5 Jenis Usaha Jelang Pensiun Yang Bermanfaat dan Bernilai Profit

Masa pensiun merupakan masa yang boleh dikatakan tidaklah diharapkan oleh semua para pekerja. Ada sebagian orang yang justru takut menghadapi masa pensiun. Alasannya beragam, dari mulai takut tidak punya kegiatan rutin, takut sebab investasi keuangan tak bagus sampai merasa takut kesepian. Tidak salah memang sebab hal ini dapat difahami. Dengan rutinitas selama lebih kurang 20 - 30 tahun lalu dengan tiba-tiba semuanya pergi. 

 

5 Jenis Usaha Yang Bermanfaat - Pixabay


Kehidupan dimasa pensiun sejatinya tidak harus selalu diisi dengan kegiatan kosong. Banyak hal yang dapat dilakukan misalnya:

1. Berkebun

Berkebun bisa menghilangkan jenuh. Apalagi jika ada nilai profitnya. Namun bukan itu yang menjadi tujuan utama. Tujuan utamanya ialah mencari kegiatan bermanfaat. Berkebun bisa menjadi kegiatan bermanfaat untuk membantu pelestarian lingkungan. Memperbaiki ekosistem dan menciptakan lapangan kerja.

2. Kuliner

Tidak bisa dipungkiri bahwa dunia kuliner saat ini semakin berkembang. Para ibu atau bapak yang baru atau akan menjelang pensiun, bolehlah melirik bisnis ini untuk kegiatan dan penghasilan tambahan di hari tua. Ciptakan masakan khas daerah atau masakan khas dari berbagai negara yang dimodifikasi dengan lidah lokal akan menjadi daya tarik tersendiri. Bisnis kuliner akan semakin terasa menarik jika memang ada hobby memasak.

3. Mendirikan Sekolah

Dalam dunia pendidikan tidak ada kata habis. Pendidikan sejak dini penting untuk membentuk karakter dan prilaku di masa depan. Membuka sekolah Taman Kanak-Kanak bisa menjadi salah satu kegiatan paska pensiun. Berkerjasama dengan para mahasiswa pendidikan dan bekerja sama dengan Kementrian Pendidikan akan menjadi kegiatan pensiun yang menantang sekaligu berfaedah untuk hari tua.

4. Membuka kelas Olah Raga

Jika ketika masih bekerja dahulu, bapak/Ibu jarang pergi ke tempat-tempat latihan fisik. Sekarang bolehlah mendatanginya. Bahkan lebih baik lagi kalau membuka kelas olah raga. Latihan fisik seperti berenang, aerobik, yoga dan gym adalah jenis olah raga yang sekarang ini banyak diminati. Cobalah untuk menggali lebih banyak lagi tentang potensi bisnis ini.

5. Bisnis Properti

Bisnis ini memang membutuhkan modal yang tidak sedikit. Itu sebabnya, perlu perencanaan keuangan yang matang ketika memulainya. Namun, bukan berarti ini bisnis yang tidak bermanfaat ya. Justru bisnis properti sangat menantang dan perlu dicoba. Apalagi untuk anda yang sudah pensiun tapi semangat bekerja masih menggebu. Pencarian lahan yang baik membutuhkan kesiapan yang matang. Kemudian pemilihan letak rumah hingga finishing rasanya cukup mencabar dan menguras fikiran. Tapi keuntungan bisnis ini juga bukan main-main. Apalagi untuk jenis properti kontrak seperti misalnya rumah kotrakan. Nah, ini sesuatu yang bagus dan rasanya layak untuk coba.

Nah, untuk menjalani semua kegiatan tersebut bapak/ibu tentu harus memiliki kesiapan mental dan fisik yang kuat. Berbicara soal fisik berarti termasuk di dalamnya asupan gizi setiap harinya. Supaya tubuh tetap prima jangan lupa berolah raga. Waktu yang tepat untuk olahraga biasanya pagi antara pukul 8:00 - 10:00 WIB dan boleh juga dilakukan ketika sore sekitar pukul 05:00 - 06:00 WIB. 

Banyak jenis olah raga yang bisa dilakukan para pensiunan misalnya jalan santai. Perlu diinformasikan bahwa jalan santai memiliki banyak manfaat. Selain untuk kebugaran, bisa juga untuk melancarkan peredaran darah, mencegah penyumbatan pada pembuluh darah, menghilangkan stress dan banyak lagi.

Selain berolah raga, bapak/ibu juga dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan bergizi dan ditambah segelas susu. Agar kondisi tetap prima dan kesehatan terjaga.