21 Maret 2017

MotoGP Balapan yang Menguji Adrenalin


Jika ada jenis olahraga yang sangat menguji adrenalin, mungkin jawabannya adalah balap motor. Bagaimana tidak olahraga yang satu ini seperti mengundang maut. Ada keseruan, debaran dan kengerian tentu saja. Penonton mungkin hanya merasa keseruan dan debarannya namun tidak demikian dengan pembalapnya. Mereka seolah mempertaruhkan nyawa dilapangan berliku sampai garis finish yang menunggunya.

Sebenarnya bagaimana sih riwayat tentang balap motor ini? apakah dari dulu memang sudah ada atau baru sekarang balapan jadi trend? Dan sebelum kita membahas lebih jauh saya mau kasih tau dulu kalau tahun ini akan digelar kembali balapan bergengsi ini. Coba deh search di Motogp 2017 Sindonews. Ada tuh info lengkapnya.

Sejarah MotoGP

Kejuaraan dunia untuk balap motor pertama kali diadakan oleh Federation Internationale de  Motocyclisme (FIM) pada tahun 1949. Awalnya event ini diselenggarakan secara tradisional sesuai dengan kapasitas mesin motor. Seiring berjalannya waktu ternyata event balap motor ini makin digemari. Adu jenis mesinpun tak bisa dihindari ketika tahun 1960 motor dengan mesin 4 tak mampu menguasai seluruh kelas balapan dan meninggalkan mesin 2 tak. Namun pada 1983 Honda malah dapat meraih kemenangan dengan mesin 2 tak berkekuatan 500cc. Tentu saja persaingan adu jenis mesin semakin memanas.

Pada tahun 2002 menjadi puncak balap motor Grand Prix dan berubah secara dramatis yang dipelopori oleh Honda. Puncak dari balapan GP ini membatasi silinder menjadi 4 saja dengan kapasitas mesin 500cc baik itu mesin 4 tak atau 2 tak. Dan yang memenangkan pertarungan mesin ini adalah 4 tak yang notabene memang mampu menghasilkan tenaga dan akselerasi yang lebih besar. Dari sini kemudian berkembang dengan diizinkannya pabrik-pabrik mesin untuk memperbesar kapasitas mesin 4 tak menjadi maksimum 990cc. Dengan dibolehkannya motor 4 tak ber cc besar tersebut akhirnya mengubah kelas GP 500 menjadi MotoGP.

Euforia MotoGP

Kini setelah bertahun lamanya MotoGP menjadi salahsatu olahraga yang memiliki banyak peminat. Para pembalap pun mulai bermunculan. Sebut saja Valentino Rossie yang sangkin kerennya sampai menjadi bintang iklan Yamaha. Memang sih kebanyakan dari penonton tahu hanya dua jenis perusahaan yang selalu tampil di sirkuit yaitu Honda dan Yamaha. Padahal ada lagi yang lain seperti Suzuki, Ducati, Avintia dll. Dan para pembalapnya juga yang paling menonjol saja seperti Rossi, Marc Marquez, Lorenzo, Dovizioso dll.

Kalau sekarang sih sepengamatan saya Marquez masih menjadi bintang semenjak menjadi juara dunia motoGP. Untuk balapan yang akan digelar tahun ini di Doha-Qatar kabarnya Marquez berjuang keras untuk memenangkan pertandingan. Jika memang benar wow banget ya Marquez ini bayangin pemuda asal Spanyol ini sudah menjuarai motogp secara beruntun dari tahun 2010 sampai 2016 dan merupakan rider termuda.  Jika kalian merasa minim pengetahuan tentang MotoGP rasanya perlulah  menambah wawasan tentang olahraga yang satu ini di Motogp 2017 Sindonews.


Copyright © 2013 attayaya: MotoGP Balapan yang Menguji Adrenalin | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah