6 Jenis Penyakit Mental, No 4 Seperti Tidak Masuk Akal

Attayaya.net - Selalu merasa diri gemuk hingga memuntahkan kembali makanan merupakan salah satu jenis penyakit mental

Penyakit mental sering dikaitkan dengan orang yang berjalan tak tentu arah di luar sana, atau bicara meracau hingga mengamuk tanpa sebab. Nyatanya jenis penyakit mental tidak hanya sebatas itu. Ada banyak jenis penyakit mental dari mulai yang ringan hingga berat.

Jika melihat keluarga yang sering melamun, bicara tak jelas dan menangis sendiri jangan katakan dia lebay atau cengeng. Cobalah dekati dan ajak bicara tanpa menjudge buru-buru, cukup dengarkan karena penyakit mental kebanyakan muncul karena diri merasa tidak berguna, tidak ada yang menghargai atau mendengarkan dirinya. Sehingga alam bawah sadar dan kenyataan sering berbenturan sehingga menimbulkan halusinasi yang tidak terkontrol.

Jenis penyakit mental tidak melulu harus disebut gila karena nyatanya ada banyak macamnya. Berikut 6 jenis penyakit mental, No 4 seperti tidak masuk akal.

pixabay
Anxiety
Dilansir dari beritagar.id jenis gangguan jiwa ini merupakan gejala yang paling sering dialami. Merasa cemas akan sesuatu yang terjadi di masa depan tentang dirinya hingga menimbulkan perasaan bersalah dan menyebabkan stress. Penyebab anxiety bermacam-macam bisa jadi karena cerai dengan pasangan hingga diri merasa bersalah atas perceraian itu, merasa cemas dengan masa depan anak karena ekonomi. Ditambah lagi saat ini dimana orang dengan mudahnya menyalahkan orang lain tanpa mau mencari tahu dulu apa penyebabnya.

Kita sudah terlalu sering disuguhkan berita miris tentang ibu yang membunuh anaknya sebab dikatai tetangga, meminta tolong suami, suami malah menyalahkan. Akhirnya anak jadi korban. Atau suami yang bunuh diri karena merasa gagal mencari nafkah untuk keluarga. Berita viral ini tentu mendapat respon macam-macam dari netizen. Dan ajaibnya netizen, mereka lebih banyak menyalahkan daripada menjadikan peristiwa ini mengajaran.

Pernahkah Anda bayangkan jika hal tersebut terjadi pada diri Anda, dimana ketika ingin meminta tolong tapi yang ada malah disalahkan? dan ketika berita ini menyebar tentu ada orang dengan persoalan pribadi yang sama ikut membaca komen pedas Anda. Apa akibatnya? dirinya yang sedang sakit akan merasa lebih sakit lagi dengan komen-komen pedas dari netizen di seantero jagad ini. Akhirnya, bukan tidak mungkin orang yang sedang menghadapi persoalan itu ikut memilih jalan yang salah, yaitu bunuh diri atau membunuh keluarganya.

Ciri-ciri anxiety secara umu dapat dilihat yaitu:
- Sulit berkonsentrasi
- Merasa khawatir setiap saat
- Sering merasa gelisah saat tidur

OCD ( Obsessive Compulsive Disorder)
Pikiran cemas yang tidak masuk akal menyebabkan prilaku seseorang yang berulang-ulang. Penyakit jiwa ini umumnya tidak berbahaya atau ektstrim, mereka lebih banyak melakukan sesuatu yang berulang agar merasa yakin bahwa yang dilakukan sudah benar. 

Ciri-ciri OCD adalah:
- Selalu merasa cemas
- Sering ketakutan secara berlebihan.
- Menghilangkan rasa cemas dengan melakukan sesuatu secara berulang-ulang.

Bipolar
Pernah ada kasus yang menghebohkan dunia kerartisan Indonesia dimana artis tersebut mendadak berubah prilakunya seperti orang yang tidak dikenali. Mungkin kita semua mahfum siapa dia. Menurut keterangan keluarga hal tersebut diawali dari bullying yang diterimanya sewaktu kecil menyebabkan rasa dendam yang berlarut hingga dewasa. Akhirnya ketika timbul masalah besar yang tidak sanggup dihadapinya prilakunya pun berubah drastis. 

Ciri-biri bipolar yaitu:
- Merasa gembira dan sedih berlebihan
- Emosi mudah terpancing
- Berbicara sangat cepat.

Eating Disorder
Yaitu gangguan tingkah laku pola makan seperti anoreksia dan bulimia. Anoreksia adalah obsesi berat badan kecil sehingga rela kelaparan demi dapat disebut kurus. Sementara bulimia adalah kelainan yang membuat seseorang memuntahkan kembali makanan yang sudah dimakannya agar berat badan tidak naik. Bulimia ini bahkan pernah diderita oleh ibu dari Pangerang Harry dan William loh.

Ciri-ciri eating disorder adalah:
- Tidak nafsu makan
- Selalu merasa dirinya gemuk
- Memuntahkan makanan setelah makan.

Skizofrenia
Jika ada keluarga atau kerabat yang menderita penyakit jiwa ini harap bersabar banyak-bayak dan beri perawata rutin sebab penyakit ini merupakan gangguan mental kronis yang menyerang pikirang sehingga menyebabkan halusinasi, delusi dan perubahan prilaku secara ekstrim. Tidak semua orang mampu menerima kenyataan atas cobaan yang dialaminya. Inilah yang menjadi penyebab dasar gangguan mental ini. Cobaan yang dirasa begitu berat menimbulkan gangguan mental yang mengubah prilakukanya secara ekstrim.

Ciri-ciri skizofrenia adalah:
- Emosi datar dan sulit ditebak
- Meracau saat berbicara
- Sulit membedakan pikiran dan kenyataan

Depresi
Gangguan mental yang satu ini kelihatannya semakin meningkat akhir-akhri ini. Depresi terjadi karena adanya sesuatu yang mengganggu pola pikir yang dapat berpengaruh pada suasana hati dan perasaan. 

Ciri-ciri depresi adalah:
- Sering merasa sedih
- Merasa tidak berguna
- Menyalahkan diri sendiri

Jika kamu sudah mulai merasa sedih yang keterlaluan atau tertekan segeralah minta pertolongan tim ahli dalam hal ini psikiater. Jangan malu untuk menjumpai mereka sebelum sesuatu yang buruk menimpamu. Untuk keluarga pula jangan tinggalkan mereka yang mengalami gangguan mental apapun sebab mereka akan benar-benar sendiri jika kalian meninggalkannya.