18 April 2017

Ini Alasan Mengapa Rumah Dijual Milikmu Sulit Laku


Apakah kamu pernah melihat rumah dijual yang membutuhkan waktu lama untuk dimiliki penghuni baru ? atau kamu sendiri pernah mengalami menjual rumah yang sulit sekali laku?
Nyatanya menjual rumah merupakan kegiatan yang tidak dapat dilakukan dengan mudah. Meskipun kamu mengandalkan agen jual rumah dan broker rumah, namun tetap ada saja alasan bagi pembeli untuk menolak rumah yang kamu tawarkan. Rumah dijual membutuhkan strategi dan trik – trik tertentu untuk membuatnya menarik perhatian pembeli. Mangapa demikian? Sebagian besar pembeli cenderung memiliki kriteria dan ketertarikan tersendiri terhadap rumah yang mereka incar. Maka tidak heran bila banyak faktor yang harus mereka pertimbangkan untuk memilih rumah mana yang akan mereka beli.

Rumah murah di Bandung yang dijual memang relatif mudah untuk ditemukan. Bahkan ada banyak pula rumah dijual yang diiklankan di koran atau surat kabar, majalah hingga situs jual beli properti online. Tapi tidak semua rumah dijual dapat dengan mudah dan dalam waktu yang dekat untuk menemukanpembeli yang cocok. Lantas apa saja faktor dan alasan yang membuat rumah dijual sangat sulit mendapatkan pemilikbaru ? berikut beberapa diantaranya:

Harga Rumah Tinggi
Tidak heran memang bila nilai jual rumah pada saat ini memiliki nilai yang cukup tinggi terutama pada beberapa rumah yang terletak di kawasan dan lokasi strategis. Akan tetapi ada saja penjual yang menetapkan harga yang lebih tinggi dibandingkan harga pasaran rumah dijual yang mereka miliki. Dengan harapan harga rumah tidak akan mengalami penurunan terlalu banyak pada saat proses tawar menawar.

Akan tetapi pada faktanya strategi seperti ini tidak tepat karena nilai jual yang terlalu tinggi justru membuat pembeli enggan dan mundur sebelum melakukan penawaran harga. Terlebih lagi ketika rumah tersebut tidak terletak di kawasan yang menguntungkan bagi pembeli.

Cobalah untuk mempelajari market properti saat ini, perbanyak informasi mengenai nilai jual rumah yang memiliki kondisi serta lokasi seperti rumah dijual milikmu. Tetapkan harga yang sesuai dengan harga pasaran dan sesuai dengan kondisi rumah yang akan kamu jual.

Penjual Tidak Kooperatif
Bila kamu ingin rumah dijual cepat laku dan memiliki penghuni baru sebaiknya kamu bersikap kooperatif kepada pembeli. Seperti misalnya ketika pembeli mempertanyakan dan ingin kamu memperlihatkan dokumen–dokumen rumah seperti surat IMB atau Surat Ijin Mendirikan Bangunan dan sertifikat tanah, segera tanggapi keinginan pembeli tersebut.  Pembeli rumah dijual tentu ingin memastikan legalitas dari rumah yang akan mereka beli. Ketika kamu memberikan kesan mengulur waktu untuk menjawab serta menunjukan dokumen rumah, pembeliakan mulai tidak tertarik karena merasa curiga dan enggan melanjutkan kesepakatan.

Kurangnya Strategi Pemasaran
Pemasaran merupakan salah satu faktor penting yang menentukan cepat atau tidaknya rumah dijual memiliki penghuni baru. Kamu tidak hanya sebatas menancapkan papan “rumah dijual” di depan rumah. Sebagus apapun rumah yang akan kamu jual, akan tetap kesulitan mendapatkan pembeli bila strategi pemasaranmu hanya itu saja.  Cobalah untuk memasarkannya melalui berbagai media seperti iklan di koran atau surat kabar, majalah, situs jual beli properti online, agen properti, broker, atau memberitahukan kepada teman, kerabat dan keluarga terdekat untuk memasarkannya secara manual.

Setelah kamu mengetahui alasan apa saja yang membuat pelanggan enggan membeli rumah dijual yang kamu tawarkan. Kini saatnya kamu menyusun strategi dan melakukan trik–trik untuk menjual rumah agar cepat mendatangkan pembeli.

TRIK AGAR RUMAH DIJUAL LEKAS LAKU

Perbaiki Tampilan Rumah 
Lakukan perbaikan kecil untuk menarik perhatian pembeli. Pembeli cenderung menyukai rumah dijual dengan kondisi yang rapih bersih dan siap untuk dihuni. Meskipun memiliki nilai jual yang cukup tinggi dibandingkan dengan harga pasaran rumah dijual pada umumnya. Pembeli akan cenderung memilih rumah dijual milikmu karena ia tidak perlu lagi melakukan perbaikan atau renovasi mengingat kondisi rumah yang sudah nyaman dan siap untuk ditempat.

Bila kamu tidak memiliki dana yang cukup setidaknya kamu bisa merawat dengan rutin rumah dijual yang kamu tawarkan dengan membersihkan setiap debu yang ada di rumah. Mengecat dinding yang mulai terkelupas atau memudar. Jika memungkinkan biarkan interior rumah sealami mungkin dalam artian bebas dari segala dekorasi dan hiasan. Bila perlu kosongkan rumah agar pembeli bisa membayangkan rumah dijual sebagai milik mereka.

Gunakan Jasa Agen Jual Rumah atau Broker
Kamu bisa menyerahkan masalah pemasaran kepada pihak yang lebih professional untuk mempercepat proses jual beli rumah. Meskipun harus mengeluarkan biaya ekstra untuk menyewa jasa agen jual rumah atau broker rumah murah. Namun manfaat yang kamu terima akan sepadan dengan biaya yang kamu keluarga.

Demikian informasi seputar alasan rumah dijual kesulitan mendapatkan pembeli dan beberapa tips menjual rumah dijual dengan mudah. Semoga artikel diatas bisa membantu kamu mendapatkan pembeli rumah dengan cepat. Selamat mencoba!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2013 attayaya: Ini Alasan Mengapa Rumah Dijual Milikmu Sulit Laku | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah