28 Februari 2017

5 Kota Paling Boros Listrik - Indonesia Harus Berhemat

Listrik merupakan kebutuhan dasar mengingat aktifitas kehidupan kita tidak lepas dari listrik. Apalagi di jaman sekarang dimana sumber daya pembangkit tenaga listrik semakin berkurang. Misalnya saja Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) yang baru-baru ini kami kunjungi di Kampar, Riau. Arus sungai yang semakin sempit, sampah yang dibuang sembarangan dan perawatan sungai yang kurang menyebabkan debit air semakin berkurang. Jika hal ini berterusan bisa jadi 10 atau 15 tahun lagi PLTA di Kabupaten Kampar ini tidak lagi bisa beroperasi.

Berbicara tentang penghematan listrik sebenarnya tidak bisa dilimpahkan hanya pada pemerintah. Masyarakat luas berperan penting karena sebagai pengguna listrik kita bertanggung jawab terhadap kelangsungan hidup yang berkaitan dengan energi listrik. Dan ternyata bukan hanya Indonesia yang mengalami kekurangan listrik, ada beberapa kota di dunia yang terkenal dengan masyarakatnya yang boros listrik. Kota apa sajakah itu? berikut 5 kota yang paling boros listrik!

parisaddress.com

1. Paris, Prancis

Paris adalah kota tujuan wisata paling diburu oleh wisatawan dunia. Paris dengan menara Eiffelnya seolah menjadi magnet yang menyedot perhatian mata dunia. Tidak heran jika Paris selalu dikunjungi oleh setidaknya 30 juta pengunjung asing setiap tahunnya. Bukan hanya menara Eiffel yang menjadi destinasi utama namun arsitektur kota Paris yang elegan dan artistik juga memiliki daya pikat yang kuat. Dengan derasnya arus wisatawan yang datang Paris tentu berusaha keras memanjakan mata mereka termasuk diantaranya kerlap kerlip lampu yang menyedot energi listrik. Hal ini menyebabkan Paris termasuk dari 5 kota dengan penggunaan energi listrik terbesar di dunia.


2. London, Inggris

Kota yang sudah berusia 2.000 tahun ini tidak pernah kehilangan keindahannya namun justru semakin bertambah. London memiliki 20 tempat wisata yang hanya khusus dibukan pada malam hari. Dengan begitu ketahuan sudah kenapa London masuk dalam 5 kota terboros dalam penggunaan listrik bukan?


3. Madrid, Spanyol

Menurut informasi yang admin dapat kota ini memiliki tujuan wisata malam yang beraneka rupa. Mulai dari musik pinggir jalan, lounge, konser malam bahkan hanya sekedar duduk santai pun menjadi sangat menyenangkan di Madrid. Hal itu karena pemerintah kota ini berusaha menampilkan malam nan romantis bagi rakyatnya juga para wisatawan. Jalan-jalan malam di kota Madrid tidaklah menakutkan karena hampir di setiap sudut terdapat lampu yang menerangi jalan. Keindahan kota ini terletak pada keputusan untuk mempertahankan tampilang bernuansa lingkungan sejarah. Baik dari arsitektur gedung dan jalannya.


4. New York, Amerika Serikat

New York City ( NY City) tidak hanya kota yang memiliki pengaruh keuangan dan komersial yang luas tapi juga karena pengaruh budaya.  NY City terkenal dengan pertunjukkan musik jazz nya yang kental. Dan, musik jazz tentu lebih nikmat jika didengarkan pada malam hari. Bisa dibilang NY City tidak pernah tidur dan tentu saja penggunaan listrik juga tidak ada matinya.


5. Hongkong

Honkong sejak memerdekakan dirinya dari Inggris terus berkembang pesat. Ia merupakan salah satu ibukota yang menjadi kiblat di dunia keuangan, dan pusat budaya Asia. Luas kota yang mencapai 426 mi2 menjadikan pemerintah Hongkong berusaha untuk menyamankan penduduknya dan wisatawan yang datang dengan keindahan kota yang terang.

Dari 5 kota dengan penggunaan listrik terbesar ini bukan tidak mungkin negara-negara lain juga ikut menyusul termasuk Indonesia. Jika masyarakat tidak disadarkan dengan penghematan menggunakan listrik maka beberapa tahun ke depan krisis listrik akan menjadi masalah paling serius di negara kita. 



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Copyright © 2013 attayaya: 5 Kota Paling Boros Listrik - Indonesia Harus Berhemat | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah