sehingga bila Anda sembarangan hanya asal mengecat warna hitam saja, pasti mobil Anda terlihat belang. 

Di bengkel tersebut Anda bisa meminta treatment tambahan berupa paint protection dan detailing untuk lebih mengkilapkan dan menjaga kilap cat mobil Anda lebih tahan lama. Proses detailing biasanya akan menggunakan formula khusus yang akan memunculkan kembali warna asal mobil Anda.

Semoga artikel tips merawat mobil ini dapat membantu Anda dalam mengembalikan kembali kemilau warna hitam cat mobil Anda. Selamat beraktivitas.