Desain Meja Loket Pelayanan


Pelayanan publik di Indonesia pada masa lalu (bahkan sampai sekarang) terlanjur memiliki citra buruk yang melekat di kalangan masyarakat luas. Pelayanan yang lamban, ketidakramahan petugas, sulit dan rumitnya persyaratan yang harus dipenuhi dan tidak transparannya masalah pembiayaan menimbulkan keengganan masyarakat untuk membayar pajak atau mengurus perijinan atau membuat KTP atau domumen lainnya di pemerintahan. Hal ini tentu saja menghambat proses terwujudnya peningkatan kesejahteraan masyarakat (sebagai tujuan yang lebih luas) serta tidak menguntungkan bagi perkembangan perekonomian.

Berbagai upaya dilakukan oleh instansi pemerintah untuk menghilangkan citra buruk tersebut. Walau sudah ada aturan untuk memberikan pelayanan publik yang prima ke masyarakat, tetapi tidak semua instansi melaksanakan dengan baik. Bahkan beberapa instansi tidak berniat menjadi lebih baik.

Pelayanan publik itu salah satunya didukung dengan adanya fasilitas pelayanan yang baik misalnya meja loket pelayanan yang berfungsi memberi kepastian kepada masyarakat kemana dan kepada siapa untuk menyelesaikan urusannya. Meja pelayanan diberi tanda yang jelas akan sangat membantu masyarakat agar tidak kebingungan melakukan proses dilayani. Apalagi didukung dengan petugas informasi yang mumpuni di bagian depan sebelum masyarakat menuju meja pelayanan yang tepat.

Meja pelayanan menjadi salah satu standar pelayanan publik khususnya dalam bidang sarana dan prasarana selain prosedur, waktu, biaya, produk, dan kemampuan petugas. Meja haruslah bersih nyaman, bentuk geometris sederhana, berfungsi, tidak kaku, penempatan peralatan kerja yang tepat dan beberapa faktor lainnya.

Di bawah ini merupakan desain Meja Loket Pelayanan oleh konsultan Oranye Design Lab - Pekanbaru
Ada yang mau pesan? hehehehe

Catatan atas Desain Meja Loket Pelayanan

Desain yang belum digambarkan adalah lubang kabel dan plat kabel untuk sistem perkabelan listrik maupun kabel jaringan komputer.

Peralatan petugas pelayanan :
Komputer 17 inchi all-in-one PC (komputer gabungan monitor dan CPU)
Printer dot-matrix atau phase-book-printer
Keyboard dan mouse
Kertas
Formulir
Alat tulis