30 November 2011

Jadwal Terjadinya Bono Sungai Kampar 2012

Jadwal Terjadinya Bono Sungai Kampar 2012 dapat diperhitungkan melalui Bulan atau Tahun Melayu yang berdasarkan Kalender Hijriyah 1433 - 1434 H. Bono sebagai sebuah fenomena alam yang terjadi di Muara Kuala/Sungai Kampar Riau sedang menjadi daya tarik wisatawan manca negara terutama para penggemar selancar (surfing). Telah banyak peselancar dunia yang berselancar Bono. Untuk jelas mengetahui tentang Bono Kampar dapat dibaca pada artikel di blog ini dengan judul : Ombak Bono Kampar Riau dan Lokasi Bono Sungai Kampar, serta Tinjauan Ilmiah Terjadinya Bono Kampar.

Karena tidak setiap hari terjadi ombak Bono Sungai Kampar yang besar, maka untuk tahun 2012 pengunjung terutama para peselancar dunia membutuhkan Jadwal Terjadinya Bono Kampar 2012, sehingga ketika mereka tiba di lokasi dapat bertemu dengan ombak Bono Kampar yang besar. Hal ini mengingat untuk mencapai lokasi bono kampar masih mengalami kesulitan karena saat ini terdapat jalan yang masih belum diaspal sepanjang 70km yang diharapkan pengaspalannya dapat selesai di akhir tahun 2012.

Beberapa photo yang kuambil ketika melihat Ombak Bono Sungai Kampar pada tanggal 26 November 2011 kemaren akan diposting pada artikel lainnya. Di bawah ini adalah salah satu photo yang kuambil tersebut.

Photo Ombak Bono Sungai Kampar



Photograper : attayaya
Canon EOS 60D
Pendukung :
"TEKONG" atau supir speed boat
Kadis Pariwisata Kab. Pelalawan
Bang Fiko Pojok Photo (http://www.pojokphoto.com/)
Bang Eri Riau Daily Photo (http://www.riaudailyphoto.com/)

Jadwal Terjadinya Bono Sungai Kampar 2012

Setiap bulan di tahun 2012 berubah-ubah. Aku memperkirakan ombak Bono Sungai Kampar akan besar pada tanggal tersebut di bawah ini. Jadwal terjadinya Bono ini aku buat berdasarkan tafsir tanggal yang disampaikan oleh penduduk Desa Teluk Meranti dan melihat kalender almanak Tahun Melayu.

Jadwal Terjadinya Bono Sungai Kampar 2012

7-10 Januari 2012 (P) (B)
22-25 Januari 2012 (M) (B)
5-8 Februari 2012 (P)
21-24 Februari 2012 (M)
6-9 Maret 2012 (P)
22-25 Maret 2012 (M)
5-8 April 2012 (P)
20-23 April 2012 (M)
4-7 Mei 2012 (P)
20-23 Mei 2012 (M)
3-6 Juni 2012 (P)
19-22 Juni 2012 (M)
3-6 Juli 2012 (P)
18-21 Juli 2012 (M)
1-4 Agustus 2012 (P)
17-21 Agustus 2012 (M)
1-4 September 2012 (P)
15-18 September 2012 (M)
29 September - 2 Oktober 2012 (P)
15-18 Oktober 2012 (M) (B)
29 Oktober - 1 November 2012 (P) (B)
13-16 November 2012 (M) (B)
27 November - 1 Desember 2012 (P) (B)
26-29 Desember 2012 (M) (B)

Keterangan Perkiraan :
Jadwal Terjadinya Bono Sungai Kampar 2012 ini dihitung berdasarkan kalender Bulan/Tahun Melayu atau Kalender Hijriyah 1433 - 1434 H
(P) = Bulan Purnama / tengah bulan Melayu
(M) = Bulan Mati / awal bulan Melayu
(B) = Ombak Bono Sungai Kampar yang berukuran besar berkisar antara 4-6 meter. Selain itu biasanya berukuran sedang dengan ketinggian 3 meter.
selengkapnya...

28 November 2011

Peta Lokasi Bono Sungai Kampar

Lokasi Bono Sungai Kampar akhirnya dapat aku capai pada hari Sabtu 26 November 2011 kemaren bersama 2 orang anggota blogger Bertuah lainnya yaitu Taufik 'fiko' Asmara (Pojok Photo) dan Hasrinaldi 'eri' (Riau Daily Photo). Walaupun perkiraanku salah, yang mana aku memperkirakan kami akan menuju di bagian awal terjadinya ombak bono sungai kampar, tapi ternyata kami justru berada di bagian akhir terjadinya ombak bono tersebut. Ya tak apa-apa lah.

Untuk menuju Lokasi Bono Sungai Kampar saat ini masih susah-susah mudah karena untuk mendapatkan kendaraan umum belum tersedia, sehingga perlu menyewa mobil rental yang ada di Pangkalan Kerinci. But, it's okay.

Cerita lengkap perjalanan kami dari Pekanbaru menuju Lokasi Bono Sungai Kampar akan dimuat pada postingan berikutnya.

Peta Lokasi Bono Sungai Kampar Riau

dari Google Earth

Lokasi ombak sungai Bono kampar / Tidal Bore di Dunia
Lokasi Bono Sungai Kampar Riau
terhadap Pulau Sumatera

Lokasi ombak sungai Bono kampar / Tidal Bore di Dunia
Lokasi Bono Sungai Kampar Riau
terhadap Kecamatan Kuala Kampar
Kabupaten Pelalawan - Riau


Peta Lokasi Bono Sungai Kampar Riau

dari Bambang Yulistiyanto
http://eprints.ums.ac.id

Lokasi ombak sungai Bono kampar / Tidal Bore di Dunia
Lokasi Bono Sungai Kampar Riau


Lokasi Bono Sungai Kampar ini dari Pekanbaru dapat dicapai dengan 2 cara :

Jalan darat
Pekanbaru - Pangkalan Kerinci - belok kiri di Simpang Bunut - Desa Teluk Meranti

Jalan Air
Kendaraan darat dari Pekanbaru - Pangkalan Kerinci - dari Jembatan Pangkalan Kerinci dilanjutkan dengan menggunakan speed boat ke Desa Teluk Meranti ataupun Desa Pulau Muda.
selengkapnya...

24 November 2011

TINJAUAN ILMIAH TERJADINYA OMBAK BONO KAMPAR

Di dalam kajian Lingkungan Mekanika Cairan (Environmental Fluid Mechanics), Bono disebut TIDAL BORE atau bore/aegir/eagre/eygre. TINJAUAN ILMIAH TERJADINYA OMBAK BONO KAMPAR tak banyak referensinya. Artikel ini untuk menyambung artikel sebelumnya yang berjudul "Gelombang Ombak Bono Kampar Riau". Gelombang Bono atau Ombak Bono atau Bono Wave yang merupakan suatu fenomena alam, secara sederhana dapat disampaikan bahwa terjadinya Ombak Bono adalah pertemuan arus pasang air laut dengan arus sungai dari hulu menuju muara (hilir).

Selain itu, di daerah lain disebut dengan berbagai nama dan istilah yang secara umum disebut TIDAL BORE. Di Malaysia di sebut BENAK yaitu Benak Muara Sungai Batang Lupar Sri Aman Sarawak. Di Sungai Kent Inggris disebut The Arnside Bore, dan ada juga menyebutnya sebagai Aegir. Di Sungai Severn Inggris disebut dengan The Severn Bore. Di Sungai Amazon dan sungai-sungai disekitarnya disebut dengan Pororoca. Sedangkan Benak adalah sebutan Bono di Sungai Batang Lupar Serawak Malaysia. Mengenai Lokasi Bono lainnya di dunia, dapat dibaca pada artikel : Lokasi Bono / Tidal Bore di Dunia

PENYEBAB DAN WAKTU TERJADINYA OMBAK BONO

Ombak Bono atau kadang biasa juga disebut Gelombang Bono (Bono Wave) terjadi ketika saat terjadinya pasang (pasang naik) yang terjadi di laut memasuki Sungai Kampar. Kecepatan air Sungai Kampar menuju arah laut berbenturan dengan arus air laut yang memasuki Sungai Kampar. Benturan kedua arus itulah yang menyebabkan gelombang atau ombak tersebut. Bono akan terjadi hanya ketika air laut pasang. Dan akan menjadi lebih besar lagi jika pada saat air laut mengalami pasang besar (bulan besar) diiringi hujan deras di hulu Sungai Kampar. Derasnya arus sungai akibat hujan akan berbenturan dengan derasnya pasang air laut yang masuk ke Kuala Kampar.

