4 Obat Alami Untuk Gejala PMS

Attayaya.net - Setiap bulan miliaran perempuan akan mendapatkan masa haid mereka dan bagi orang disekelilingnya kadang hal itu sangat menankutkan. Faktanya 75% - 90% wanita mengalami gejala pramenstruasi. Jadi ngga salah juga kalau orang menganggap siklus pra PMS membuat mereka puyeng terhadap tingkah pasangannya, sebab PMS bisa membuat mood perempuan menjadi turun naik.

Kenapa hampir semua perempuan mengalami PMS? Yuk kita bahas secara spesifik mengenai apa yang terjadi pada tubuh selama siklus ini terjadi. Sekaligus akan ada  4 tips ampuh untuk menghilangkan PMS.

Dari perspektif teknis, ada fluktuasi kadar hormon, dengan estrogen meningkat dan progesteron menurun. Fluktuasi ini secara alami dirancang untuk terjadi. Tetapi bertentangan dengan pendapat umum, itu bukan akar penyebab PMS. Akar penyebab PMS terletak pada bagaimana tubuh bereaksi terhadap perubahan hormon alami.

thank to CNN Indonesia

Bagaimana Gaya Hidup Mempengaruhi PMS

Di dalam tubuh ada hormon estrogen yang meningkat selama siklus bulanan berlangsung. Karena estrogen sudah tinggi, ditambah gaya hidup, membuat kita terkena estrogen tambahan sehingga menjadi dominan estrogen.

Saat ini sangat mudah untuk berada dalam keadaan dominan estrogen, berkat hal-hal seperti:

  1. Pestisida dalam makanan (pestisida berbasis estrogen)
  2. Minyak olahan, gula olahan, dan makanan olahan secara umum (beberapa mengandung bahan kimia dan / atau bahan kimia berbasis estrogen, serta bahan kimia yang secara langsung mengganggu sistem hormon kita)
  3. Botol plastik (mengandung senyawa seperti BPA, yang berbasis estrogen)
  4. Air tanpa filter (polusi air biasa mengganggu proses pengaturan hormon kami)
  5. Kosmetik (mengandung bahan kimia yang mengganggu sistem produksi hormon kita)

Ingat! Dominasi estrogen bukan becanda, ia dapat berlangsung selama bertahun-tahun dan tidak terdiagnosis.

4 obat alami untuk gejala PMS

Untuk mengatasinya kamu perlu benar-benar open mind dan berani untuk berfikir bahwa PMS bukanlah hal yang menakutkan. Sebab jika masih berfikir begitu maka kalian akan terus terjebak dalam stigma PMS. So, buat pilihan dan yuk saling bantu antara sesama perempuan agar gejala PMS hilang selamanya.

1. Masa mentruasi adalah masa tubuh mengalami Detox

Tahukah Kamu bahwa menstruasi sebenarnya adalah detoksifikasi bulanan? Pikirkan tentang hal ini: detoksifikasi hanyalah tentang menghilangkan hal-hal yang tidak dibutuhkan tubuh atau tidak ada gunanya. Dan detoksifikasi adalah sesuatu yang sudah Kamu lakukan setiap hari saat buang air besar atau saat Anda buang air kecil.

Apa yang biasanya Kamu lakukan ketika sembelit atau mengalami diare? Tentu kamu akan cari obatnya kan atau melakukan perbaikan pola makan agar tidak lagi mengalami sembelit dan diare.

Jadi, ketika menyangkut PMS, kita tidak perlu menerima gagasan bahwa hanya hormon kita saja yang sulit. Sebaliknya, kita perlu melakukan perubahan pola makan dan gaya hidup yang mendukung jalur detoksifikasi tubuh. Dengan cara

  • Makan makanan yang utuh dan tidak diproses
  • Hindari alkohol, kafein, gula olahan dan pemanis buatan
  • Makan lebih banyak makanan organik, non-transgenik
  • Hindari olahraga berat (terutama pas lagi banyak-banyaknya) 
  • Ikut serta dalam kegiatan relaksasi seperti yoga, tai chi atau berjalan
pixabay

2. Makan Lemak Sehat dan Tidak Diolah

Dengan semua rasa kembung, kram atau perubahan suasana hati yang datang saat PMS ditambah pilihan makanan yang salah sering membuat segalanya menjadi lebih buruk. Namun, makanan berlemak secara alami sangat mengenyangkan dan disukai otak juga usus.

Ini penting karena otak lebih dari 60% lemak dan perubahan suasana hati / lekas marah sering kali disebabkan oleh tidak makan cukup lemak atau tidak makan jenis lemak yang tepat. Usus adalah tempat banyak hormon dibuat tetapi kondisi seperti sindrom usus bocor, dapat menyebabkan kekurangan hormon. Lemak sehat sangat baik untuk menyembuhkan usus dan memulihkan keseimbangan hormon.

Beberapa contoh lemak sehat untuk dimakan misalnya: 
  • Kacang mentah
  • Chia seed
  • Mentega organik yang bebas antibiotik
  • Kelapa dan minyak kelapa
  • Minyak zaitun
  • Alpukat

3. Minumlah Air dan Teh Herbal

Selama siklus bulanan Anda, tubuh Anda secara harfiah membuang sampah. Untuk membuat tugas lebih mudah, pastikan untuk tetap terhidrasi dengan minum air yang cukup. Juga, minum teh herbal seperti teh jahe dan teh daun raspberry merah.

Jahe adalah antiinflamasi yang sangat baik dan dalam bentuk teh, ini adalah agen detoks yang efektif yang dapat Anda minum sepanjang hari. Adapun teh daun raspberry merah, penuh dengan vitamin dan mineral, sangat bagus untuk menghilangkan kelebihan estrogen dan memiliki afinitas untuk organ reproduksi.


4. Makan Buah dan Sayuran

Makan lebih banyak buah-buahan dan sayuran selama siklus haid akan menenangkan gejala PMS. Pilih buah dan sayuran yang kaya air sperti semangka, seledri mentimun, dll. Enzim air yang tinggi membantu membersihkan tubuh, sementara serat (terutama dari sayuran) menyembuhkan usus, memuaskan rasa lapar dan membuat kita tetap teratur.

Ketika gejala PMS datang bekerjasamalah dengan tubuhmu, bukan melawannya. Ketika Kamu memahami apa yang tubuhmu lakukan, dan mengapa, Kamu dapat membuat pilihan sehat yang akan jauh lebih baik ketimbang hanya marah-marah.