Panduan Wisata Bersama Anak Ke Situ Lengkong Panjalu Ciamis

Attayaya.net - Pergi wisata bersama anak sejatinya adalah sebuah pendidikan non school yang banyak manfaatnya, selain menambah wawasan mereka juga sebagai moment family time bareng orang tua. Setelah sepanjang tahun orang tua sibuk sama urusannya, boleh dong luangkan waktu liburan bersama anak. Ribet memang tapi inget ya ini liburan yang memang ngga jauh-jauh dari ribet. Meskipun pergi rombongan sesame orang dewasa tetep aja ribet.

Namun seribet apapun yang namanya liburan bareng anak pasti lebih seru, apalagi jika mereka antusias dengan lokasi wisata yang sudah disetujui bersama. Makan bareng, tidur bareng, ngobrol tentang tempat wisata dll itu semua pendidikan yang hanya kita sebagai orang tua yang dapat memberikannya. Karena sentuhan orang tua tentu lebih kena ke anak. Makanya anak-anak yang home schooling itu lebih sering jalan-jalan sebab sambil jalan mereka belajar, Mak.

Supaya liburannya ngga ribet banget sampe jejeritan sebelum pergi ada beberapa hal yang perlu disiapin. Ini semacam amunisi orang tua jika menghadapi berbagai kondisi di lokasi wisata. Apalagi jika anak masih balita atau belum baligh tentu persiapannya lebih mateng lagi. Berikut panduan wisata persama anak ke Situ Lengkong Panjalu Ciamis

thank to DisPar ciamis

Kenapa situ lengkong? Karena emang tujuan cerita ku kali ini mau bahas soal Situ Lengkong. Wkwkkwkw

Situ lengkong adalah sebuah danau yang konon airnya bersumber dari tetesan air zam-zam yang ada di Mekkah. Konon ketika itu Prabu Harian Kancana mengutus puteranya Borosngora untuk pergi menuntut ilmu. Perjalanan beliau dalam menuntut ilmu telah membawanya sampai ke tanah suci Mekkah. Di sana Borosngora belajar islam hingga tertarik untuk masuk islam. 

Sesampainya di tanah kelahiran Borosngora membawa air zam-zam yang ditumpahkan ke lembah bernama Pasir Jambu. Konon air zam-zam itu bukannya mongering namun semakin lama semakin banyak hingga akhirnya membentuk danau. Adapun Borosngora adalah raja negeri panjalu pertama yang memeluk islam.


Baca juga : Situ Lengkong Panjalu Ciamis, Wisata Religi yang Dipopulerkan Gus Dur

Kisah ini akhirnya membawa Situ Lengkong menjadi salah satu destinasi wisata religi yang paling terkenal di Ciamis. Apalagi sejak mantan presiden almarhum Gus Dur pernah datang ke sana, sejak itu Situ Lengkong makin banyak dikunjungi tidak hanya wisatawan lokal tapi juga dari luar negara.

Situ Lengkong sendiri adalah danau dengan bagian tengahnya terdapat pulau kecil (Nusa) yang bisa didatangi dengan naik perahu. Jika kalian datang ke Situ Lengkong bersama anak-anak, ada beberapa hal atau benda yang perlu di bawa:

Baju ganti
Anak-anak ngga akan tahan lihat air jadi meskipun danau pasti ada tempat yang rendah untuk dijadikan mainan. Siapin baju ganti kalau-kalau mereka basah, ngga enak aja kan lanjut main tapi baju basah.

Makanan kecil atau medium
Mendatangi satu lokasi wisata tentu ngga jauh-jauh dari makanan tapi ada beberapa anak yang ngga doyan makanan setempat. Kalau itu terjadi pada ibu, lebih baik prepare makanan kecil atau medium misalnya roti isi, kentang goreng atau nugget. Ada anak yang agak susah beradaptasi dengan makanan di luar jadi persiapkan supaya mereka tetap happy sembari usaha mengenalkan makanan local atau yang ada di lokasi wisata.

Handuk kecil
Yang namanya emak tentu isi tasnya ngga jauh-jauh dari perintilan anak termasuk handuk kecil. Jangan lupa siapin handuk kecil untuk antisipasi kalau-kalau mereka basah. Handuk kecil juga berguna untuk mengelap keringat. Lebih hemat dan go green.

Tissue basah dan kering
Seperti halnya handuk kecil, tisu basah dan kering juga perlu sebab bisa sekali pakai. Ini berguna kalau anak makan makanan  yang membuatnya kotor. Tapi jangan lupa selesai di pakai buang ke tempat sampah ya, mak.

Cairan pembersih tangan
Kebersihan adalah penting dimanapun berada apalagi jika berada di lokasi wisata yang kita agak susah nemu toilet. Gunakan pembersih tangan pada anak sebelum mereka menjamah makanan untuk mencegah bakteri masuk ke perut.

Uang receh
Sediakan uang receh untuk persiapan anak pingin jajan atau membeli mainan. Anak meskipun sudah punya banyak mainan tetep aja pingin beli. Mungkin rasanya beda kalau beli di tempat wisata.

Kamera
Untuk anak yang udah bisa pegang kamera, ayah bisa menambah pengetahuannya tentang pengambilan gambar yang bagus. Ajari anak mengambil angle berbeda di setiap foto. Siapa tahu dari sini timbul bakatnya dibidang fotography

Cari info soal destinasi wisata yang dikunjungi
Situ lengkong tidak hanya terkenal dengan danaunya melainkan juga museum dan istana peninggalan rasa Borosngora. Bisa dibilang situ lengkong tidak hanya kuat dengan unsur religi tapi juga sejarah. Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang Situ Lengkong dan beritahu pada anak. Jika ada brosur di lokasi , ibu juga bisa mengambil untuk bahan bacaan anak. Sambil jalan-jalan belajarnya tetap jalan.