Awal akan terjadinya ombak Bono diawali dengan bunyi desingan yang diikuti dengan bunyi gemuruh air. Bunyi gemuruh semakin lama akan semakin keras bagaikan dentuman guntur diiringi dengan besarnya gelombang ombak Bono. Kecepatan gelombang ombak Bono mencapai 40 km/jam dan memasuki ke arah hulu berkilo-kilo meter jauhnya biasanya mencapai jarak 60 km jauhnya ke hulu dan berakhir di daerah Tanjung Pungai. Ombak gelombang Bono ini tidak 1 (satu) jumlahnya, tetapi banyak dan beriringan. Kadang berada di kiri dan kanan tepi atau tebing sungai, kadang menyatu di tengah sungai.

Bono biasanya terjadi pada setiap tanggal 10-20 bulan Melayu dalam tahun Arab yang biasa disebut penduduk sebagai "Bulan Besar" atau "Bulan Purnama". Biasanya gelombang Bono atau Ombak Bono yang besar terjadi pada tanggal 13-16 bulan Melayu tahun Arab tersebut. Gelombang yang terjadi biasanya akan berwarna putih dan coklat mengikut warna air Kuala Kampar. Selain itu, Bono juga terjadi pada setiap "bulan mati" yaitu akhir bulan dan awal bulan (tanggal 1) Tahun Arab.

Untuk Jadwal Bono tahun 2011 ini diperkirakan besar pada :
  • 25-28 November 2011
  • 9-12 Desember 2011
  • 24-27 Desember 2011

Bono terbesar biasanya terjadi ketika musim penghujan dimana debit air Sungai Kampar cukup besar yaitu sekitar bulan November dan Desember.
Bono mulai terbentuk dan membesar di kanan kiri Pulau Muda, akibat penyempitan alur sungai karena adanya pulau (P. Muda) di tengah-tengah alur sungai. Bono terbesar terjadi di Tanjung Perbilahan, yang terbentuk karena bertemunya Bono yang sudah terbentuk di kanan-kiri Pulau Muda.

Kedalaman sungai di sekitar terjadinya ombak Bono tidaklah dalam, hanya sekitar 1-2 meter dengan bagian-bagian alur tertentu yang mempunyai kedalaman 10-15 meter untuk alur lewat jalur transportasi kapal. Hanya saja alur dalam tersebut selalu berpindah-pindah akibat pergeseran dasar sungai karena adanya ombak Bono. Sehingga, bagi kapal-kapal yang mau melewati daerah ini untuk keluar dari Kuala Kampar menuju Tanjung Batu, Selat Panjang, Tanjung Pinang, Batam atau Singapore harus menggunakan orang yang menjadi pengarah atau biasa disebut "tekong" untuk menunjukkan alur yang bisa dilewati kapal.

TINJAUAN ILMIAH TERJADINYA OMBAK BONO

Bono biasanya terjadi pada muara sungai yang lebar dan dangkal kemudian menyempit atau menguncup setelah berada di dalam sungai. Bentuk muara sungai yang menguncup mirip dengan huruf "V" atau corong didukung dengan kondisi sungai yang mendangkal akibat erosi alami menyebabkan pertemuan air laut pasang dengan air sungai akhirnya membentuk Bono atau Tidal Bore. Tetapi tidak semua muara berbentuk V yang dangkal dapat terjadi Tidal Bore. Karena dipengaruhi salah satunya oleh faktor tinggi pasang-surut air laut.

Tidal Bore adalah dianggap sebagai suatu fenomena alam di bidang hidrodinamika yang erat hubungannya dengan pergerakan massa air. Semakin besar Bono atau Tidal Bore tersebut, maka semakin besar pula daya rusaknya.

Dikutip dari Wikipedia :
A tidal bore (or simply bore in context, or also aegir, eagre, or eygre) is a tidal phenomenon in which the leading edge of the incoming tide forms a wave (or waves) of water that travel up a river or narrow bay against the direction of the river or bay's current.

Dikutip dari Bambang Yulistiyanto :
Pasang surut yang ada di Muara Sungai Kampar mempunyai tinggi gelombang sekitar 4 m (Deshidros, 2006). Pasang surut tersebut berupa pasang surut tipe Campuran Condong ke Harian Ganda, dimana dalam 1 hari terjadi dua kali pasang dan dua kali surut dengan tinggi pasang surut yang pertama dan kedua berbeda. Periode gelombang pasang surut sekitar 12 jam 25 menit.

Di Sungai Kampar, muara sungai berbentuk seperti huruf "V", massa air masuk melalui mulut teluk yang lebar kemudian tertahan, hingga air laut pasang memenuhi kawasan muara. Massa air yang terkumpul kemudian terdorong kearah hulu yang menyebabkan semacam efek tekanan kuat ketika melewati areal yang menyempit dan dangkal secara konstan di mulut teluk. Keadaan ini memunculkan gelombang yang bervariasi di hulu teluk, dari hanya berupa gelombang-gelombang kecil hingga beberapa meter ketinggiannya.

Di muara Sungai Kampar, kecepatan gelombang dapat lebih rendah dibandingkan kecepatan arus sungai yang berasal dari hulu sungai. Hal ini berakibat pada terhambatnya gerakan gelombang pasang dari laut, yang berakibat pada naiknya muka air dari muara, sehingga terbentuk Tidal Bore ‘Bono’. Gelombang Bono bergerak ke hulu sampai ke Tanjung Pungai yang berjarak sekitar 60 km dari muara.

Bono yang menjalar menuju ke hulu melewati alur sungai yang semakin menyempit. Saat melewati Pulau Muda, gelombang pasang ini terpisah menjadi dua, sebagian lewat alur di sebelah kiri, dan sebagian lagi lewat alur sebelah kanan Pulau Muda. Di Tanjung Perbilahan Bono yang terpisah tersebut saling bertemu, menghasilkan momentum yang mengakibatkan Gelombang Bono semakin besar. Penduduk setempat menyebut peristiwa ini sebagai ‘Bono yang bertepuk’. Di Tanjung Perbilahan, Gelombang Bono terjadi paling besar.

Lokasi ombak Bono kampar / Tidal Bore di Dunia
Lokasi Bono Kampar
gambar dari http://eprints.ums.ac.id



Video Ombak Bono Lainnya


Video of Pororoca at Amazon River Brazil


Video of Severn Bore at Severn River England


Video of Qiantang Bore at Qiantang River HangZhou China



Baca artikel lainnya :
Gelombang Ombak Bono Kampar Riau Indonesia
Lokasi Bono Kampar

Bahan bacaan dan sumber gambar :
FENOMENA GELOMBANG PASANG BONO DI MUARA SUNGAI KAMPAR
The Phenomenon Of Bono Rising Wave In Kampar River Estuary
http://eprints.ums.ac.id/1088/1/_5__B_Yulis-UGM__ok_.pdf

http://en.wikipedia.org/wiki/Tide
http://en.wikipedia.org/wiki/Tidal_bore
http://pantai-kelautan.blogspot.com/2011/04/bono-tidal-bore.html

selengkapnya...

21 November 2011

Tips Cara Memotret Photo Long Exposure

Seperti yang telah diposting pada artikel sebelumnya yang berjudul Long Exposure Photography ada yang bertanya : "kok bisa begitu?" atau kalau tidak salah "kok bisa ada garis-garis begitu?". Maka kali ini aku mencoba menjawab hal tersebut sekalian mau berbagi sedikit tentang tips dan cara memotret long exposure.

Long Exposure Photography atau kadang disebut orang sebagai time-exposure photography yang di-Indonesia-kan mungkin menjadi "photo dengan paparan cahaya lama" merupakan salah satu teknik dalam photograpi untuk mengekspos cahaya sehingga membentuk gambar. Di Wikipedia menyebutkan bahwa Long Exposure Photography merupakan pengambilan gambar dengan menggunakan kecepatan lambat pada bukaan dian rana (shutter speed).

