Tips Menghadapi Nyeri Akibat Menstruasi

Attayaya.net - Tips Menghadapi Nyeri Akibat Menstruasi Menstruasi merupakan hal yang akan dialami wanita secara berkala. Wanita yang menstruasi menandakan bahwa dirinya secara fisik sudah lebih dewasa. Hanya saja ketika sedang menstruasi, anda mungkin sering mengalami nyeri haid. Beberapa merasakannya sering sekali atau bahkan sangat sakit, akan tetapi ada pula yang tidak merasakannya dan bahkan biasa-biasa saja saat menstruasi datang.
pixabay

Untuk wanita yang tidak mengalami nyeri haid pasti seneng banget ya. Hari-hari bisa dilewati tanpa masalah. Cuma kalo yang selalu mengalami nyeri saat haid. Duh, hari yang lewati pasti bete. Itu makanya dikenal sebagai PMS. Akibat sakit saat haid ini jadi sering marah, mood swing dan efeknya bisa kena ke orang sekitar. 

Saat menstruasi datang beberapa orang menanggapinya dengan berbeda-beda. Jika anda merupakan salah satu yang merasa bahwa anda akan mengalami pusing dan nyeri berlebihan saat haid, tentunya anda sudah mencari jalan keluar agar menstruasi tidak terlalu nyeri. Bagi anda yang belum tau sama sekali tipsnya, berikut adalah tips menghadapi nyeri akibat menstruasi.

Sebelum mengetahui tipsnya, banyak sekali beredar di pasaran obat untuk mengatasi nyeri pada haid. Padahal sebelum anda membeli obat, anda dapat mengobatinya dengan beberapa cara berikut ini. Jadi, anda tidak usah repot-repot untuk segera membeli obat. Tunggulah beberapa saat dan nyeri saat menstruasi anda perlahan akan hilang. 

1.    Mengompres perut
Cara melakukan mengompres perlu adalah dengan menggunakan botol berisi air hangat. Setelah Botol air panas anda akan menghasilkan panas yang nantinya akan merelaksasi otot. Otot yang dimaksud adalah otot yang berkontraksi. Otot yang berkontraksi inilah yang menyebabkan anda merasakan salah satu gejala pra menstruasi yaitu nyeri saat haid.

pixabay

2.    Minum Teh
Di Indonesia banyak sekali produsen teh yang ada. Namun, dalam mengatasi masalah nyeri saat haid, anda perlu mengkonsumsi teh chamomile. The ini dipercaya mampu untuk mengatasii nyeri pada haid. Menurut penelitian dari Journal of Agriculture and Chemistry, kandungan tertentu pada teh chamomile telah terbukti mampu untuk meredakan rasa sakit saat menstruasi.

3.    Hindari beberapa makanan dan minuman
Saat anda sedang menstruasi ada baiknya anda menghindari beberapa makanan dan minuman ini. Terlebih apabila anda merasakan nyeri yang luar biasa. Salah satu contohnya adalah kopi, soda, teh, cokelat, dan lain-lain untuk mengurangi rasa nyeri pada saat menstruasi. 

4.    Minum jamu
Jamu yang mudah di buat saat haid ngga ribet loh. Cukup potong-potong jahe, kunyit, jeruk nipis, dan madu. Rebuh air 300 ml lalu masukkan potongan jahe dan kunyit, setelah mendidih beri perasan air jeruk nipis dan tambahkan masu semanisnya. Ramuan mudah dan sehat ini ngga hanya diminum saat haid ya. Justru lebih bagus diminum saat sedang tidak haid, kenapa? Karena ramuan ultimate ini dapat menyehatkan Rahim, membersihkan lambung setelah seharian dimasuki berbagai makanan dan tentunya mengurangi rasa nyeri saat haid. 

pixabay

5.    Lakukan kegiatan yang ngga menguras emosi
Saat haid umumnya wanita akan merasa sakit. So, jika rasa sakitmu terasa berat ambil waktu untuk beristirahat. Sambil merasakan nyeri yang nyut-nyut banget lakukan kegiatan yang ringan aja seperti baca buku, nonton tv, santai, dan main hp. Jangan kerja berat yang bisa bikin sakitmu tambah parah.
 
Tapi yang terpenting dari semua tips menghadapi nyeri akibat menstruasi itu adalah selalulah menjaga kesehatan terutama kesehatan Rahim. Karena menurut salah seorang dokter, pintu gerbang dari semua masalah sakit kewanitaan itu berawal dari nyeri haid. Jadi kalo pas lagi haid kamu ngerasa nyeri banget kayaknya perlu konsultasi ke dokter sebelum terjadi penyakit lain yang lebih serius.