Mau Renovasi Rumah? Pastikan Biaya Ini Mampu Kamu Atasi


Renovasi rumah merupakan hal yang harus kamu lakukan ketika kamu memutuskan untuk beli rumah dijual di Medan. Ada dua pilihan yang bisa kamu pilih untuk mendapatkan rumah idaman, yaitu beli rumah baru atau renovasi rumah yang kamu tempati saat ini. Dari kedua pilihan tersebut renovasi rumah merupakan pilihan yang paling banyak diterapkan karena tampak lebih simple dan lebih murah. Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk melakukan renovasi rumah, selain itu kamu juga bahkan bisa menyesuaikan renovasi yang kamu lakukan dengan budget yang kamu miliki. Sebelum kamu memulai untuk merubah dan renovasi rumah kamu perlu mempersiapkan diri dengan daftar biaya – biaya yang harus kamu penuhi saat renovasi rumah. Apa sajakah itu?

Arsitektur
Jasa ahli memang perlu kamu pertimbangkan guna mendapatkan hasil yang maksimal. Para arsitektur yang berpengalaman akan dengan mudah menggunakan keahliannya untuk membantu kamu mewujudkan rumah impian yang kamu inginkan. Selain itu jika kamu melibatkan arsitektur untuk memperbaiki rumah yang kamu beli kamu akan mengurangi resiko kesalahan saat melakukan renovasi rumah yang seringkali justru membengkakan pengeluaran.

Biaya yang kamu keluarkan untuk menyewa ahli arsitektur, yakni sekitar 5% - 8% hal ini bergantung pada luas dan bentuk bangunan. Perlu kamu ingan semakin besar bangunan yang akan di renovasi maka semakin besar pula biaya yang akan kamu keluarkan untuk membayar jasanya. Bila jasa arsitektur yang professional dirasa sangat mahal dan terlalu membebani kamu bisa menggunakan ada mahasiswa arsitek, umumnya mereka akan menawarkan nilai yang cukup rendah.

Perizinan
Jika kamu memiliki rencana untuk melakukan renovasi rumah secara menyeluruh dan merubah sebagian besar bentuk rumah, maka kamu perlu untuk memiliki IMB atau surat Izin Mendrikan Bangunan yang baru. Kamu bisa melakukan proses pengurusan surat IMB atau Izin Mendirikan Bangunan di kantor kecamatan. Kamu hanya perlu membawa gambar bangunan yang baru, surat IMB yang lama, salinan NPWP, salinan KTP dan kwitansi atau bukti pembayaran PBB. Biaya yang kamu keluarkan untuk membuat surat IMB tergantung dari luas bangunan dan restribusi sesuai dengan kebijakan daerah tempat tinggalmu. Umumnya pengurusan surat IMB memakan waktu 25 hari kerja.

Biaya Tukang
Biaya wajib yang harus kamu siapkan untuk renovasi rumah ialah baiya tukang atau jasa renovasi rumah. Kamu dapat memilih untuk menggunakan tukang yang berpengalaman atau kenalan atau mungkin perusahaan yang khusus bergerak di bidang renovasi rumah. Biaya yang kamu keluarkan bisa sistem harian atau borongan. Pilih sesuai dengan budget dan lamanya proses renovasi rumah. Pastikan juga tukan atau jasa renovasi yang kamu pilih benar – benar memiliki kinerja yang sangat baik untuk menghindari resiko kerugian.

Biaya bahan bangunan
Biaya yang satu ini merupakan biaya yang paling besar yang akan kamu keluarkan untuk renovasi rumah. Material seperti pasir, semen, besi, dan bahan – bahan lainnya perlu kamu beli untuk memperbaiki atau renovasi rumah dijual di Medan yang kamu beli. Sangat disarankan untuk melakukan suvei terlebih dahulu sebelum membeli bahan bangunan ke beberapa toko untuk mendapatkan harga miring dengan kualitas yang sama. Alangkah baiknya jika kamu membeli di toko kerabatmu agar nilai jualnya lebih ringan. Kamu bisa meminta bantuan tukang untuk memperkirakan banyaknya bahan dan material yang dibutuhkan sehingga kamu tidak akan membeli dengan jumlah yang berlebihan.

Pastikan untuk membeli bahan danmaterial bangunan sendiri dengan di damping oleh tukang atau arsitek untuk membantu. Hindari untuk menyerahkan kegiatan membeli bahan bangunan ini pada tukang untuk menghindari segala kecurangan.

Dana darurat
Pastikan kamu memiliki dana lebih untuk pengeluaran – pengeluaran yang tidak terduga saat melakukan reniovasi rumah. Biaya ini akan sangat membantu ketika budget yang kamu siapkan untuk renovasi rumah tidak cukup. Sehingga proses perbaikan atau renovasi rumah tetap berjalan denganlancar hingga prosesnya selesai. Seberapa banyak biaya atau dana darurat yang harus kamu sediakan ? hal ini bergantung pada kemampuan finansialmu. Tapi alangkan lebih baik jika kamu memiliki dana lebih setidaknya sebesar 20% dari nilai budget renovasi rumah yang kamu persiapkan. Perlu kamu ingat bila seringkal biaya atau budget yang diperkirakan meleset, apalagi harga materian dan bahan bangunan saat ini tidak stabil.

Dengan mengetahui biaya – biaya apa saja yang kamu butuhkan untuk melakukan renovasi rumah diatas, tentunya kamu bisa melakukan perbaikan dengan perencanaan yang matang. Bila rencananya matang dan prosesnya berjalan denganlancar tanpa hambatan berarti maka hasil yang akan kamu dapatkan pun pasti lebih baik dari dugaanmu. Semoga ulasan infomasi mengenai biaya- biaya yang diperlukan untuk memperbaiki rumah diatas bisa menjadi solusi dan dapat diterapkan dengan baik. Selamat mencoba.