Sebelumnya perlu juga mengetahui tentang Teknik Dasar Potograpi yang hal ini akan diposting pada artikel lain yaitu mengenai :
- Fokus (Focus)
- Besaran Bukaan Diafragma/Rana (Apperture)
- Kecepatan Bukaan Diafragma/Rana (Shutter Speed)
- Kepekaan Film/Sensor (ISO perpaduan ASA dan DIN)

Maka peranan penting untuk menghasilkan sebuah gambar adalah ke-empat faktor diatas. Sedangkan Pencahayaan (Exposure) pada gambar terdiri 2 faktor yaitu Besaran Bukaan Diafragma/Rana (Apperture) dan Kecepatan Bukaan Diafragma/Rana (Shutter Speed) yang didukung dengan kepekaan film/sensor. Ketajaman gambar dipengaruhi oleh fokus lensa terhadap objek gambar.

Mengapa Perlu Memotret Photo Long Exposure

Menurutku hanya ada 2 alasan :
- Kondisi sangat minim cahaya.
Hal ini akan menyebabkan kecepatan bukaan diafragma/rana akan diperlambat, atau bukaan diafragma/rana diperbesar, atau sensivitas film/sensor ditinggikan.

- Suka-suka, rasa, seni, alasan pribadi, sesuatu yang beda.
Kalau sudah masuk pembicaraan ini, sangat sulit untuk dijelaskan secara harfiah. Terserah pembaca untuk menanggapinya.

Memotret Photo Long Exposure

Banyak tips dan cara yang dapat dilakukan untuk Memotret Photo Long Exposure. Umumnya potograper mengambil gambar berupa "jejak cahaya" yang akan membentuk garis-garis di bidang gambar khususnya untuk objek bergerak dan memiliki cahaya. Selain itu jejak cahaya juga bisa berupa bukan berbentuk garis-garis, tetapi seperti gambar biasanya khususnya untuk objek tetap.

Contoh 1 Objek tidak bergerak atau hanya sedikit bergerak :
Photo pada Festival Lampu Colok Pekanbaru
Photo long exposure dengan objek tidak bergerak. Hanya kibasan api yang bergerak. Anak pemasang lampu colok tersebut tidak bergerak banyak. Gambar diambil sekitar jam 8 malam.

Festival Lampu Colok Pekanbaru
Lampu Colok Pekanbaru

Photographer : Attayaya


Contoh 2 Ada objek bergerak yang bercahaya :
Perhatikan garis putih di pojok sebelah kanan bawah. Garis putih panjang itu merupakan jejak cahaya lampu pesawat yang ditangkap kamera. Pesawat tersebut akan landing di Bandara Ngurah Rai Bali. Pada photo ini, Jejak cahaya putih itu memang sengaja ingin ditangkap sekaligus ingin mengambil gambar suasana pantai yang sangat kurang pencahayaan. Gambar diambil jam 1 malam lewat.


Contoh 3 Photo Super-Long-Exposure
Photograper Terence Chang mengambil gambar di salah satu bandara ketika pesawat hendak landing. Garis-garis putih tersebut adalah jejak cahaya seperti pada contoh 2 diatas. Jejak cahaya putih dari kanan atas ke kiri bawah tersebut dihasilkan dari cahaya lampu pesawat ketika hendak landing. Sedangkan jejak cahaya merah melengkung adalah jejak cahaya lampu rem kendaraan yang melintas di jalan raya.


Airplane Landing Pattern

Photographer :
Terenca Chang (Flickr alias exxonvaldez)
www.terencechang.com


Sampai saat ini, masih diperdebatkan tentang batasan shutter speed (kecepatan bukaan diafragma/rana) yang dapat disebut atau dikategorikan sebagai photo long-exposure. Bagiku batasannya adalah 1/20 detik. Karena kecepatan dibawah itu (lebih lambat) akan membuat tanganku goyang sehingga kamera ikut bergoyang. Untuk itu aku butuh tripod atau dudukan. Mungkin batasan ini akan berbeda pada potograper lain.

Peralatan Untuk Memotret Photo Long Exposure

Pertama dan utama sekali adalah KAMERA. Tentu saja kita membutuhkan kamera, khususnya kamera yang memiliki fasilitas pengaturan shutter-speed. Hal ini biasanya ada pada kamera SLR/DSLR maupun semi-SLR/DSLR (gabungan kamera poket dan SLR/DSLR).

Kedua adalah dudukan. Biasanya potograper membawa tripod (dudukan kamera berkaki tiga) untuk berburu gambar long exposure. Kalaupun tidak ada tripod, dapat saja menggunakan barang apapun sebagai dudukan misalnya batu, peti, tas, tanah, kayu dan lain-lain. Yang harus diperhatikan bahwa dudukan yang digunakan harus dapat menanggung berat beban kamera sehingga kamera tidak bergoyang.

Ketiga adalah peralatan pendukung lainnya yang kadang tidak diperlukan semisal lampu senter, blitz, lilin, permen, korek api, rokok, cemilan, dan lain-lain. Hmmmm... ini seeh peralatan untuk camping.


The Man Behind The Camera

Nah untuk menghasilkan sebuah photo yang bagus, selain ke-4 faktor yang telah disebutkan di awal tulisan, perlu didukung oleh kebiasaan dan kemampuan/keahlian serta "rasa" yang dimiliki oleh potograper. Sebuah kamera biasa jika berada di tangan ahlinya akan dapat menghasilkan photo bagus, tetapi secanggih apapun kamera jika di tangan orang biasa maka biasanya akan menghasilkan gambar "tanpa rasa", hanya keberuntungan (faktor-x) yang memberikan hasil lain. Sangat susah menjelaskan tentang "rasa" pada photograpi, karena photograpi bagiku adalah seni menggambar dengan menggunakan kamera.

Tips Cara Memotret Photo Long Exposure

  • Jika tidak mempunyai tripod, gunakan dudukan apa saja yang kuat untuk menanggung beban/berat kamera.
  • Coba beberapa kali men-shoot dengan kombinasi kecepatan, bukaan dan ISO yang berbeda untuk mendapatkan gambar yang sesuai selera.
  • Umumnya Photo Long Exposure dilakukan pada malam hari, hati-hati bahaya rampok atau tindak kejahatan lainnya.

*****

Artikel Tips dan Cara Memotret Photo Long Exposure merupakan penjelasan singkat dan bahkan mungkin terpotong dari penjelasan dan pembahasan panjang tentang Photo Long Exposure. Maaf sedikit rancu dengan kata "memotret" atau "memoto" yang intinya adalah kegiatan mengambil gambar dengan menggunakan kamera.

Contoh-contoh photo long-exposure

http://www.digital-photography-school.com/how-to-shoot-light-trails
http://www.digital-photography-school.com/long-exposure-photography
http://en.wikipedia.org/wiki/Long-exposure_photography
dan masih banyak lagi

selengkapnya...

14 November 2011

Analogi SEO Google Panda Terbaru Content is the King

Walaupun aku bukan ahli dan praktisi SEO beneran karena aku cuma sekedarnya aja, tetapi asik juga ketika melihat tulisan temen-temen yang jago SEO bahkan mengaku dewa SEO, ngaku-ngaku pakar SEO tentang SEO Google Panda Terbaru. Tidak habis-habisnya mereka berdebat tentang hal teknik mana yang sebaiknya dipakai untuk menjinakkan Algoritma Google Panda yang baru direlease Februari 2011 dan masih berkembang sampai sekarang. Walaupun algoritma tersebut merupakan rahasia besar dari Search Engine terbesar Google, tetap saja para ahli, para jago, para yang ngaku-ngaku dewa Seo, pakar Seo terjerumus dalam jepitan tangan-tangan Panda.

Google menamakan algoritmanya yang terbaru ini dengan nama PANDA sejak Februari 2011 lalu dengan tujuan memberikan hasil yang terbaik dari pencarian pengguna Google.
Our goal is simple: to give people the most relevant answers to their queries as quickly as possible. This requires constant tuning of our algorithms, as new content—both good and bad—comes online all the time.
Google Panda was built through an algorithm update that used artificial intelligence in a more sophisticated and scalable way than previously possible. Human quality testers rated thousands of websites based on measures of quality, including design, trustworthiness, speed and whether or not they would return to the website.
Dari mendengar, membaca dan melihat temen-temen beraksi untuk menjadi sahabat baik Panda, aku jadi teringat dengan Blogger muda dari Singapura yang menjadi salah satu pembicara di Blogger Nusantara 2011 kemaren di Sidoarjo. Namanya WILLIS WEE pemilik blog www.penn-olson.com yang berisi artikel tentang tekhnologi dan perkembangannya di Asia. Dia mengatakan agar blog kita dapat bersahabat baik dan bermain bersama Panda Google, maka kita harus mengikuti keinginannya. Walau sedikit egois, tetapi begitulah adanya.

