8 Fakta Unik Hewan Peliharaan dan Hewan Buas

Attayaya.net - Fakta unik kali ini kita akan membahas dunia hewan ya. Yang punya temen hewan atau yang pingin pelihara hewan boleh donk mampir di mari. Secara sebelum kalian memelihara hewan atau ingin mempelajari ilmu fauna kayaknya kudu tau fakta mengenai mereka.  Nah, tema fakta unik kali ini akan memberi kalian bocoran mengenai 8 fakta unik hewan peliharaan dan hewan Buas.

pixabay


1. Bunglon adalah satu-satunya binatang yang dapat menggerakkan dan memokuskan mata mereka secara terpisah. Ternyata kelebihan bunglon tidak hanya pada kemampuannya berkamuflase tetapi juga fokus matanya yang sempurna untuk kedua objek yang berbeda. 

Mata bunglon dapat berputar ke arah yang berbeda  dan memberi kemampulan untuk melihat dalam dua arah yang berbeda. Jadi jika ada mangsa di kiri dan kanan bunglon akan mengetahuinya secara bersamaan. Lalu whuuutt dia akan menyamakan dirinya dengan benda didekatnya dan melihat mangsa mana yang lebih dulu bisa di embat.
pixabay

2. Kura-kura atau turtles sama artinya dengan "slow" atau “lazy” Mereka telah lama diejek dalam sastra dan cerita rakyat untuk kelambatan mereka. Tetapi apakah kalian tahu bahwa reptile tercepat di dunia sebenarnya kura-kura. Hayooo kaget kan...

Ya kura-kura mungkin lambat di darat. Tetapi di air mereka gesit dan cepat. Penyu belimbing pasifik sendiri dapat berenang dengan kecepatan sampai dengan 35 km/jam sehingga membuatnya sebagai reptile yang bergerak tercepat di dunia.  Sedangkan di darat reptile tercepat adalah Iguana ekor berduri dari Kosta Rika kecepatannya adalah 33 km/jam.

3. 8 fakta unik hewan peliharaan dan hewan buas selanjutnya adalah Ular. Ular derik tetap dapat menggigit setelah mereka mati. It's true gaes. secara ular derik ini memiliki keistimewaan tersendiri. Meskipun sudah di tembak atau dipenggal, nyatanya ular derik masik bisa menggigit. Hal karena adanya reflex yang di picu oleh intramerah yang terdapat pada ular derik masih aktif kira-kira selama satu jam setelah mereka di tembak.

Kabar ini bukan isapan jempol belaka ya gaes. Penelitian yang dilakukan di Califonia, San Francisco teleh membuktikannya sendiri. Dengan melakukan penelitian terhadap ular derik yang telah mati namun masih bisa bereaksi saat ada bahaya yang mengancam disekitarnya. Itu sebabnya ular derik dikenal sangat mematikan.
pixabay

4. Gurita pasifik raksasa dapat memasukkan seluruh tubuhnya ke dalam rongga yang tidak lebih besar daripada ukuran moncongnya. Terdengar mustahil ya, tapi ini beneran loh. Kenapa? karena  Cumi-cumi raksasa ini adalah mahluk terbesar tanpa tulang belakang. Meskipun mereka memiliki bobot  mencapai 2,5 ton dan panjangnya 18 m dengan diameter matanya mencapai 30 cm namun karena tidak memiliki tulang belang gurita bisa melenturkan tubuhnya hingga dapat masuk kelubang yang sempit.

Karena kelebihannya ini gurita menjadikan lubang kecil sebagai tempat persembunyiannya. Dan ketika ada hewan yang mendekatinya gurita akan langsung menyerang dengan tentakel atau semprotan tinta hitam yang terkenal sebagai pertahanan diri terkuat dari gurita.
pixabay

5. Katak kayu Amerika Utara yang dapat bertahan dimusim dingin dengan cara mati suri. Uwow banget ngga sih si katak ini. Karena tinggal di daerah yang memiliki empat musim maka jika musim dingin tiba dan suhu menurun katak akan masuk ke air dingin. Hal ini menyebabkan jantung katak berhenti berdetak dan paru-parunya pun ikut berhenti bernafas. 

Tidak hanya itu ginjal si katak kayu juga itu berhenti bekerja. Kejadian ini tidak hanya terjadi sehari dua hari loh, tapi bisa berbulan-bulan selama musim dingin hingga musim semi. Setelah es mencair dan matahari kembali bersinar barulah organ tubuh katak akan bekerja kembali. Proses ini membutuhkan waktu lebih kurang 10 jam hingga semua organ tubuhnya kembali normal.

6. Mana yang lebih sering menyebabkan kematian, Ular atau tawon? Kebanyakan orang akan menyangkan bahwa ular adalah makhluk yang paling ditakuti sebab dapat menyebabkan kematian. 

Namun tahukah kamu, faktanya di Amerika Serikat tawon adalah hewan yang merajai dan menjadi penyebab kematian lebih tinggi dibanding ular. Menurut rilis dari rumah sakit tawon menjadi penyebab kematian penduduknya yaitu empat kali lebih banyak dibanding ular. Hayooo siapa yang lebih ditakuti nih? Ular apa tawon?

pixabay

7. Seekor penguin liar dapat hidup 15 – 20 tahun dan selama hidup 75 persen penguin menghabiskan hidupnya di laut. 

Pernah nonton film the Pinguin of Madagaskar? yang mengisahkan bagaimana seekor pinguin berenang puluhan kilo demi mendapat ikan sebab habitat mereka telah terganggu oleh tangan manusia. Film ini membuktikan bahwa habitat hidup pinguin sejatinya ada di laut lepas yang dingin. Mereka sanggup berenang ber mil-mil jauhnya demi kelangsungan hidup. Secara tidak langsung film ini  mengajarkan kepada kita bahwa sebagai manusia hendaknya jangan memikirkan diri sendiri. Apalagi kita yang diberi kelebihan akan pikiran dan perasaan lengkap. Beda dengan hewan yang mengandalkan instingnya.

pixabay

8. Di wilayah Afrika Barat dan India banyak terjadi kematian akibat ular Carpet Viver. Jadi jangan memutuskan secara keseluruhan bahwa ular kobra adalah yang paling mematikan. Karena faktanya Carpet Viver lebih dominan. Lagi satu fakta unik tentang ular nih kawan, jika kalian menganggap Black Mamba adalah hewan yang paling berbisa itu salah. Fakta sebenarnya Kobra Asia lah yang paling banyak membunuh dibanding Black Mamba.

Demikian 8 fakta uni hewan peliharaan dan hewan Buas yang harus kamu tahu. Kalo ngga mau tahu wah gawat tuh. Karena bisa jadi entah di suatu hari nanti kalian akan berada di negara atau daerah-daerah yang dikuasai oleh hewan-hewan tersebut.