Willis Wee atau pun master SEO lainnya mengatakan bahwa "Content is the King" yang bermaksud bahwa inti sebuah blog menjadi terkenal adalah pada artikel, terutama artikel yang bukan KOPAS SANI (Kopi Paste Sana Sini). Kegiatan kopas untuk mendapatkan sebuah konten sebenarnya pernah kulakukan. Sok jujur aaah.... Yup begitulah. Tapi ternyata tidak sesuai dengan hati. So... ga jadi ngopas untuk selanjutnya.

Analoginya adalah konten (content) atau artikel adalah menjadi seorang raja di dunia blog yang menentukan bagus atau tidaknya perkembangan kerajaan (blog). Okelah ini analogi menurut mereka-mereka yang pakar SEO, dewa SEO, ngaku-ngaku pakar SEO, maupun ngaku-ngaku dewa SEO. What ever deeeh.

Mengenai Content is the King, aku punya tambahan lainnya untuk melengkapi pendapat tersebut. Ini murni dari pemikiranku untuk dapat bersahabat dengan Panda yang manis milik mbah Google.

Ini pendapatku :
Content is the King
SEO is the Queen.
naaah abis tuh tinggal cari perdana menteri, benteng, rencong, kuda, pions.... abis tuh main catur deh.
ga jadi ngeblog....
Begitulah Analogi SEO Google Panda terbaru sehubungan dengan "Content is the King". Jadi intinya adalah mengajak Google Panda main catur. Itu aja alias this is it kata Farah Queen.

Bagaimana menurut temen-temen pendapatku itu?
ngaco ya...

atau Bagaimana kalo kita main catur aja rame-rame???
jiahahahahaaaa.....
selengkapnya...

13 November 2011

Kalimat Ucapan Selamat Ulang Tahun

Wooowww........ begitu banyak Kalimat Ucapan Selamat Ulang Tahun di akun Facebook-ku pada tanggal 11-11-11 dari semua temen, kerabat, handai taulan, encik, tuan, puan, abang, kakak, adik, ponakan, om, tante, nenek, kakek (iiih... kok kayak sebuah iklan kendaraan bermotor jaman dulu dweeeh...).

Mereka memanggil diriku pun jadi macem-macem... ada yang manggil Atuk, om, bang, bg, bro, bos, pak bos dan lain-lain. Untung aja ga ada yang memanggilku "sista".... iiihhhh emangnye gw cowok apaan.

Alhamdulillah... pada tanggal 11 Novemver 2011 yang biasanya ditulis menjadi 11-11-11 tersebut aku diberikan Allah SWT umur yang lebih panjang. Semoga umur yang diberikan ini akan dapat kumanfaatkan untuk mengabdi kepada-Nya, bermanfaat untuk berbagi dengan sesama, dan dapat memberikan suatu sumbangan yang berguna bagi dunia.

Kalimat Ucapan Selamat Ulang Tahun


Terima kasih untuk ucapan dan doa yang telah diberikan kepadaku baik melalui facebook, twitter, sms, handphone, inbok, email. Terima kasih juga kepada Kaskuser, BNI 46, Bank Permata, Bank Mega, Bank Mandiri, Telkom Flexy, XL XLangkah Lebih Maju, MasterCard, VisaCard. Kalimat Ucapan Selamat Ulang Tahun yang sangat indah dan bagus.

Kalimat Ucapan Selamat Ulang Tahun


Inilah Kalimat Ucapan Selamat Ulang Tahun yang indah dan bagus sekaligus mengharukan dari temen-temen yang tercantum di akun facebookku. Mohon maaf jika ada yang terlupa dimasukkan.

Wanda Ingin Tobat
makan-makan ada yg ultah H.B.D bg smoga panjang umur dan sehat selalu
Attayaya Yar Zam apa maksudnya neh???
#pura2taktahu
jiahahahaha....... ayo makan-makan
makasih banyak ya Wanda Ingin Tobat

Darma Yuanda
slamat ulang tahun bg.
Attayaya Yar Zam makasih Darma Yuanda
makaaaannn.... makaaaan....
Darma Yuanda azeek bg attayaya mau traktir makan2
Attayaya Yar Zam jiahahahahaha... selagi ada rejeki sedikit banyak di sekre
Darma Yuanda alhamdulilah

Ivan Kavalera Cabup Bulukumba
Selamat Milad bang.
Attayaya Yar Zam Makasih banyak Ivan Kavalera Cabup Bulukumba.

Ranny Afandi
Serius bang atta ultah neh hari?
Attayaya Yar Zam gatau juga ya, ga yakin neh
Neyna Naya happy b day bapake, wish u all the best
Attayaya Yar Zam ‎Neyna Naya masa iya seeh???
Neyna Naya gatau juga ya, ga yakin neh
Attayaya Yar Zam haaa jadi gimana dunk?
Neyna Naya gatau juga ya, ga yakin neh#pengennya sich iya
Attayaya Yar Zam hmmm kalo iya berarti diriku harus mengucapkan ribuan terima kasih kepada Neyna Naya and Ranny Afandi

Maryo Sanjaya Adi Putra
Selamat ulang tahun bg..di kamarku skrg dah tanggal 11...xixiixixi....11-11-11 .....wah bagus ya...pasti bnyak yg meried pd tgl tu...aku kpn ya...hihihi...semoga murah rezeki ye bg...jd ayah @azam (azam lum punya fb) yg baik...jd suami mbak Wina Emakazam yg bijaksana...dan tmbah Awet Muda selalu....cihuyyyyyy... Ayyyeeeeeiii...
Wina Emakazam ‎#duduk manis menunggu undangan pernikahan Maryo. 12-12-12 gimana? kan cakep juga tuh
Attayaya Yar Zam xixixxi makasih ya Maryo Sanjaya Adi Putra 12-12-12 oke banget tuh cuma kelamaan

Helpi Rihelz SoftwareEngineering
slamat ulang tahun ya bg....

Arif Wibowo
met ultah ya bang...moga makin sayang ama keluarga dan juga makin taat beribadahnya

Atox Cu Ji Cr
Hbd,,,,,sukses sllu..**

Muhammad Rakhmad Syahfizan
Met Ultah om,, Makan makan Jangan lupa,,, Moga tambah sukses dan pnjang umur

Indah Ariyani
Met ultah ya bang,moga panjang umur n sukses sll...Aamiin

Sri Utami
Met milad om .. moga usia diberkahi .. moga Allah limpahkan kemudahan dalam urusan dunia om atta.. sukses dunia ma akhirat ya om .. tetap selalu berbagi ilmu ..

Goedel Mood
Met ultah Bang. .
Smg banyak kebaikan didapati seiring bertambahnya usia.. .

Ahmad Saleh
Happy birthday bg :-)

Bang Ful
Met ultah om, jangan lupa makan2 ntar di sekre...
semoga panjang umur, murah rejekinya terutama $$

Laksmana'jieks Jurupa Oaks
Wuaahh.. Happy Birthday om,
semoga sehat selalu..

Adiey Berkata
met ultah , semoga makin sukses dan berkah ya ;) keren nih 11 - 11 - 11

Feroz Khan Riau
‎> SeLamat ULTah Sdre, semoga panjang umur, sehat & sukses selalu...
Amin YRA...!

Raziq Ahmed II
happy birthday bg, moga makin sukses bersama bertuah dan blogger nya :D

Willyo Alsyah mengirim foto ke Dinding Anda.
vY bDAYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYY

Afdal Iconoa
♫♪♥♥[̲̅̅H̲̅][̲̅̅A̲̅][̲̅̅P̲̅][̲̅̅P̲̅][̲̅̅Y̲̅] [̲̅̅B̲̅][̲̅̅I̲̅][̲̅̅R̲̅][̲̅̅T̲̅][̲̅̅H̲̅][̲̅̅D̲̅][̲̅̅A̲̅][̲̅̅Y̲̅]♥♥♫♪

☆☆☆ FOR YOU ☆☆☆
░░█░█▀▀░█▀█▀█░█▀█░█▀█░█░░
░░█░█▀░░█░█░█░█▄█░█░█░█░░
▄▄█░█▄▄░█░░░█░█░░░█▄█░█▄▄


Bang Ancis
Met Ultah Bang Attayaya Yar Zam... smg makin sukses ya Bang...

'Bang Ais
makan makannnnnnnnnnnnnnnnn HBD om..........!!

Agustin Wilujeng
Sanah hilwah, barakallahu fii 'umurik Bang..

Elanda Sari
НɑÞÞч вǐяτнϑɑч buat atuk yar...\(´▽`)/

Whenty Anwar
HAPPY BIRTHDAY.......
smoga slalu diberikan kesehatan.........

Hasrinaldi- Eri
Tahniah atas miladnya om, Semoga Allah, SWT senantiasa memberikan umur yang panjang, rezeki yang halal, ilmu yang bermanfaat, kesehatan dan kesuksesan

Hayatun Nufus
met ultah ya bang.. Mg semoga slalu dlm lindungan Allah ..dan dikaruniai kesehatan lhr dan bathn... Pokoknya.. Wish U All d best..

Bagus Sudaryanto
klho gantian ya ngucapinnya... met ultah kang Bro
Suka · · Lihat Pertemanan · 8 jam yang lalu

Arinaldi Achyar Lho... Kenal juga toh? Hihi selamat ulang tahun ya bang Yar.. Om Bagus juga... :)
4 jam yang lalu · Suka
Bagus Sudaryanto NGOPI 2....!
3 jam yang lalu · Suka
Arinaldi Achyar Nyuuuuk...

Ajay Budak Lembur
Potong lilin nya ups salah potong kue nya, met ultah frends moga sukses slalu.

Boge Peni
selamat ulang tahun yar, dah brapa umur nih ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ. semoga panjang umur, sukses, dan selalu dalam lindungannya, آمِّينَ

Muklis Sql
Met Ultah, Semuanya, Semoga Kalian Tambah Ngetop Di Facebook
Attayaya Yar Zam Ritna A Mayura Pramudina Indrieyani Bilson Ratih Kumalasari Chielha Cieladiezygtakcukakesombongan BeeLaa Macii Playgloup

Eva Nico
happy b'day ya bg.. Moga sehat selalu n selalu diridhoi Allah setiap langkahnya kedpn..amin..

Sofyan Fyan
happy b'day, pak. moga sehat selalu and sukses selalu..

Irhas Ihsan
HBD ya om semoga sehat selalu dan di beri rizki yang banyak..... jangan lupa makan-makan di sekre ya om.... wkwkwkkw

Andi Afandi
SELAMAT MILAD PAKCIK ini tahun ISTIMEWA serebe 11 , semoga tambah SUCCESs dan dilapangkan RIZKY nya ,aminnnn......

Abdul Hadi Rasyad
HBD

Fadhil Maulana
Ajibbb, Si om ulang tahunn, Selamat ulang tahun om Attayaya Yar Zam, Moga panjang umur dan murah rezeki,
ohya, malam minggu makan makan di Sekre om :)

Gustryarni Achyar
yar....met ultah ya...moga tambah sukses ajja....

Kiran Yatmorejo
Mat Milad mas Attayaya Yar Zam, Semoga makin bahagia lahir dan bathin. Semoga makin semangat dengan sang Pahlawan baru yang telah hadir. Smoga rejeki terus dilimpahkan dari segala arah, sehat lahir dan bathin. Amiin.

Sartika Yolatama
happy b'day pak
, :)
mga panjang umur n sht slalu, !!
AMIIIINNN

Mulyani Adini
Happy Milad Bang Atta, moga panjang umur, sehat selalu , di murahkan rejeki...di lancarkan segala urusan dan tercapai apa yang sudah menjadi cita-cita dan tujuan. Sehat selalu untuk semua keluarga Bang

Yuliman Gamal
HBD Pak Sedare, mudah2an sehat selalu dan sukses dalam berkarya. Aamiin..

Dedi Ariandi
Baaangg makan makan...hehehe met ultah ya bang, semoga hidup makin berkah

Kang Boed
Met Ultah Bang ATTA.. salam kangen.. sukses selalu.. salam damai penuh Cinta dalam Liputan Kasih SayangNYA..

Leny Valenia
met ultah Pak...wish all the best ya Pak..hahaha,,,smangat trus ya .. *merdeka...eh,,hubungannya apa ya?wkwk.,.

Urang Bendang
lah bakurang pulo jatah hidup tu, yg jaleh "selamat hari lahir" ciek dulu utk abg awak ko...semoga kedepannyo semakin sukses.

Raindra Dinata
HBD pak Attayaya Yar Zam
Semoga Makin Sukses Di Dunia Blogger..!!! (y)

Tata Theviz
waah ada yg b'day ne ..
selamat hari lahir ia pak .. Semoga panjang umur,sehat ,murah rejeki dan sukses selalu .
Btw .. Kapan traktiran na pak ??? Undang2 ya hehehe :)

Joni Krisyana
HBD bang atta, semoga tambah sukses ..

Desi Nelvia
Happy Birhtday Bang Akhyar.. Tanggal HUT yang indah, 111111

Jimat Bertuah
Salamet deui warsih
panjang umur sarta murah rejeki
sarta suksés dina pakasaban
artinya :
selamat ulang tahun
panjang umur dan murah rejeki
serta sukses dalam pekerjaan
hihihihihihih

Anggraini Aya
met milad mas Atta.. wishing u all the best!

Laksamana Embun
HPD Pak Azam. Smga sukses slalu. :)

Tika Vidya
HBD bang atta, wish u all the best

OnNie M Zam
Uncle...happy birthday yaa
Best wishes 4 u
Makan2 dimana kita malam ne ????

Anton Wijaya Kreatif
Selamat Ulang tahun bang ATTA, semoga tambah eksis di dunia nyata dan maya.Amin

Sesri Engla Sespita
om atta.....selamat ulangtahun yaaa....semoga sehat dan sukses selalu....

Oki Lestari
НɑÞÞч вǐяτнϑɑч Pak bosss..WYTB...

Venny Citra
met milad bang.. Smga sll dalam lindunganNya. Sukses selalu. Amiin..

Iqbal LaMo Aulia
selamat milad.

Wira Satria Djalil
Selamat Milad bro, semoga sukses dan murah rezeki slalu, Amin YRA.

Ouckha Okay
happy bday

Ranny Afandi
hariiii ini ternyata ultah si abang..pokoknya saya mau ditraktir!!!! :D wish u all the best lah bang.. ;)

Oki Helfiska
Happy Birthday Bang, WUATB :)

Dendy Darin
Halo Bang Atta, met milad yah. Semoga slalu dimudahkan segala urusan, amiiin.

Sri Wahyuni Hardani
♫•*¨*•.¸¸♥♫♪Happy B'day to You♪♫¸¸.•*¨*•♫♪ ♥ ♥ Happy B'day to You♪♫♥¸¸.•*¨*•♫♪Happy B'day♥¸¸.•*¨*•♫♪Happy B'day♥¸¸.•*¨*•♫♪Happy B'day to Youuu!♪♫•*

Feri Murdeni
hbd...

Muhammad Syukron Iago
seLamat uLang tahun pak, semoga sukses terus.......

Stroberi Rame Rasanya
met ultah bang. makan2 jgn lupa. hi hihi..moga semakin sukses ya. GBU

Venny Citra
met milad bang.. Smga sll dalam lindunganNya. Sukses selalu. Amiin..

Lidya Fitrian
Happy milad bang Atta, sukses selalu jadi ayah dan suami yang baik ya :)

Ntiems Tiramisu
Met ultah bang... Sukses slalu... :)

Yolistiayu Yusuf
bang atta ultah?? horeee.. minta kado dong baangg :p
moga panjang umur yaahh dan murah rejekinya (biar bisa ngasih kado ke aku) :))

Maretha 'Etha' Rieka Melinda
happy b'day bang atta

Riio Harapan
selamat ulang tahun om atta..

Thio ApriLinda
Happy Bday bang Atta...wishing you happiness, good health and a great year ahead...

Moammar Khadafi
Happy B'day ya pak Boz,
moga sukses dan sehat slalu

Zainuddin Abuhassan
Selamat hari jadi, yar.. Smoge berkah dlm smue kbaikan dan kbajikan.

Swetha Ramadhani Zam
Btw yaa.. Td pas singgah, lupaa eikee ucapinn! Happy b'day uncle! May Allah bless u! Happy day! (˘⌣˘)ε˘`)

Attayaya Yar Zamdikirim keNovri Shanty
met ultah shanty
semoga selalu dalam lindungan Allah SWT

Sam Forsøge
happy birthday bang, wish U all the best pokoke(sesuatu bangetz yah xixixix)

Hesti Ibunya Zidan
Met Ultah bang Atta, semoga makin sukses & cepet jadi pejabat yg baik hati dan tidak korupsi...Amin

Mell Doank
Happy Birthday Broo.. mkn sukses yaaa..

Wenny Eka Pratiwi II ‎:) sama2 om atta .. HBD yaa. panjang umur sehat selalu

Muhammad Affip
ulang tahun niyee...

Yozi Alhafiz
hpy b'day pak,.!!

Aidiel Fitra
HBD om.. sukses selalu

IkHa Fairuzal Jasmine
Happy B'day paK bOs ...
smOga seLaLu daLam Lindungan ALLAH SWT ...
aminnnn ..
:)

Andri Budhiawan
Met Ultah bos. sukses selalu ya..

Alfi Fadlan
HBD om.. sukses selalu ya

Fajar Muharidhawan
Happy B'day Om Yar,
Wish You All The Best.
smoga Om dan Kluarga di Berkati oleh Allah SWT.
Amin

Nart M. Andersen
HBD be happy

Titien Andriany
Mat ULTAH ya Yar....,Sukses selalu, All the best for you..!

Yayan Fariasih
selamat ulang tahun bang Atta....

Khusnul Khotimah
Om Atta milad kah ternyata hihi..semoga selalu dalam ridho dan rahmat Allah SWT, buat Om Atta dan keluarga Amin :)

Raisha Ashila Rachman
happy b'day y bg..

Reza Saputra
hore, bang Attayaya Yar Zam lagi ulang tahun...

Otter Stypid
Happy birthday

Sudino Takim
happy brithday bang..moga bahagia selalu..

Venila Septaria Riyadi
met milad om..sukses slalu..

Berry Hardisakha
met milad bg..
sukses selalu bg, sekaligus buat attayaya.net nya,heheh :)

Sherridon Don
met ultah kawan... semoga sukses dunia wal akhirat...

Encik Awang
Selamat ultah sobat ! moga panjang umur murah rezeki,dan imanmu tetap selalu teguh,sehat beserta keluarga,sukses selalu amin-amin yarabbalalamin....

Kak Ega
Happy bday

Jambi Rita
HBD
MET ULTAH YA SOBAT MOGA SUKSES SLALU DON'T FORGET US

Avatar Aang
assalamualaikum wr wb. admin group NKRI harga mati mengucapkan selamat ulang tahun buat Attayaya yar zam semoga allah memberikan umur yang panjang dan barokah. semoga amalannya diterima disisi allah dan di ampuni dosa dosanya, dan admin juga mengharap kepada anggota group NKRI HARGA MATI untuk mengucapkan ucapan selamat ultah buat Attayaya Yar Zam.selamat ultah ya Attayaya Yar Zam ?

Elly Iriany
Wooiii,, met ultah... Moga trus d beri kesehatan dan kebahagiaan oleh Allah SWT.. Ammiiiinn... Skalian ni maaf lahir bathin ya..??

Zoel Kifli
selamat ulang tahun om ,,,semoga sehat selalu

Yulfiana Pipiet Yonas
Selamat ulang tahun P'Yar, semoga diberikan sisa umur yang barokah

Olin Morina
Selamat Ulang Tahun ya bang Yar...sukses selalu...

Irhas Irvan
met ultah om attayaya...

Yoes Menoez
Selamat Ulang Tahun Bang Atta...panjang umur penuh berkah, sehat dan selalu berbahahahahahahahahahagiaaa....!

Trizna Endang Ummi Sulaim
Happy birthday 2 u (5 x) GBU.Aamiin

Nobi Gak'Butuh Basa-basi
selamat ulang tahun yang sesuatu banget ya bang ^^

Elda Emelda
bertmbh umur bertmbh plk iman........

Januardi Rahman
‎11-11-11
HBD

Ismail Littlemonster
slamat ulang tahun om attayaya,
maav tlat om,
smoga oom d panjngkan umurnya,
dan di murahkan rezekinya.

Nailunni'am Al Faqiir Ilallah
met ultah gan... semoga berkah rejeki dan usianya..

Sari Safitri
HBD ya Bang, bagus karir, sehat selalu panjang umur dan semoga selalu dalam lindungan Allah..

May Ni
Selamat ulang tahun pak..sukses selalu.

Dani Wisnu Widiyanto
met ultah ya bang ataya,, sehat selalu! maaf telat!

Noah Ismaiel
Met ulang tahun Bang, Semoga Sukses n Sehat2 Selalu.. Amiin


@annosmile annosmile
selamat ultah buat mas @attayaya ..semoga makin sukses dan sehat selalu :-)

@rannyrainy rannyrainy
@attayaya met ultaaaah...tiup kompornya potong kuenyaaaaaaaa

Mba Reni Judhanto
Jon
Yayat
Oki
Veni
Rahma
dll

11/11/11
the number 11 11 have misteriously appeared to millions all over the world
it has become known as 11 11 phenomenon
some see it as a sign of good fortune
but some believe it is a warning
it is believed that on November 11, 2011 a gateway will open
something is coming through
from 11.11.11 - Official Movie Trailer



See more about 11/11/11
http://paradigmsearch.hubpages.com/hub/How-to-Interpret-111111-Friday-November-11-2011-And-a-Metaphysics-Experiment-111111

Kalimat Ucapan Selamat Ulang Tahun

selengkapnya...

09 November 2011

LOKASI BONO - TIDAL BORE DI DUNIA

Ombak Bono atau juga disebut Gelombang Bono atau Bono Wave yang terjadi di Sungai Kampar, Kabupaten Pelalawan, Propinsi Riau - Indonesia sebagai sebuah fenomena alam yang dapat ditinjau secara ilmiah, menjadi suatu daya tarik wisatawan. Walaupun ada nilai mistis disana, tetap direncanakan akan dibuat acara "Festival Tahunan Pesta Bono Sungai Kampar" yang diusahakan menjadi salah satu acara pada Kalender Wisata Nasional.

Lokasi Bono Kampar ini tepatnya di Muara Sungai Kampar, Kabupaten Pelalawan, Propinsi Riau - Indonesia yang dapat dilihat melalui Desa Teluk Meranti di Kecamatan Kuala Kampar. Dari Kota Pekanbaru sebagai ibukota Propinsi, desa ini dapat dicapai sepenuhnya melalui jalan darat selama 5-6 jam atau melalui jalan darat yang dilanjutkan dengan melalui jalan air dengan waktu tempuh tidak berselisih jauh.

Seperti yang disebutkan tentang Lokasi Bono Kampar yang lebih jelas dalam artikel "Gelombang Bono Kampar Riau" di blog ini sebelumnya, bahwa gelombang Bono juga terjadi di lokasi lain yaitu Muara Sungai Rokan di Kabupaten Rokan Hilir yang masih berada di Propinsi Riau - Indonesia. Selain itu, Gelombang Bono juga terjadi di berbagai daerah muara sungai lainnya di dunia. Untuk menuju lokasi bono (gelombang/ombak Bono Kampar) dapat membaca artikel yang disebutkan di atas. Di bawah ini disebutkan daftar lokasi Bono di seluruh dunia.

LOKASI/TEMPAT TERJADINYA BONO - TIDAL BORE DI DUNIA


BENUA ASIA
  • Sungai Gangga-Brahmaputra (Ganges–Brahmaputra) India dan Bangladesh
  • Sungai Industan (Indus River) Pakistan
  • Sungai Qiantang (Qiantang River) China, kadang disebut juga gelombang Bono yang terbesar dan menyaingi Ombak Bono Sungai Kampar Riau. Ketinggian hampir sama sekitar 6-10 meter yang masuk ke hulu denga kecepatan sekitar 40 km/jam.
  • Sungai Lupar (Batang Lupar atau Lupar River) dekat kota Sri Aman, Sarawak Malaysia. Bono di Batang Lupar ini masyarakat setempat menyebutnya BENAK BATANG LUPAR. Selain itu di Serawak, Bono atau Benak juga terjadi di Sungai Batang Sadong, Batang Samarahan dan Batang Saribas
  • Sungai Aramia (Aramia River), Papua New Guinea
  • Bono Kampar (Kampar River Bono Wave) Indonesia. Beberapa menyebutkan bahwa gelombang Bono tersebut dapat masuk ke hulu sejauh 130 km dengan tinggi 6-10 meter. Bono Kampar dianggap menjadi gelombang terbesar.

BENUA AUSTRALIA
  • Sungai Styx (Styx River) Queensland
  • Sungai Prince Regent (Prince Regent River Tidal Bore), Western State, Australia
  • Sungai Ord (Ord River), Western State, Australia
  • Sungai Victoria (Victoria River), Northern Territory
  • Sungai Daily (Daly River), Northern Territory

BENUA EROPA
INGGRIS (UNITED KINGDOM)

Secara umum masyarakat Inggris menyebut Bono sebagai "The Aegir".
  • Sungai Trent (Trent River), West Stockwith, Nottinghamshire. Masyarakat Inggris menyebut Bono sungai Trent dengan nama TRENT AEGIR dan sebagai penghormatan atas Humber Estuary.
  • Sungai Dee (Dee River) Wales dan England
  • Sungai Mersey (Mersey River)
  • Sungai Severn (The Severn bore on the River Severn), Wales dan England, tinggi gelombang sampai dengan 2 meter (6.6 ft).
  • Sungai Parret (Parrett River)
  • Sungai Welland (Welland River)
  • Sungai Kent (The Arnside Bore on the Kent River)
  • Sungai Great Ouse (Great Ouse River)
  • Sungai Ouse (Ouse River) Yorkshire.
  • Sungai Eden (Eden River)
  • Sungai Esk (Esk River)
  • Sungai (Nith River)
  • Sungai Lune (Lune River), Lancashire
  • Sungai Ribble (Ribble River), Lancashire. Bono di sungai Ribble ini kemudian masuk ke percabangan Sungai Douglas dan Sungai Preston.

PERANCIS (FRANCE)
Di Prancis, Bono umumnya disebut dengan istilah "un mascaret", tetapi masyarakat lokal mempunyai istilah-istilah atau nama tersendiri.
  • Sungai Seine (Seine River), biasa disebut "la barre" yang telah hilang sejak tahun 1960 karena pengerukan dan pendalaman sungai.
  • Sungai Baie du Mont Saint Michel, dan termasuk juga di Sungai Couesnon, Sungai Sélune, dan Sungai Sée di Mayenne, north-western France.
  • Sungai Arguenon (Arguenon River)
  • Sungai Baie de la Frênaye (Baie de la Frênaye River)
  • Sungai Vire (Vire River), north-western France
  • Sungai Sienne (Sienne River)
  • Sungai Vilaine (Vilaine River), Brittany - Prancis Barat. Masyarakat lokal menyebut Bono sebagai "le mascarin".
  • Sungai Dordogne (Dordogne River), Aquitaine di Barat Daya Prancis
  • Sungai Garonne (Garonne River), Lembah Aran, Pyrenees - Barat Daya Perancis.

BENUA AMERIKA
AMERIKA (UNITED STATES)

Bono terjadi di Teluk Cook Inlet yang masuk ke Cabang Sungai The Turnagain Arm, Alaska. Ketinggian ombak mencapai 2 meter (6.6 ft) dengan kecepatan 20 km/h. Cook Inlet merupakan suatu daerah teluk di Alaska yang merupakan muara 2 sungai yaitu Knik Arm dan Turnagain Arm.

KANADA (CANADA)
Hampir seluruh sungai yang bermuara ke teluk Fundy (Fundy Bay) memiliki gelombang Bono. Teluk Fundy berada di daerah sekitar antara Nova Scotia dan daerah New Brunswick.
  • Sungai Petitcodiac (The Petitcodiac River), New Brunswick Canada. masyarakat lokal menyebutnya "the mascaret" Gelombang Bono di sungai ini merupakan gelombang yang tertinggi untuk daerah sekitar Amerika Utara yaitu mencapai 2 meter (6.6 ft). Ketinggian itu berkurang karena pembangunan jalan lintas yang juga menyebabkan berkurangnya buih gelombang. Kemudian sejak pembukaan jalan lintas tersebut pada tanggal 14 April 2010 dan akibat Proyek Restorasi Sungai Petitcodiac (Petitcodiac River Restoration project) maka gelombang Bono di sungai tersebut kembali normal.
  • Sungai Shubenacadie (The Shubenacadie River), di sekitar Teluk Fundy - Nova Scotia. Ketika gelombang Bono datang, maka biasanya sampai dasar sungai bisa terlihat.
  • Sungai Herbert (Hebert River) dan Sungai Maccan (Maccan River) di daerah Cumberland Basin. Juga Sungai St. Croix (the St. Croix River), Sungai Herbert (Herbert River) dan Sungai Kennetcook (Kennetcook Rivers) di daerah Minas Basin. Demikian halnya dengan Sungai Salmon 9the Salmon River) di daerah Truro. Sungai-sungai tersebut adalah sungai kecil yang memiliki Ombak Bono yang bergerak cepat dan cukup tinggi.

MEKSIKO (MEXICO)
Gelombang Bono Meksiko umumnya terjadi dari Laut Cortez (the Sea of Cortez) yang memasuki muara sungai Colorado (Colorado River). Gelombang Bono mulai terbentuk di sekitar Pulau Delta Montague (Montague Delta Island) yang kemudian memasuki sungai.

BRASILIA (BRAZIL) dan VENEZUELA
Secara umum, masyarakat Brazilia dan Venezuela serta Mexico menyebut Gelombang Bono dengan nama "pororoca".
  • Sungai Amazon (Amazon River), Macapa Brazil dan Sungai Orinoco (Orinoco River) di Venezuela, memiliki gelombang Bono sampai ketinggian 4 meter yang masuk ke hulu sungai dengan kecepatan sampai 21 km/jam. Masyarakat lokal menyebutnya "pororoca".
  • Sungai Mearim (Mearim River), Brazil
  • Sungai Capim (Capim River), Para State
  • Sungai Guama (Guama River), Para State
  • Sungai Guajara (Guajara River), Para State
  • Sungai Moju (Moju River), Para State
  • Sungai Sao Francisco (Sao Francisco River), Perbatasan Alagoas/Sergipe - Brazil
  • Sungai Cassipore (Cassipore River), Amapa - Brazil
  • Sungai Araguari (Araguari River), Amapa - Brazil

Sumber Bacaan tentang Lokasi Bono :
http://www.bonosurf.com/
http://en.wikipedia.org/wiki/Montague_Island_%28Mexico%29
http://en.wikipedia.org/wiki/Tide
http://en.wikipedia.org/wiki/Ganges
http://en.wikipedia.org/wiki/Indus_River
http://en.wikipedia.org/wiki/Qiantang_River
http://en.wikipedia.org/wiki/Kampar_River
http://www.tidalbore.info/catalogue.html
http://en.wikipedia.org/wiki/Tidal_bore
selengkapnya...

04 November 2011

Long Exposure Photography

Long-exposure photography or usually called time-exposure photography is capturing the images with a long-duration shutter speed.

Catch the airplane light
Photographer : Attayaya

Location : Kuta Beach Bali
Model : Ijal (djemari-ijal.blogspot.com)
Nikon D50 DSLR
30 September 2010
Time 00:42 wib
F-number 3,5
Exposure time 20 second
ISO 400


July 13, 2008 and April 16, 2010
by Terenca Chang (Flickr alias exxonvaldez)
visually describe landing and take-off patterns for the airport. Yes those funny looking white streaks are all planes.

www.terencechang.com/










Pict Source :
http://blog.gessato.com/2011/09/12/unique-long-exposure-pictures-by-terence-chang/

selengkapnya...

02 November 2011

Gelombang Ombak Bono Kampar Riau Indonesia

Melihat orang berselancar di pantai adalah suatu hal yang sudah biasa. Tetapi melihat orang berselancar di arus sungai adalah suatu hal yang luar biasa. Kegiatan ini adalah kegiatan berselencar dengan papan selancar, bukan arung jeram atau dayung sampan. Kegiatan berselancar di sungai hanya ada di 4 (empat) tempat di dunia ini. Tempat yang memiliki arus gelombang yang membentuk ombak sungai yang TERBESAR dan TERPANJANG terdapat di Indonesia dan di dunia. Lokasi tepatnya adalah di Muara Kuala Sungai Kampar - Kecamatan Kuala Kampar - Kabupaten Pelalawan - Propinsi Riau - Indonesia. Gelombang ombak sungai ini disebut Gelombang BONO atau Ombak Bono. Bono yang lebih kecil berlokasi di Muara Sungai Rokan - Kabupaten Rokan Hilir Propinsi Riau - Indonesia.

Biasanya ombak atau gelombang hanya terjadi di tepi pantai atau laut akibat perubahan arus air. Gelombang atau ombak akibat tiupan angin dapat juga terjadi di danau yang luas. Tetapi gelombang atau ombak yang terjadi di sungai hanya ada di 4 sungai, salah satunya Sungai Kampar Riau - Indonesia ini.

BONO adalah gelombang atau ombak yang terjadi di Muara Sungai Kampar Riau Indonesia yang merupakan suatu fenomena alam akibat adanya pertemuan arus sungai menuju laut dan arus laut yang masuk ke sungai akibat pasang.


BONO MENURUT PENDUDUK

Muara Sungai Bono yang disebut penduduk sebagai KUALA KAMPAR memiliki ombak Bono yang dapat mencapai ketinggian 6-10 meter terkandung keadaan pada saat kejadian. Menurut cerita Melayu lama berjudul Sentadu Gunung Laut), setiap pendekar Melayu pesisir harus dapat menaklukkan ombak Bono untuk meningkatkan keahlian bertarung mereka. Hal ini dapat masuk akal karena "mengendarai" Bono intinya adalah menjaga keseimbangan badan, diluar masalah mistis.

Bono ini sebenarnya terdapat di dua lokasi yaitu di Muara (Kuala) Sungai Kampar dan di Muara (Kuala) Sungai Rokan. Masyarakat setempat menyebut Bono di Kuala Kampar sebagai BONO JANTAN karena lebih besar, sedangkan Bono di Kuala Rokan sebagai BONO BETINA karena lebih kecil.

Dahulu, karena masih ada sifat mistis di lokasi tersebut, maka untuk mengendarai Bono harus dengan upacara "semah" yang dilakukan pagi atau siang hari. Upacara dipimpin oleh BOMO atau Datuk atau tetua kampung dengan maksud agar pengendara Bono selalu mendapat keselamatan dan dijauhkan dari segala marabahaya. Selain itu ada cerita mistis (mungkin) yang berhubungan dengan gelombang Bono ini yaitu cerita tentang BANJIR DARAH DI MEMPUSUN atau MEMPUSUN BERSIMBAH DARAH dan terbentuknya Kerajaan Pelalawan 1822 Masehi.

Sekarang, masyarakat sekitar Kuala Kampar menganggap Bono sebagai "sahabat alam". Penduduk yang berani akan "mengendarai" Bono dengan sampan mereka tidak dengan menggunakan papan selancar pada umumnya. Mengendarai sampan di atas ombak Bono menjadi suatu kegiatan ketangkasan. Tetapi kegiatan ini memiliki resiko tinggi karena ketika salah mengendarai sampan, maka sampan akan dapat dihempas oleh ombak Bono, tak jarang yang sampannya hancur berkeping-keping.


GELOMBANG BONO OMBAK TUJUH HANTU

Menurut cerita masyarakat Melayu lama, ombak Bono terjadi karena perwujudan 7 (tujuh) hantu yang sering menghancurkan sampan maupun kapal yang melintasi Kuala Kampar. Ombak besar ini sangat menakutkan bagi masyarakat sehingga untuk melewatinya harus diadakan upacara semah seperti yang telah disebutkan di atas. Ombak ini sangat mematikan ketika sampan atau kapal berhadapan dengannya. Tak jarang sampan hancur berkeping-keping di hantam ombak tersebut atau hancur karena menghantam tebing sungai. Tak sedikit kapal yang diputar balik dan tenggelam akibanya.

Menurut cerita masyarakat, dahulunya gulungan ombak ini berjumlah 7 (tujuh) ombak besar dari 7 hantu. Ketika pada masa penjajahan Belanda, kapal-kapal transportasi Belanda sangat mengalami kesulitan untuk memasuki Kuala Kampar akibat ombak ini. Salah seorang komandan pasukan Belanda memerintahkan untuk menembak dengan meriam ombak besar tersebut. Entah karena kebetulan atau karena hal lain, salah satu ombak besar yang kena tembak meriam Belanda tidak pernah muncul lagi sampai sekarang. Maka sekarang ini hanya terdapat 6 (enam) gulungan besar gelombang ombak Bono.

Tujuh Hantu adalah 7 ombak Bono dengan formasi 1 di depan dan diikuti dengan 6 gelombang di belakangnya. Karena 1 ombak terbesar telah dihancurkan Belanda sehingga ombak Bono besar hanya tersisa 6 ombak dengan formasi hampir sejajar memasuki Kuala Kampar. Mengenai kapal Belanda dan orang-orangnya tidak pernah diketemukan sampai sekarang.


CARA MENUJU LOKASI OMBAK BONO

Desa Teluk Meranti, Kuala Kampar. Cara menuju lokasi ombak Bono umumnya dilakukan dari Kota Pekanbaru menuju Pangkalan Kerinci (ibukota Kabupaten Pelalawan) dan menuju Desa Teluk Meranti. Perjalanan dilakukan dengan menggunakan transportasi darat (mobil, bus, motor). Lama perjalanan memakan waktu antara 5 s/d 6 jam tergantung kondisi jalan dan kepadatan arus lalu lintas. Perjalanan antara Pekanbaru ke Pangkalan Kerinci adalah melalui Jalan Lintas Timur Sumatera sekitar 1-2 jam. Dari Pangkalan Kerinci menuju Simpang Bunut sekitar 30 menit dan akan memasuki Jalan Lintas Bono menuju Desa Teluk Meranti yang memakan waktu sekitar 4-5 jam.

Lewat transportasi air dapat dilalui melalui Pelabuhan Pangkalan Kerinci yang berada di bawah Jembatan Pangkalan Kerinci. Dari pelabuhan tersebut, dapat dilanjutkan perjalanan dengan menaiki speedboat menuju Pelabuhan Pulau Muda dengan waktu tempuh 4,5 jam. Dapat juga menaiki kapal yang menuju Tanjung Batu yang berangkat jam 11 setiap hari dan turun di Pelabuhan Desa Teluk Meranti.

Penginapan biasanya masih di rumah masyarakat karena untuk melihat ombak Bono harus menyewa speed boat kecil menuju Kuala Kampar. Ombak Bono tidak begitu terlihat bagus di Desa Teluk Meranti. Penduduk setempat dapat menunjukkan lokasi ombak Bono terbaik, terbesar dan terpanjang.


Video Ombak Bono by Ripcurl

Surfers:
Bruno Santos, Dean Brady, Oney Anwar, Tyler Larronde & Tom Curren.

Filmed by:
Jon Frank, JP Mothes, Lachlan McKinnon & Stepane Queme

Directed by:
JP Mothes. Edited by: JP Mothes & Stephane Queme

Spotology:
Antony "Yep" Colas

Jetski Drivers:
Michel Larronde & Vincent Lartizien

Logistic Assistance:
River Defender Association - Kampar - Indonesia

The rumors, the myth, the legend... the danger. When the Rip Curl Search crew showed up to surf what could be the greatest river bore waves on the planet, they expected nothing and everything. And it all came true... Here is the behind-the-scenes crew reliving their most harrowing moments on the river.








Silahkan baca juga artikel selanjutnya :
TINJAUAN ILMIAH TERJADINYA OMBAK BONO

Tulisan ombak Bono ini sebagian bersumber dari wawancara dengan :
Tengku Masril
Masyarakat Kabupaten Pelalawan

Bahan bacaan dan sumber gambar ombak Bono :
http://www.riaudailyphoto.com/2011/04/bono-sungai-kampar.html
http://lagulamaku.blogspot.com/2009/05/bono-pelalalawan.html
http://wikimapia.org/19879832/BONO-ON-THE-KAMPAR-RIVER-THE-LONGEST-SURFING-WAVE
http://www.gamexeon.com/forum/riau/46376-bono-gulungan-ombak-besar.html
http://www.detikriau.net/index.php?option=com_content&view=article&id=2826:ombak-bono-diminati-peselancar-dunia&catid=2:pelalawan&Itemid=7
http://www.riaupos.co.id/foto/?act=full&id=68&kat=6
http://www.wisatamelayu.com/id/object.php?a=OEZIL3c%3D=&nav=cat
http://kamparriverdefender.blogspot.com/2010/09/peselancar-dunia-arungi-bono-di_22.html


selengkapnya...

Copyright © 2013 attayaya: November 2011 | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah